Enter Magical Realm: Romance Fantasy + GIVEAWAY

10906087_945919142107322_2920735341993835304_n

Romance yang diterjemahkan menjadi roman adalah unsur yang nyaris selalu ada dalam sebuah novel. Entah itu novel misteri, petualangan, sastra, bahkan fantasi. Tanpa perlu kita menelisik kamus, roman dalam novel selalu identik dengan kisah percintaan. Kadang kala, justru unsur romanlah yang membuat sebuah novel menjadi lebih “memikat” bagi sebagian pembaca, apalagi kaum hawa.

Image converted using ifftoany

Di dunia novel fantasi, unsur roman juga menjadi salah daya tarik tersendiri. Hingga lahirlah genre romance fantasy (atau justru fantasy romance, hm?).

Romantic fantasy is a subgenre of fantasy fiction, describing a fantasy story using many of the elements and conventions of the romance genre. (goodreads)

Goodreads mengenal fantasy romance, tapi pengertian yang diberikan justru mengacu pada romance (romantic) fantasy. Setelah saya melakukan penelusuran lebih jauh, ternyata pengertian itu persis dengan yang tercantum di Wikipedia. Yah, saya tidak tahu siapa yang meniru siapa toh itu tidak penting juga, yang penting justru kalimat-kalimat setelahnya.

Menurut kedua sumber (Goodreads dan Wikipedia), disebut romance fantasy jika unsur romannya lebih penting dan disebut fantasy romance ketika unsur fantasinya yang lebih penting. Akan tetapi, batas antarmereka tidak kaku, sehingga tidak jarang diklasifikasikan dalam lini yang sama oleh beberapa penerbit.

Jadi, jangan heran jika menemukan pembahasan mengenai romance fantasy di blog anggota SFF dan lalu menemukannya juga di blog anggota genre romance. Genre ini merupakan irisan roman dan fantasi sih. 😀

Di Indonesia sendiri, romance fantasy justru sangat dikaitkan dengan paranormal fantasy. Beberapa kali saya meminta rekomendasi novel romfan (mari kita singkat supaya lebih mudah) di grup-grup pembaca novel, saya justru diberikan judul novel pararom seperti novel vampir cakep yang tekenal itu. Banyak pembaca yang mengkategorikan vampir, manusia serigala, peri, iblis, dan hal-hal supranatural lain sebagai “fantasi” sehingga menyamakan novel pararom dan romfan. Well, saya tidak bisa menyalahkan pendapat mereka. Habis biar bagaimana pun keberadaan yang ajaib di novel roman itu memang “fantasi”.

Pun saya baru belakangan tahu bahwa romfan itu lebih condong pada dunianya ikut “fantasi” bukan hanya tokoh atau sebagian dunia di dalam novel tersebut (terima kasih kepada grup SFF dan goodreads). Oke, jadi latar dunia romfan itu sekelas Eragon atau Lord of the Ring, tapi ceritanya lebih fokus pada kisah romantis. Noted.

Ketika saya mengetik genre romance fantasy di goodreads, saya justru mendapatkan judul-judul yang sangat asing (dan mayoritas dengan kover-kover hot ala Harlequin yang mengundang). Di deretan novel populer, ada Lord of the Fading Lands karya C.L. Wilson menduduki urutan pertama. Setelahnya ada Twilight karya Stephanie Meyer (nah, bahkan di goodreads pun banyak yang meletakan seri ini dalam rak romfan). Di urutan ketiga ada Lady of Light and Shadow, yang merupakan kelanjutan dari Lord of the Fading Lands di seri Tairen Soul.

Setelah saya lihat lebih teliti, nama C.L. Wilson banyak menghiasi kover-kover novel romfan populer di goodreads. C.L. Wilson ini ternyata spesialis romfan, bahkan memenangkan PEARL Award untuk kategori romfan tahun 2009. Akan tetapi, sepertinya karyanya belum ada yang diterjemahkan ke Indonesia.

Asumsi saya karena sasaran mayoritas novel Mbak Wilson ini dewasa (terbukti dari beberapa kovernya dan shelf pembacanya). Dan novel romfan yang membawa dunianya sendiri itu tidak mudah menjadi populer (coba sebut novel high-fan yang terkenal selain LotR?), tidak seperti novel pararom yang lebih dekat dengan kehidupan pembaca (novel seperti Harry Potter, Twilight, Percy Jackson, Hunger Games, lebih terdengar gaungnya di negeri ini, kan?). Saya cukup banyak melihat novel pararom dewasa padahal, seperti Dark Lover.

