[giveaway] October: fall for books

fall for books gagambar diambil di sini

[EDIT] Ternyata ada sedikit kesalahan yang saya lakukan pada google form giveaway ini. Sekarang sudah saya perbaiki. Tapi, bagi mereka yang telah entri sebelum pukul 14.30 Selasa, 12 Oktober wajib entri ulang. Karena saya baru saja menghapus semua entri yang disubmit sebelumnya. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Maaf telah merepotkan. 😦

Jika ada pertanyaan mention saya di twitter @bungaoktober_ ya.

Yay, selamat datang Oktober!

Dalam rangka bulan yang cerah ceria bagi saya ini, saya mau mengadakan giveawayGiveaway ini mengambil tema “fall” alias musim gugur, musimnya Oktober. Makanya saya namakan Fall for Books. Semoga di bulan ini kita semakin dan semakin jatuh dalam buku. 😉

Dalam rangka giveaway Oktober yang pertama kali diadakan ini, saya akan berbagi beberapa buku. Terinspirasi dari apa yang dilakukan Mbak Vina beberapa bulan lalu, saya pun mengerjakan giveaway yang serupa. Meski serupa, petualangan yang dilakukan dalam giveaway Melukis Bianglala tentu saja beda. 😀

Walaupun giveaway ini terbit satu hari lebih lambat dari rencana semua ini gegara ada satu dua hal yang harus saya lakukan dan ternyata bikinnya juga nggak semudah yang saya kira hiks. Tapi, yay! Akhirnya saya berhasil bikin! Makasih buat Mbak Vina yang udah mau ditanya-tanya hihi.

Nah, syarat ikut giveaway ini mudah, kok.

  1. Wajib follow blog ini. Bisa via email.
  2. Sebarkan info soal giveaway ini di twitter dengan hastag #FallForBooks dan mention @bungaoktober_
  3. Tinggalkan komentar di tulisan ini berupa nama, domisili, serta jawaban pertanyaan:

    Bagaimana pendapatmu soal Melukis Bianglala? Apa yang harus Wardah lakukan agar blog ini semakin baik?

  4. Isi google form di bawah ini. 🙂
  5. Tinggalkan komentar di postingan review Melukis Bianglala. Syarat ini tidak wajib, tapi saya sangat meghargai jika ada yang berkenan melakukannya. Siapa tahu saya akan memilih satu pemenang dari syarat ke-5 ini nanti.

Sebaiknya, semua syarat itu dilakukan sebelum mulai mengisi google form, karena, yah, kalau diisi belakangan, ntar bisa-bisa udah keburu pusing lho, hihi.

Untuk hadiahnya, ada ENAM buku yang akan saya bagikan. Keenam buku tersebut bisa didapatkan jika mulai mengisi google form. Buat yang sudah pernah ikut giveaway Mbak Vina pasti engga bingung. Buat yang belum tahu, ini mirip-mirip saya cerita Goosebumps yang “pilih sendiri akhirmu” gitu. Jadi, lewat pilihan yang kalian lakukan, kalian akan mendapati salah satu buku yang saya sediakan.

Berhubung saya ingin memberi kejutan buku yang saya berikan saya nggak kasih tahu judulnya, ya. Tapi, supaya pada nggak penasaran banget saya kasih petunjuk soal enam buku itu.

Buku pertama bercerita soal kopi
Satu yang lain berupa fabel terkenal dunia
Ada juga yang terlihat seperti buku fantasi anak-anak, meski sebenarnya tidak
Sedang yang satu lagi berlangsung di masa kini yang abadi
Lalu, sebuah buku berusaha mengungkapkan kenyataan yang tak mungkin dimungkiri
Dan buku terakhir merupakan salah satu karya tebaik Indonesia

Kira-kira sudah bisa menebak?

Buku yang saya berikan campuran karya lokal dan terjemahan. Genre-nya juga macam-macam. Ada yang fantasi, sastra, hingga novel roman. Yang jelas, semuanya punya cerita sendiri bagi saya. Makanya enam buku ini yang saya pilih sebagai hadiah giveaway ini. :”)

Giveaway ini berlangsung selama satu bulan. Jadi dari 11 Oktober sampai dengan 11 November. Pemenang akan diumumkan beberapa hari setelahnya di Melukis Bianglala dan saya hubungi via twitter. Satu orang hanya boleh melakukan satu entrijadi jika kamu belum yakin bahwa buku yang kamu dapatkan adalah yang paling kamu inginkan, silakan coba lagi.

Oya, pastikan kamu me-submit ketika sudah menemukan buku ya. Submit yang dilakukan tanpa mendapat buku maka tidak akan mendapat peluang menang lho. 😉

Sudah siap memulai petualangan?

