Resensi

[review] Seishun Kouryakuhon

Title: Seishun Kouryakuhon
Mangaka: Akizuki Sorata
Genre(s): School Life, Slice of Life
Link: mangafox
Rating: 4.5 of 5

First of all, thank you so much Akizuki Sorata-sensei for this beautiful and awesome and great manga! I truly thank you and love you, Sensei. :X

Then, thanks for Shinnen, Aerandria, Uryuu, CloverD, .Ryner., XxReiXx, twee026, and kamikei. Love you guys for contributing—scan, translate, upload, buy, and do everything—this work piece  And of course thanks for Mangafox for being so generous.

Ah, udah cukup ucapan terima kasihnya. Yang jelas manga ini keren banget! Setelah baca manga ini baru bener-bener sadar bahwa saya sangat menikmati kisah slice of life gini. Kisah tentang persahabatan, masa muda, petualangaan, pengkhianatan, terluka … yang sanggup membuat saya squealing  ga jelas dan balik jadi fangirl lol.

Isezaki, main role  dalam kisah ini adalah seorang anak SMA (private all boys school). Tipe karakter yang sesukanya, begitu menghargai teman, sangunis asli, penuh semangat, dan yah khas main role shoujo manga. Karakter yang kuat—secara pribadi maupun secara jalannya cerita. Ibarat kata dia adalah pemersatu semua karakter lainnya buat saling berhubungan.

Tokoh selanjutnya, Kurata. Secara umum, dia adalah sosok ouji dalam shoujo manga. Tipe yang cerdas, pintar olahraga (atau mahir dalam salah satu club), tampan, cakep, dan pasti populer. Kurata juga tipe yang patuh pada aturan dan terbilang tidak benar-benar menganggap hubungan dengan orang lain itu sebagai salah satu bentuk anugrah, namun hanya sebatas ‘kewajiba’ sebagai mahluk sosial.

Lalu ada Uemura. Dalam shoujo pasti ada tokoh yang paling terlihat jago olahraga, blak-blakan, dan sedikit bego. Nah, Uemura itu karakter yang seperti ini. Mencintai dengan tulus dan luruh. Penuh dedikasi. Tipe-tipe yang sedikit penggemarnya karena fakta bahwa dia berisik, mungkin? Atau juga karena lawannya seperti Isezaki, Kurata, dan Nogami? XD

Terakhir, Nogami. Cantik, tipe yang rada pendiam namun begitu berbicara lebih sering menusuk, terlihat tidak terikat, dan memiliki split personality. Hm, Nogami itu karakter yang juga pasti disukai jika muncul sebagai main role dalam shojou manga. Tipe-tipe cowok bishounen yang paling sering disalahartikan sebagai cewek.

Keempat tokoh di atas adalah tokoh dalam Seishun Kouryakuhon. Sedang kisah Seishun Kouryakuhon sendiri berpusat pada kehidupan sehari-hari yang dijalani oleh murid-murid SMA. Bermula dari awal kelas 2 SMA hingga penghujung akhir kehidupan SMA mereka.

Cerita yang paling banyak disampaikan di sini ini lebih kepada masa SMA itu masa-masa yang menyenangkan dan unforgettable. Akizuki-sensei benar-benar menceritakan kegamangan, kegalauan, perasaan, perang batin, kebahagiaan, kesepian, dan segala emosi karakternya dengan sangat baik. Plot-nya memang sedikit lambat, namun itulah yang membuat karya ini begitu indah. Mempesona.

Setiap chapter diceritakan dari sudut yang berbeda. Isezaki-sentris, Kurata-sentris, Uemura-sentris, Nogami-sentris, itu adalah konsep untuk chapter 1 sampai 4. Chapter 5 sedikit berbeda, meski mayoritas didominasi oleh Kurata dan Nogami. Chapter 6 kembali lagi jadi milik Isezaki. Dan chapter 7, chapter terakhir itu masih tetap milik Isezaki sang tokoh utama, namun peran yang laiinya juga sangat terasa.