Bahkan dari sederet novel romfan populer versi goodreads itu (15 judul yang muncul paling awal) hanya seri si vampir ganteng saja yang sudah diterjemahkan. Ah, tidak, novel berjudul Graceling karya Kristin Cashore ternyata sudah diterjemahkan oleh GPU. Akan tetapi, Graceling tidak terdengar membahana seperti Twilight. Adakah yang pernah mendengar Graceling?

13262186
Kover terbitan GPU

Analisis saya yang pertama karena … kover versi terjemahan jelek. Tidak percaya? Coba lihat sendiri dan berikan penilaian jujurmu. Novel Graceling ini memang novel young adult sehingga penggambaran Kasta (gadis yang menjadi tokoh utama) di kover sangat sesuai (ilustrasinya cakep sebenarnya). Akan tetapi,novel-novel dengan kover setipe ini tidak cukup diminati pembaca—termasuk saya. Tahu seri Artemis Fowl yang kover novel keempatnya menghancurkan kekhasan novel 1-3? Tahu seri Demonata yang kovernya jelek banget sehingga langsung disebut novel hantu (padahal seri ini lebih dari itu)?

3236307
Kover aslinya

Oh, ayolah, kover versi aslinya jauh lebih-lebih-lebih elegan dan keren. Btw, saya tak mengerti kenapa ilustrasi seri Graceling Realm ini berubah di kover versi terjemahan buku ke-2. Sedangkan buku ke-3 sepertinya belum (atau tidak akan?) diterjemahkan. Mari menunggu daftar baru GPU saja. 🙂

18515996
Buku ke-2 Graceling

Berhubung bacaan fantasi saya terhenti sejak muak sama fenomena distopia dan pada dasarnya saya lebih banyak mengonsumsi urban fantasy ketimbang subgenre fantasi yang lain, untuk menyebutkan judul novel-novel romfan yang telah diterjemahkan lainnya, saya harus tanya sana-sini.

Seraphina – Rachel Hartman

17927861

Saya punya novel ini (tapi belum selesai juga dibaca) dan pas menyusun tulisan ini baru tahu bahwa masuk romfan. Awalnya saya pikir ini yah novel fantasi petualangan biasa, apalagi ada naganya, eh tapi ternyata unsur roman dalam novel ini kental. Rating  di GR sih bagus, tapi mungkin gaya bahasanya itu cukup susah diikuti jadi butuh konsentrasi lebih untuk bisa masuk dalam dunia Seraphina ini (berdasarkan pengalaman pribadi). Seraphina sendiri sudah ada buku selanjutnya, Shadow Scale yang baru terbit 10 Maret 2015 lalu.

Stolen Songbird – Danielle L. Jensen

23505580

Stolen Songbird baru diterbikan Fantasious November 2014 lalu. Novel ini mendapat rating cukup tinggi di goodreads, 4.05. Secara garis besar, sepertinya, berisi troll tampan (nah, sepertinya novel ini akan mengubah mindset troll yang awalnya bau, dungu, jelek, jorok, dll itu menjadi sosok yang rupawan) dan petualangan Cécile di Negeri Troll. Well, saya sendiri belum membaca atau melihat karya terjemahannya sehingga belum bisa memberi banyak komentar.

Uhuk, iya, maaf, ya, hanya dua judul lain. Saya tanya sana-sini yang benar-benar romfan ya dua judul itu. Ada yang memberikan judul Daughter of Smoke and Bone, eh pas saya cek ternyata itu terjadi di Praha. Ada juga yang memberikan judul The Iron King, eh tapi saya galau memasukkannya ke romfan karena berbasis sejarah. Akhirnya, saya hanya menyantumkan dua judul lain, deh. Hehe.