58 thoughts on “[giveaway] October: fall for books

  1. Ikutaaan! 8D

    Nama: Ayu Puspita Sari
    Domisili: Bogor
    Jawaban: Hmm apa ya? Menurutku blog Wardah udah bagus banget, kok. Reviewnya asik-asik, tampilannya pun menyenangkan. Mungkin perbanyak variasi konten aja yah, ditambahin sesuatu rubrik buku gitu kayaknya seru. X))

  2. Di google form-nya nggak ada data nama kita ya Kak? Terus gimana bisa tahu nanti si A menang buku apa dst?

    • Halo Asyifa, namanya disubmit belakangan kalau udah dapat bukunya kok.
      Jadi isi aja dan dapatin buku yang kamu mau, kalau udah fix bukunya, ntar ada kolom submit nama. 😉

  3. Nama: Eni Lestari
    Domisili: Malang
    Jawaban: menurutku blognya udah bagus. tampilannya juga enak diliat, gak bikin mata jereng. pokoknya udah top lah, karena aku emang suka tampilan blog yang simpel kayak gini. ehm biar semakin baik sih gimana kalo rutin bikin giveaway? jadi biar banyak yang berkunjung gt khehehehehe #ngarep :p

  4. Nama: Nurina Widiani
    Domisili: Yogyakarta

    Suka sama tampilan dan isi blognya. Resensinya bagus, enak dibaca dan persuasif, bikin jadi pengen baca.
    Artikel yang di random juga keren, jempol deh. Semoga bisa dipertahankan.
    Terima kasih buat giveawaynya, ini juga cara untuk menjaring pengunjung. Simbiosis mutualisme :)))

  5. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Domisili : Jember

    Bagaimana pendapatmu soal Melukis Bianglala? Apa yang harus Wardah lakukan agar blog ini semakin baik?

    Aku baru kali buka blog Melukis Bianglala lho dan menurutku blog ini simple Kak kayak blogku. Heheheee Aku juga suka bunga kak dan pepohonan. Kakak pecinta lingkungan kah? Terus warna soft pink blog kakak bener-bener nunjukkin kalau kakak adalah perempuan feminin benar nggak kak? Hehehe Cuma nebak aja sih kak. Penataan picture / slideshow biasanya aku bilangnya, udah lumayan kak. Ukuran font pas menurutku dan enak dibaca Kak. Jadi, nggak bikin mata sakit kak. Menurutku lebih bagus seperti ini blognya. Menurutku pribadi, suatu blog itu mencerminkan kepribadian dan jiwa psikologi seorang blogger. Pernah aku mengunjungi suatu blog yang backgroundnya ntu hitam pekat dan ternyata memang bloggernya suka banget sama horror. Paling tidak, aku dapat sedikit mempelajari kepribadian seorang blogger dari blognya. Tanpa sadar sewaktu memilih background dan menempatkan template kita memilihnya sambil senyum-senyum sendiri kalau sudah pas. Pilihan itu harus sesuai dengan karakter kita terutama hati kita. Bener nggak? Hehehehe

    Nama kakak Wardah ya? Menurutku agar blog ini semakin baik lagi adalah tetap jadi diri kakak sendiri. Kakak menyukai genre fantasi kan dan kalau tidak salah tebak kakak suka peri? #kepo Hohoho Lihat background pepohonan di sebelah yang berwarna pink secara nggak sadar Kak Wardah udah mengajakku tenggelam masuk dalam hutan pepohonan itu. Dari tadi aku konsennya ke pepohonan itu lho Kak Wardah. Hehehe Sekali lagi pesan dariku kak, tuangkan imajinasi Kak Wardah dalam blog kakak ini. Liarkan imajinasi kakak dan anggap blog ini adalah wadah bernuansa fantasi yang selalu menemani hari-hari Kak Wardah. 🙂

  6. Nama : Maisyarah Pradhita Sari
    Domisili : Yogyakarta
    Jawaban : Blog ini kece badai… suka banget lihat-lihat resensi dari wardah sebelum mba mau menjelajah toko-toko buku. yaa walaupun mb kurang menyukai buku-buku fiksi (kebanyakan buku yg wardah resensi adalah fiksi #sotoy), membaca blognya wardah itu udah seperti judul Blognya.. “MELUKIS BIANGLALA” menyenangkaaan. cocok banget buat refreshing dan teman nonton TV #eh #berasamakanan ^_^
    masukannya sih.. untuk di Kategori tulisan, mungkin perlu kategori “PENGARANG” untuk pengarang2 tertentu.. semoga semakin memudahkan pengunjung blog nya 🙂

    Yeaay semoga dapet giveaway dari wardah syalala ❤

  7. Nama : Alifa Nanda Tarina
    Domisili : Ampah, Kalimantan Tengah

    Pertanyaan : Bagaimana pendapatmu soal Melukis Bianglala? Apa yang harus Wardah lakukan agar blog ini semakin baik?

    Jawaban: Melukis Bianglala.. Setelah aku nyari nih di KBBI bianglala= Pelangi. Kalo bahasa Orang Kalimantan nih, Biang=Sumber, Lala= Kelapa, jadi Sumbernya kelapa. Hahaha tapi Melukis Bianglala kalo menurut aku Menggambar atau memberikan sebuah pandangan berupa inspirasi yang berasal dari Imajinasi *Bahasanya ituloh*. Itu aja.
    Yang harus dilakukan Mba Wardah agar blog ini semakin baik, selalu Update posting2an review yg banyak, sering2 adain giveaway udah itu aja.. Sih Mba.. 🙂 Keep Calm and always write your review.