Alur, ide cerita, pemilihan frame, para tokoh, setting, dan segalanya dalam Seishun Kouryakuhon beneran membuat saya tersentuh. Ini benar-benar karya yang keren dan luar biasa. I love the way you write your story, Akizaki-sensei. :X

Untuk ukuran ceritanya sendiri sebenarnya termasuk standar. Ini bukan hal baru dan kejadian sehari-hari yang berada di dekat pembaca. Namun justru karena hal biasa yang dikemas dengan cara yang tidak biasa inilah yang membuat saya jatuh hati dengan karya ini. Ah sepertinya penilaian saya sudah tidak objektif lagi nih lol

Bagi pecinta shojou manga yang touching, lovely, penuh dengan karakter cowok keren, menikmati indahnya persahabatan, tidak melulu tentang kisah percintaan, manis-nis-nis, saya sangat merekomendasikan karya ini!

Well, happy reading!

Advertisements

6 thoughts on “[review] Seishun Kouryakuhon

  1. Ru juga cintaaaaaaaa banget sama komik ini ampe bela-belain beli yang Jepangnya (awalnya vol 2 gara-gara waktu itu nunggu di mangafox ga lanjut-lanjut). Dan baca berapa kalipun nggak bosen-bosen. Ini manga pertama yang ngenalin Ru sama Akizuki Sorata-sensei & bikin Ru fix jadi penggemarnya sejak saat itu (dan terbukti, Ru cinta hampir semua karyanya).

    Ini bisa dibilang manga terfavorit Ru. Karena Ru cinta banget cerita tentang persahabatan yang manis gini.

    Btw, di belakang manganya, Sorata-sensei nulisnya “Seishun Kouryakubon”, bukan “hon”.
    Dan…itu Uemura bukan Uemaru XD

    1. Akizuki Sorata-sensei emang keren bangeeeeet >/////<
      aku juga suka nyaris semua karya beliau, habisnya manis-nis-nis (dengan style-nya sendiri). dan karya beliau itu punya keunikan tersediri. pokoknya keren deh!
      aku justru kenalnya dari Akagami no Shirayukihime lho 😀
      Ru pasti baca juga kan? hehehe -w-d

      eh? jadi yang bener 'Kouryakubon' nih? o_o
      tapi kok di mangafox dan di situs lain 'hon'? *bingung* *ga pernah belajar bahasa jepang bener-bener*
      AAAAAHHH, iya, orz orz;; *buru-buru ganti* nama Uemura susah sih orz;; *alasan* #plak

      1. Iya, cerita-ceritanya manis, fluff. Paling suka cerita fluff gitu.
        Pastinya dooong~~ Kan ava Ru di twitter juga /////

        Hahaha.. di Jepang emang kalo 2 kanji nyatu, yg belakang suka berubah bunyi. Kayak Ai + Kasa = Aigasa. Blom pernah denger kouryakubon juga, tapi karena Sorata-sensei nulisnya begitu…

        1. kalo ava Ru itu dari mana ya? o_o
          *ga hapal semua karya Sorata-sensei*

          oooh, gitu ya
          hmhm, jadi kalo yang diedarkan secara luas kouryakuhon, sedangkan Sorata-sensei sendiri nulisnya ‘bon’. yaudah deh pakai yang diedarkan luas aja 😀

          1. OAO!! Masa ga tau?? Itu kan Obi-nya Akagami no Shirayukihime ><

            He-eh. Yang mana aja deh. Ru bikin desktop wallpaper mereka loh di deviantart XD Tapi cuma 2 sih. Ahaha..

            1. oh iya dia si Obi o_o *baru sadar*
              saya baca Akagami no Shirayuki yang terbitan elex dan udah lumayan lama sih, jadi lupa heheh

              oh iyakah? aku minta link dong >_<

tinggalkan catatan....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s