[review] TWIRIES, The Freaky Twins Diaries

20140701_103509Judul: TWIRIES, The Freaky Twins Diaries
Penulis: Eva Sri Rahayu & Evi Sri Rezeki
Penerbit: de TEENs
Sinopsis: “Apa sih bedanya kalian?” tanya orang kesatu.
“Nah, kalau mata Evi itu belo-belo sipit. Kalau saya sipit-sipit belo,” jawab Eva dengan bersemangat.

“Apa sih bedanya kalian?” tanya orang keseratus tujuh.
“Evi belo, saya sipit,” jawab Evi dengan tangan mengetuk-ngetuk tak sabar.

“Apa sih bedanya kalian?” tanya orang ketiga ribu tiga puluh dua.
“Belo, sipit,” kata kami dengan muka datar dan memberi jawaban yang tidak menjelaskan sama sekali. 

“Apa sih bedanya kalian?” tanya orang kesatu juta delapan ratus ribu empat puluh sembilan.
Menyipitkan mata. “….”

Hal-hal yang membuatmu penasaran sama si kembar, seperti, “Mereka pernah bertukar sekolah?”
“Pernah bertukar pacar?”
“Atau punya telepati?”

Temukan jawabannya di buku ini.


Ini kali pertama lagi—setelah sekiaaaan lama—saya baca personal literature (pelit). Dulu saya sempat membaca beberapa buku Raditya Dika, tapi entahlah saya merasa makin lama makin tidak lucu (dan sedikit tidak sesuai selera saya) maka saya tidak lagi membacanya. Lalu, sekarang saya dihadapkan pada TWIRIES ini. Mari kita komentari satu demi satu.

Cover. Cukup menarik dengan gambar ilustrasi yang juga cukup mirip dengan para penulis. Sayang, warnanya terlalu banyak hijau menurut saya. Warnanya yang terlalu hijau ini membuat TWIRIES mencolok dibandingkan buku-buku lain, tapi kalo keseringan lihat jadi ingat sama daun-daun di atas pohon. Karena warnanya yang sangat hijau ini pun, endorsement dibagian bawah si kembar jadi tidak terlihat juga.

Isi. Well, saya suka. Habis TWIRIES ini menghadirkan sesuatu yag berbeda dari buku-buku pelit lain yang pernah saya baca. Ada komiknya! Nih, saya kasih sedikit spoiler-nya deh. 😀

20140701_103626

Nah, kalo soal konten. Si kembar penulis ini menceritakan cukup banyak hal tentang kehidupan mereka. Kalo sesuai pengakuan mereka, sih, buku ini dibuat untuk menjawab pertanyaan yang paliiiing sering mereka dapat.

“Apa bedanya kalian? Sifatnya sama nggak? Selera berpenampilannya gimana? Tipe cowoknya pasti sama?” (hlm. 19)

Nah, di buku inilah, Eva dan Evi, berusaha menjawab segala macam pertanyaan ini—bahkan pertanyaan yang mereka istilahi silly question. Kalo dipikir, idenya keren juga, ya. Saya juga pengen deh punya buku yang menceritakan diri saya supaya pas ajang perkenalan saya juga bisa menjawab segala pertanyaan seperti si kembar, “Baca aja di buku kami, eh, saya.”

Di buku ini juga, si kembar menceritakan pengalaman mereka bertukar! Mulai dari hal yang sederhana seperti bertukar baju, bertukar sandal jepit, hingga bertukar sekolah! Haha, ternyata, mengalami aslinya itu memang tidak seperti apa yang ada dalam cerita fiksi, ya. 🙂

Penulis kembar ini juga bercerita tentang keuntungan menjadi anak kembar, maupun kerugiannya. Entah kenapa, saat sampai di halaman 128, saya jadi ngiri. Ih, hiks. T^T

20140701_105734

Nah, di buku ini juga ada cerita tentang kehidupan percintaan mereka. Mulai dari cerita bahwa mereka pernah suka cowok yang sama hingga pengalaman pacar pertama mereka yang berakhir dengan sangaat cepat. Haha, konyol juga sih tingkah mereka. Masa sama-sama jadian, lalu sama-sama putus?

Bahasanya yang asyik dan lugas, membuat TWIRIES menyenangkan untuk dibaca. Apalagi ada komik-komiknya yang membuat buku ini seolah semakin hidup. Penataan letaknya juga keren, selalu berbeda dan memberikan kesan berbeda. Jadi, TWIRIES semakin menyenangkan saja untuk dibaca.

Yah, buat yang ingin tahu bagaimana dunia anak kembar, bagaimana rasanya menjadi anak kembar, pengalaman yang hanya dialami oleh anak kembar, dan segala hal tentang anak kembar (tapi bukan panduan mengatasi anak kembar, ya), bisa mendapatkan pencerahan lewat TWIRIES. Selamat membaca! 😀

3 thoughts on “[review] TWIRIES, The Freaky Twins Diaries

tinggalkan catatan....