  8. Nama : Velika Natalia
    Domisili : Semarang’an aja

    *Hallo, saya pengunjung baru di blog kak wardah, sempat buka2 postingan lama dulu baca beberapa review, nyari-nyari post yang isinya tentang anda dan blog ini *(kayanya ga nemu) mungkin kurang menjelajah lebih dalam. Tp capek udahan nyecroll nya… mungkin perlu ditambah tombol Up and Down biar praktis aja. Ga usah di beri pencetan older post kak jadi setiap scroll kebawah langsung bufering sendiri muncul post2 lama, *(ada resiko nya si postnya muncul ga beraturan) pernah liak di blog orang, jadi bingung sendiri malahan tetep ada plus minusnya jdnya. Background putih q suka si, jelas bacanya enak diliat. Yg dipaling atas itu aga terlalu polos sepertinya belakang judul dan menu dkk, mungkin bisa dikasi gambar yang bisa menggambarkan kalau blog ini tu blog review buku, dan ini saya *(dalam arti ada penggambaran kak wardah sendiri, karakter diri mungkin lebih tepatnya). Umm kasi foto kak wardah kali ya di profilnya, biar enak biar sama2 tau siapa orang dibalik blog ini. *(pendatang baru banyak omong deh aku! Maaf ya kak)
    Soal nge-review no coment deh sudah pas dan enak dibacanya, ditambah lg buku2 best yg di review kak. Tp q ga bisa kasi sponsor si… *(jatuhnya omdo aku ma) cara mengajak partisipan untuk give away udah bagus ga ribet enak dilakuinnya juga… ada hal baru malah yang aku suka, beda dari blog lain. Ada google form nya. Asyek enak aja gitu liak dan ngikutin aturannya. Jangan diganti ini bisa dijadikan khas blog ini :D..
    Owh ya pertanyaan pertama Melukis Bianglala.
    Judul yang menarik, awalnya aku pikir blog apa ini ada kata melukisnya bianglala langsung mikir kincir angin. Melukis langsung pengen kepo *(dikira aku ini blog isinya lukisan). Tapi setelah dihayati 2 kata itu melukis itu kan memberikan warna untuk sebuah obyek *(banyak warna banyak kehidupan menurutku si banyak cerita juga), biang lala itu kan berputar dari atas kebawah dan putarannya selalu maju kedepan jadi “Hidup penuh warna, ga selalu ada dibawah tapi juga bisa diatas, saat itu tiba bergantian tetaplah warnai hidup dengan riang” gitu kali ya…

    TerimaKasih sudah membaca 🙂
    Maaf kalau ada kata yang salah.
    Thaa…

  9. Nama: Aya Murning
    Domisili: Palembang

    Aku suka isi review(s) dari blog ini. Isinya to the poin dan nggak banyak nyelipin curcol. Hehehe. Blognya juga bagus, tampialnnya sederhana tapi tetap cantik. Lalu ada menu indeks juga yang sangat berguna biar visitor nggak susah nyari daftar review. Heummm, jadi mau bikin indeks juga deh. Hihihi. Gimana cara bikinnya ya? Apa itu harus update manual atau tiap ada review baru langsung masuk daftar indeks? Blogku juga wordpress nih. Boleh dong kalo minta diajarin. Aku agak gaptek kalo soal blog. 😀
    Oh iya, kok di blog ini emoticon-nya nggak muncul ya? Biasanya kalau di wordpress kan selalu tertampil sendiri, biar tulisannya jadi lebih berwarna dan berekspresi. Atau mungkin memang sengaja dimatiin?
    Saranku buat blog ini, hmmm, apa ya? Aku masih newbie sih, jadinya nggak begitu banyak tahu harus ada apa aja di blog. Eh, tapi menurutku kalau lain kali bikin giveaway, baik itu sponsor dari pribadi atau dari penerbit/penulis, kayaknya bakal tambah seru kalau di bikin kayak gini lagi (ituh yang petualangan yang di atas ituh) tapi bisa-bisa malah si host-nya nih yang super kerepotan. XD

    • Soal indeks selama ini saya update manual, makanya belum di-update lagi T.T
      Tapi kemarin baru dikasih tahu bisa otomatis sih (meski saya rada lupa jadi kayaknya ga bisa bantu kamu, maaf ya).

      Kalo emoticon, iya saya matiin. Kenapa ya. Mungkin ga terlalu suka aja liatnya. Yah, selera sih hihi.

      Buat yang terakhir………. kalau emang memungkinkan diusahakan deh. Bikinnya cukup ngos-ngosan sih. ^^;;;

  10. nama : erin
    Domisili : Bekasi

    Aku kira melukis biang lala itu sebuah novel. ternyata nama blog. wah, aku suka banget dengan blognya tata letak dan menu indexnya keren.
    Biar blog ini tambah keren untuk headernya bagus tuh ka ada foto pelangi sama biang lalanya. 😀 pasti tambah cantik. tambahin link twitternya juga mba, biar langsung follow yang berkunjung ke blog melukis bianglala.