Nah, mari move on, seperti anggota SFF yang lain, saya pun akan mengadakan giveaway berbarengan dengan posbar tanggal 1 April tentang subgenre SFF ini. GA ini berhadiah Stolen Songbird atau Seraphina untuk satu pemenang yang diundi secara acak (hanya untuk yang memenuhi semua syarat dan ketentuan). Nanti pemenang boleh pilih salah satu dari dua judul di atas. ^^

Lalu, jika saya menemukan jawaban favorit, mungkin saya akan menghadiahkan Delirium dan Pandemonium koleksi pribadi saya kepada seseorang yang beruntung itu. Yah, tapi hadiah ini dikeluarkan jika ada jawaban yang saya sukai saja. Jadi, berikan jawaban sekreatif mungkin, ya.

Giveaway ini berlangsung sampai tanggal 13 April 2015. Pengumuman akan diberikan pada 15 April 2015 di blog ini.

Jangan lupa cek blog SFF yang lain karena ada giveaway berbeda (dengan hadiah yang kemungkinan bersar berbeda juga) di setiap blog. Selain itu juga, bakal ada hadiah spesial yang merupakan hadiah final dari SFF untuk pembaca setia semua blog SFF ini. 🙂

Dark Fantasy – Ough My Books!
Myth – Mari Ngomongin Buku
Supernatural – Kayla on Books
Time Travel – Bukubuku
Magic Realism – Let’s Read Between the Pages
Urban Fantasy – Baca Biar Beken
Science Fiction – Threez’s Stacks
Post Apocalyptic – Ira Book Lover
Dystopia – Let Me Tell You a Story
Dieselpunk – Legitur
Lego, Ergo Cogito, Ergo Sum
Steampunk – Ren’s Little Corner
Fairy Tale – Notes of The Dreamer
Superhero Fantasy – Blog Buku Haremi
Romance Fantasy – Melukis Bianglala — Kamu di sini 🙂
Kandang Baca

Selamat berfantasi! Semoga kamu beruntung! 😀

30 thoughts on “Enter Magical Realm: Romance Fantasy + GIVEAWAY

    • Diterjemahin atau enggak, aku tetep belum baca yang pertama Mbak T.T
      …. dan dengan pedenya mau ngasih hadiah buat yang lain ckck

    • Anyway, soal Graceling, imo di barat juga gaungnya nggak sebegitu gede. Graceling itu semacam film animasi Brave, tokoh ceweknya badass, kaum minoritas dan nonkonvensional (menentang pernikahan, menjunjung open relationship dan kalau nggak salah lesbian), jadinya walau buku ini masuk ke daftar YA novels every teenage must read dari banyak situs buku, ceritanya sendiri nggak terlalu booming karena romance-nya…. nggak terlalu romance, setidaknya nggak mengharu-biru macam Twilight. :|a

      • Oh gitu ya, Kak, aku baru tahu malah XD –> nyari infonya setengah-setengah wkwk

        Hihi makasih kak semoga beruntung yaaa

  1. Daughter of Smoke and Bone knp ga bs masuk dalam romfan hanya karena setting tempatnya di Praha? Masuknya urban fantasy gt? Pdhl DoSB itu kental romance nya..

    • Kalo habis pembahasan di grup SFF, DBoS itu malah masuk ke Dark Fantasy lho 😀
      Tapi yah emang ga terelakan kalo romannya kental, kayak trilogi Divergent juga menurut saya lebih roman cuma Dystopia yang jadi genre utamanya

      Yah novel fantasi itu subgenre-nya tumpang tindih sih

  2. Wah, aku suka sih cerita fantasy dengan bumbu romance, tapi romancenya jangan kebanyakan juga.. 😀

  3. Romfan yang pernah kubaca cuman Twilight ajasih yang lainnya masih masuk timbunan. Btw, ijin ikut giveaway-nya ya kak! 🙂 Penasaran dengan Seraphina dan Stolen Songbird! Heard great things about it

  4. Memang pada dasarnya nggak begitu suka genre fantasi sih, jadi dari sekian judul yang disebutin di atas, cuma udah baca LOTR aja. Hehe. Banyak sebenarnya yang pengin dibaca, tapi seringnya pararom itu ceritanya gitu-gitu doang, jadi akhirnya DNF dan agak “ilfil”. Hmm.

  5. Judul judulnya…
    Sekian lama aku percaya kalau buku yang covernya di pajang itu sama sekali gak ada romancenya XD Belum pernah baca reviewnya sih. Cuma menilai covernya XD

tinggalkan catatan....