  11. nama: pramestya
    domisili: temanggung
    jawaban

    Maaf bila ada yg nggak ngenakin hati. Sebenarnya aku juga nggak ahli di blog, tapi aku mencoba berbagi dan belajar dari kakak. Maaf aku kayak udah berpengalaman, padahal enggak :3

    Segi tampilan sederhana (ciri khas wordpress). Tadi nyoba liat ada kategori apa aja, ternyata… Subhanallah, banyak banget (aku sampe ngiri)!

    1. Posting-annya diperbanyak dan dipersering (walaupun udah bnyk, lebih bnyk lbh bikin kagum).
    2. Dalam review, ditambah harga biar yang minat bukunya bisa ngumpulin budget. 😀
    3. Oh iya, tambahin label genre kak. Sekedar informasi bagi pembaca aja.
    4. Ditambah “ini buku cocok/untuk siapa”. Menurutku review yang ada seperti itunya sangat membantu.
    5. Sering-seringlah buat acara (kuis/GA/baca buku bareng)
    6. Tambahin foto diri kak Wardah juga dong. Masa ada tulisannya ga ada wujudnya -,-
    7. Entah mungkin karena saya buka lewat hp jadi ga keliatan atau emang ga ada. Di tambah widget akun medsos juga boleh kak. Entar aku stalk 😀

    Sekiranya itu aja dulu, biar ga bosen baca kesok-tauanku. Sekali lagi maaf ya kak bnyk yg bikin nggak enak hati. Terimakasih dan semoga bisa menginspirasi blogger lain (terutama saya)

  12. Nama :Arinta Setia Sari

    Twitter : @ArintaSetia

    Domisili : Yogyakarta

    Jawaban : Menarik sekali cara mengerjakan giveawaynya. Hahahaha bener-benar penuh petualangan. Benar sekali. kita menebak-nebak, kayak membaca serial goosebump. Tapi SERU!!! Baru kali ini saya ikutan giveaway model kayak gini.

    Eniwy komentar saya tentang blog ini apa ya? Hmmm mungkin Mbak Wardah perlu menambah akun social media apa aja yang dipakai di bagian sidebar kanan. Sebagai blogger buku kudu punya indeks. Baguslah itu…

    Saya juga suka membaca novel fantasi (petualangan dan sihir-sihir). Novel fiksi ilmiah dan detektif juga 🙂

    Mantap mbak blognya. Keep writing. Keep blogging. 😉

    arintasetia.blogspot.com

  13. nama : luthfi izzaty
    domisili : jogja

    Okay, pertama tama saya ucapkan SELAMAT atas terseleggaranya Give Away yang kayak beginian uuuwuuwuwuwuuuu *tebar pasir*
    Seruuuw hahaha XD itu gimana bikinnya mbok aku diajarin *malah* :3

    Blognya Wardah keceeee, apalagi resensinya XD sebagai follower masa2 lampau yang tau tindak tanduk blog ini #tsah bagiku blog ini termasuk favorit #asik.
    Review mu itu lho Dah, bikin gemeeeezzz *remas rajutan*. Kritiknya bikin tergelak. Lha iya, situ jujur banget sih :p

    Terakhir, semoga saya dapet salah satu dari giveaway ini biar nanti bisa saya bikin review nya deh di blog alay saya *sok selow* 😀

    SUKSES WARDAH BLOG BUKUNYA
    KAPAN GRUP “BUKAN WACANA” KITA TEREALISASI HAHAHAHAHAHAHA

  14. Nama : Desty
    Domisili : Palopo, Sulawesi Selatan

    Tampilan blognya sudah bagus… (apalagi di WP memang terbatas sih utk ngutak-atik blog). Kalau bisa backgroundnya cari yg ada unsur bianglala-nya. Biar pas dengan nama blognya ya.

    Ohya, saya isi google form-nya, tapi di akhir nggak nemu form utk isi identitas sama pilihan bukunya. Apa saya yg salah ya?

    • Wah berarti belum dapat bukunya Mba
      Buat isi biodata harus sampai dapat bukunya 😀
      Habis ga sedikit juga yang aku bikin bisa submit form padahal belum dapat hadiah, hehe
      Coba isi lagi aja form-nya, yaaaa

  15. Nama: Ananda Nur Fitriani
    Domisili: Bogor

    Blog nya kak wardah itu top banget! Aku inget pas pertama kali berkunjung kesini di blogtour TATBILB, dan review yang disajikan kak wardah adalah yang paling lengkap 😀 review nya udah bagus bangeet! Sangat persuasif dan simple, padat, jelas. Mampu memancing rasa penasaran dan menarik kita untuk ikut tenggelam dalam buku itu, hihi. Sesuai dengan taglinenya, ‘menggores warna lewat kata’ weits kalau kata anak gaul sih itu mancae abiz xD kak wardah mampu membuat blog ini menjadi lebih berwarna dengan kata-katanya. Walaupun tampilan blog nya Simple, dengan background putih dan soft color yang memancarkan rasa nyaman, tapi sangat menggambarkan nama blog nya ‘Melukis Bianglala’ alias ‘Melukis Pelangi’.

    Pokoknya blog ini mancae bangetlah! Aku suka sama review nya, kata-kata yang digunakan, tampilan blog, dan ditambah dengan keramahan si empunya blog, jadi membuat siapa pun nyaman saat mengunjungi blog ini ^^ tinggal ditambah keterangan yang lebih mendetail aja sih di review nya, seperti harga, tahun terbit, dan lain-lain. Btw itu indeks usah ga di update lagi ya? Aku agak bingung pas baca itu kok sedikit xD semakin sering mereview buku ya kak, kalau ada buku bagus jangan lupa kasih tau aku \^o^/ makin sering ngadain giveaway juga hihihi. Semoga aku beruntung ya :p

  16. Nama: F.J. Ismarianto
    Domisili: Nganjuk
    Jawaban:
    Sudah bagus kok, Melukis Bianglala ini. Review oke, tampilan oke (meski WordPress terbatas sekali dalam hal ini), nggak kebanyakan widget, jadi … apa yang perlu dilakukan Wardah buat memkeren (?) blog ini lagi? Ya tetap mempertahankan apa yang telah menjadi kelebihan Melukis Bianglala ini. Oh dan satu lagi, pertahankan konsitensi ngeblognya. Blog sekeren apapun kalau isinya dikit dan jarang diupdate ya … begitulah :))

    Keep updating (?) dan terus sebarkan virus membatja pada dunia! 😀

  17. Nama : Gea
    Domisili : Pekanbaru
    Menurutku, blog melukis bianglala ini udah bagus banget sih. Maksudnya tampilannya simple dan gak alay. Fontnya juga pas dan bikin kita enak bacanya. Saranku tetap seperti ini saja. Kalau mau eksperimen themenya, cukup permainan gradasi warna aja.
    Kalau boleh saran, sebaiknya ada rubrik trivia atau berita buku juga gt. Jadi gak cuma review aja. 😀

  18. Tri Indah Permatasari
    Palembang

    bukan maksud buat nge-copy pendapat yang lain ya… karena menurutku ini blog memang sudah kece walaupun sedikit ngejreng di mataku, sorry karena aku agak bermasalah sama warna soft yang nge-pink gimana gitu. hehe. tapi tampilan keren kok. yang penting ini simple dan menarik. ngak kayak blogku yang ruwet banget, bingung ngaturnya gimana biar jadi simple. Tapi kita punya kesamaan ya, sama-sama suka Venesia!
    Sarannya sih, lebih sering diaktifin lagi aja gitu blognya. entah itu nge-post resensi atau bisa jadi nulis cerpen, puisi atau artikel, itu membantu sedikit buat ngelatih terbiasa buat nulis gitu, siapa tahu mimpi jadi penulis fantasinya jadi kenyataan. yang penting sih banyakin GAnya kali ya. karena kamu kan suka baca buku juga gitu. ya buat resensi simple deh tentang buku2 itu terus kasih tuh ke penulis atau penerbitnya. siapa tahu mereka suka dan mau ajak kamu jadi host blogtour buku terbaru mereka. kan jadi hobi kamu lebih bermanfaat. segini aja mungkin ya, hehe. sukses deh. di tunggu GA selanjutnya ya…

  19. Nama: Dion Yulianto
    Domisili: Yogyakarta

    Seperti kata bang epi, kudu konsisten nge-blognya, kalau bisa satu pekan sekali biar semakin banyak yang mengikuti bloh Wardah nan keren ini. Secara tampilan aku suka dengan warnanya yang kalem-kalem cerah–seperti aku banget.

  20. Nama: Opat
    Domisili: Jakarta

    Pertama warnanya bagus deh ini blognya. Nama blognya juga bagus. Tapi berhubung bianglala itu nama ferris wheel (apa sih bahasa Indonesianya?) di Dufan, jadi keingetannya itu mulu. Saran apa ya. Rajin baca, rajin ngeblog (sadar diri, pat). Sukses slalu yaaa :3

  21. Nama: Nurul M
    Domisili: Jakarta

    Halo, Dah~ Akhirnya aku ikutan nih. Hahahaha….
    Dari kemaren mau ikutan tapi bingung jawab pertanyaannya. Soalnya, menurutku blog kamu udah pas sih. Aku sendiri kurang ngerti soal layout yang bagus, tapi selama ini layout pilihan-pilihanmu cocok buat mataku. Soft, enak diliat.

    Kalo soal review juga, cara ngereview kamu asyik. Bikin penasaran tapi juga nggak luput nyebutin kekurangan buku (tanpa terkesan menjatuhkan). Buatku itu review yang bagus. Cuma mungkin emang lebih enak kalau ditambah tag genre bukunya biar lebih gampang kalo cari review. Hehe…

    • Ini lagi proses nambah tag genre. Dulu aku nggak pakai tag ini karena suka bingung sama genre buku yang kubaca sih hiks hiks. Tapi, ya berhubung rerata pada kasih usul gini dan sepertinya emang perlu ya, aku tambahin deh.
      Doakan bisa segera terklasifikasi ya, Ru :*

  22. Halo wardah,

    Blognya udah bagus kok, background tulisan putih jadi yang baca gak capek. Ada beberapa yang sekiranya bisa aq sarankan untuk ditambah di side bar ya, coba ditambah sosial media apa aja yang wardah punya, selain twitter tentu saja, bisa FB atau instagram krn mungkin banyak yang belum punya twitter, kemudian tambahan label penerbit, penulis dan genre juga penting loh untuk blog buku. kolom search baiknya ditaruh di atas ya, kalau di bawah ntar harus search ‘search’ dong hehe dan juga untuk follower, dinaikan di atas, bagian bawah biar banner2 challenge aja

    semoga berkenan ya 🙂

    • Genre sedang ditambahkan dan kotak pencarian sudah dipindah. Kalo buat FB err nanti deh. Instagram juga pikir dulu, habis isinya buat jualan rajutan hehe.
      Makasih ya Mba Estiii

  23. Nama : Busyra
    Domisili : Solo

    Melukis Bianglala sudah oke sih menurutku, tampilannya rapi & gampang untuk dijelajahi. Aku usul untuk indeks, kayanya lebih membantu kalau diurutkan berdasar penulisnya, supaya kalau kamu baca beberapa buku dari penulis yang sama, terlihat dari sana. Apalagi nanti kalau postingannya sudah banyak. Semoga tetap semangat ngeblog terus ya, Wardah, nanti juga akan berkembang dengan sendirinya. Makasih giveawaynya 🙂

  24. Nama : Ridzki Putri
    Akun Twitter : kikikiki_R

    Bagaimana pendapatmu soal Melukis Bianglala? Apa yang harus Wardah lakukan agar blog ini semakin baik?

    Waktu pertama kali lihat, blognya terlihat simple.
    Wardah bisa menyesuaikan tema blog dengan alamat blog wardah. Cari tema blog yang sesuai dengan kepribadian blog karena tema itu merupakan kebutuhan dasar dari suatu blog. Kalau bisa tambahkan header berupa gambar atau tulisan yang sesuai ya dengan blog kamu karena itu akan menambah penambilan blog menjadi menarik. untuk font sendiri sudah pas kalau menurutku karena font juga mempengaruhi minat pembaca terhadap tulisan kamu karena kalau kamu misalnya pake font yang keriting-keriting, pembaca juga udah males bacanya hehehe.
    Tambahkan menu, coba bikin menu yang lebih rame, itu menurutku ya. Misalnya di menu jangan cuma ada home, indeks, tentang. Coba kamu bikin menu misalnya home-penulis (sesuai abjad) terus digolongin di sini ada penulis luar sama penulis dalam negeri-tentang saya (biodata kamu)-Review Buku- BlogTour+Giveaway- Genre dan seterusnya (terserah kamu) itu akan memudahkan pengunjung untuk menentukan pilihannya.
    Tapi dari itu semua, yang penting sih rajin update apalagi kalau blog kamu termasuk blog yang mereview buku hehehe.
    Itu aja mungkin dari saya~ ^^

  25. Nama: Nurul Hikmah
    Domisili: Kendari

    Bagaimana pendapatmu soal Melukis Bianglala? Apa yang harus Wardah lakukan agar blog ini semakin baik?

    Aku suka dengan desainnya, warnanya lembut, cewe banget sama suka baca reviewnya..hehe 😀
    tapi Agak sdikit terganggu kalau mau liat postingan sebelumnya mesti loading dulu, sbenarnya gak lama sih.
    sama sih kek pndapat yg d’atas, tambahin menu aja, kan baru 3 tuh: Home, Indeks ama Tentang. Mungkin bisa dibuatkan menu Review, Giveaway, Wishlist, Reading Challenge.
    Segitu aja dari Aku. Sukses selalu 😀

  26. Nama : alvina
    Akun twitter : @alvina13
    Domisili : solo

    Wardaah, aku suka tampilan mobilemu. Gampang dibuka. Mwahhahahaa. Usul aja buat ditambahin postingan berdasar genre atau penerbit. Biar pembaca mudah mencari dan tertarik blogwalking saat berkunjung ke sini. ^^
    Semoga tetep rajin ngeblog yaa ^^

  27. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Domisili : Medan

    Menurut saya blog ini simple dan enak dilihat. selain itu ulasan2 nya juga menarik dan mudah dicerna, fontnya juga enak dibaca jadi betah baca ulasannya sampai habis, yah meski saya jarang ninggalin jejak… :D. Mungkin untuk kedepannya, wardah bisa melakukan perubahan ditampilan page view dan peletakan tombol pencarian… hehe
    kenapa? di blog ini tidak ada batasan berapa jumlah artikel yang diterbitkan, jadi kalau saya scroll ke bawah, semua artikel yang lama2 akan ikut ter-reload. menurut saya alangkah baiknya klo dibuat batasan brp jumlah artikel yang dimuat ditiap halaman. Dan sebenarnya sih, saya tidak perlu harus scroll sampai kebawah hanya untuk mencari artikel
    yang ingin saya baca, saya hanya tinggal cari di tombol search saja. Sayangnya tombol searchnya terlalu kebawah, jadi harus di scroll lagi kan. Nah, gimana kalo tombol pencariannya diletakkan dibagian paling atas saja. meskipun ada daftar isi, tetap lebih praktis menggunakan tombol search kan..? 😀 Jadi lebih memudahkan pengunjung.
    *pengunjung banyak maunya* 😀 Sukses terus untuk blognya ^^

    • Kotak pencarian sudah dipindah di atas 😀
      Dan oke setting nanti akan saya ubah. Banyak juga yang ternyata merasa tidak nyaman dengan setting otomatis loading artikel ya. Terima kasih usulnya.

  28. Nama: Noer Anggadila
    Domisili: Probolinggo
    Jawaban: Tampilan blognya cukup menarik, gak bikin sakit mata hehe karena pemilihan tema warnanya yang soft, pas! Simple sih, gak terlalu banyak ’embel-embel’, tap mungkin bisa diberi list di samping tentang postingan baru atau postingan yang paling sering dibuka, jadi lebih memudahkan pembaca nantinya. Tampilan postngannya juga udah rapi, tapi mungkin bisa ditambah hiasan gambar-gambar yang behubungan dengan postingan bisa lebih menarik! 🙂

  29. Nama: Diki siswanto
    Domisili: Masamba

    Jujur, pertama kali liat blog ini saya langsung terkesima. Pemilihan template yang pas dan cocok sesuai judul blognya (Melukis bianglala). Hanya saja background+header blognya alangkah lebih bagus kalau diberi warna warna pelangi biar lebih ngejreng dan lebih mantep.

    But, over all *ceileh bahasanya* aku suka banget sama blog ini. Subscribe dulu ah ~~

  30. Nama: Putri Prama Ananta
    Domisili: Probolinggo

    Melukis Bianglala adalah blog buku (tentu saja karena Melukis Bianglala adalah anggota BBI) Jujur, aku kurang tahu tentang perkembangan Melukis Bianglala selama menjadi salah satu blog buku (aku pun baru tahu ada blog ini sekitar dua bulan lalu karena blogwalking yg benar-benar blogwalking kulakukan dua bulan terakhir ini). Aku suka dengan font yang digunakan, nggak bikin mata sakit. Aku juga suka dengan tagline “menggores warna lewat kata” itu antimainstream sekali dan itu merupakan ciri khas dari Melukis Bianglala. Review-nya juga bagus, asyik buat dibaca dan (tentu saja) bisa dijadikan acuan buku-buku yang mau dibeli.
    Kebanyakan pendapatku tentang Melukis Bianglala telah dijelas para komenter sebelum aku, seperti loading otomatis yang agak mengganggu (terutama bagi orang yang sering krisis kuota–macam aku). Lalu, tentang kategori ‘penerbit’, itu benar-benar perlu menurutku. Kalau disearch di kolom search, terkadang nggak muncul kalau nama penerbitnya seperti kata-kata umum begitu. Kalau masalah kategori ‘penulis’ sebenarnya nggak masalah karena bisa disearch di kolom searc-nya, tapi bisa dibuat kategori sendiri.
    Secara garis besar, yang dipost oleh Melukis Bianglala adalah reviews (tentu saja). Mungkin akan lebih seru kalau Melukis Bianglala menambahkan lebih banyak post khusus tentang buku tapi bukan review seperti waktu ketika berdiskusi buku dengan seorang teman (saat kopdaran), pergi ke toko buku, maupun hal lainnya tentang kebiasaan mengasyikkan yang dilakukan Wardah bersama buku. Kalau bisa buat sesuatu yang berbeda yang menjadi kekhasan Melukis Bianglala ini.
    Icon blognya nggak kelihatan, kak Wardah. Kan nama blognya melukis bianglala, bisa tuh lebih diperbesar bagian pelanginya. Kan bianglala sama aja dengan pelangi, hehehe.
    Tema wordpress-nya Pachyderm, jujur, aku kurang suka dengan tema yang dipakai ini. Kalau di wordpress memang enaknya, lebih mudah dalam mengatur template-nya (oleh karena itu aku pakai wordpress juga). Tapi, untuk Pachyderm, aku rasa kolom widgetnya terlalu kecil, jadi, tulisannya dan gambar tantangan membacanya kurang jelas. Oh ya, bisa kali ya ditambah header biar lebih cantik, yang mirip-mirip sama backgroundnya, biar serasi. Background blognya bagus, campuran antara pink dan ungu serta pohon-pohon berdaun/berbunga pink itu.
    Oke-oke, aku udah banyak ngomong, thank youu~ *akhirnyabisangepostkomen*
    [Ini pendapat seorang blogwalker, tapi bukan blogger andal, harap maklum]

  31. Nama : Annisa Zulfa Nur Azza
    Domisili : Bojonegoro – Jawa Timur

    Blognya udah bagus,menarik,Eyecatching banget … jadi gak bosen deh walaupun lama liatnya .

    Kalau saran ku sih bikin review tentang buku yang lagi hits kak,atau yang baru keluar Pasti nanti bakalan seru deh , Atau list judul buku yang menurut kakak recommended buat dibaca. juga sering – sering ngadain giveaway kayak gini. hehehe pasti makin banyak yang ngunjungi.

    Semoga saran ku bermanfaat ya ^^

  32. Amanda Sheila / Malang, Jawa Timur.

    Jujur aja, untuk mampir di blog Melukis Bianglala, bisa aku hitung dengan jari. Kalau nggak pas ada blog hop atau giveaway macam gini, paling cuma pas karena nggak sengaja lihat link-nya di blog lain. Aku suka banget baca buku, dan walaupun sudah intens baca dari dulu, aku baru tahunya kalau ada “dunia khusus bookdragons” Indonesia (bookblogs maksudnya) ya belakangan ini aja. Makanya semoga kakak maklum kalau aku jarang mampir karena pada dasarnya aku belum familiar sama bookbloggers Indo.

    Overall, aku suka sama tampilan blog-nya. Simpel dan nggak terlalu rame sama prikitilan yang kadang buat orang luar kaya aku bingung. Aku juga sudah baca beberapa review-nya dan sudah cukup asik, kok. Keep it up aja, kak! Semoga sukses dan semoga nggak masuk fase bookslump, yak. Muehehe.

  33. Rini Cipta Rahayu
    Karangasem, Bali

    Halloo kak, aku sudah pernah berkunjung untuk mengintip review di blog ini. Memang cuma beberapa kali sih, tapi untuk segi konten udah bagus. Ada bagian indeks juga yang buat makin gampang nyarinya. Sarankj sih lebih sering diupdate aja indeks dan buku yang direview. Kebanyakan terbitan Diva Press ya? Hehe..
    Kalau dari segi tampilan, sederhana tapi manis. Aku suka gradasi warna pink keunguannya *atau sebaliknya?* mungkin dibagian tulisan Melukis Bianglala itu bisa ditambahkan background gambar agar gak terlalu polos.
    karena aku bukan blogger yang handal dan masih belajar mereview juga, semoga ocehanku bermanfaat. Tidak ada unsur mmenggurui. Terima kasih

  34. Nama: Fira
    Domisili: Yogyakarta
    Hai Wardah, apa kabar? /dibuang
    Mau coba ikutan, boleh? Sebenernya saya pembaca barumu, lho. Baru beberapa hari lalu ikutan baca-baca riview buku di sini, terus nemu deh event ini. Kesan pertama saya berkunjung ke sini, aduh rapih dan simpel tapi tetep eyecatching. Terutama blog ini berisi khusus semua tentang buku, yang saya suka. Cumaaa… entah kenapa saya merasa pemilihan warna background tulisan yang putih agak melelahkan mata. Sebenernya warna background blog-nya udah bagus lho, saya juga. Pun tulisan di sisi kanan agak terlalu nyempil, mungkin bisa diperbesar sedikit?
    Aduh, mungkin saya kurang jago kalo komen soal layout.
    Soal konten, mungkin lebih banyak update-an tentang buku yang lagi hits kali ya? Tidak harus selalu riview per buku tapi mungkin info buku terbaru dari list yang Wardah paling suka.
    Keknya itu dulu. Maaf belum terlalu mengamati dengan detail.
    Pokoknya keep writing continuously~
    Sukses ya Wardah (boleh lho ngadain giveaway atau postingan postingan yang melibatkan pembaca lebih banyaK)

  35. nama: Aulia
    domisili: Serang

    pertanyaan: Bagaimana pendapatmu soal Melukis Bianglala? Apa yang harus Wardah lakukan agar blog ini semakin baik?

    Jawaban:
    Jujur, saya baru kali ini ngunjungin blog ini karena link giveaway ini, hehe maafkeun yaa, karena baru-baru ini juga aktif di twitter dan berburu giveaway, tapi karena itu juga saya bisa nemuin blog ini 😉

    Dilihat dari view, blog ini simple, tapi mungkin terlihat masih flat ya dan agak pucat. Mungkin Wardah bisa sedikit memainkan warna-warna lagi supaya lebih menarik.
    Tapi yg pasti blog ini lebih baik dari blog saya yg baru pemula. Review bacaannya sudah lumayan banyak, apalagi udah ngadain giveaway kayak gini, keren lah!
    Semoga ke depan akan lebih bagus lagi yaaa 😉

  36. nama : Ken
    Domisili : Tulungagung, JaTim

    Q : Bagaimana pendapatmu soal Melukis Bianglala? Apa yang harus Wardah lakukan agar blog ini semakin baik?

    A : Hn~ sebelum memberi komentar ini, saya menyempatkan berkeliling(?) sebentar ke beberapa postingan di blog mbak Wardah. sejauh ini sudah bagus sih, mbak. beberapa review ditulis secara mendalam dan nggak sekedar ingin memuaskan penulis atau penerbit, tapi juga turut mengirimkan rasa penasaran pada pembaca. dan ini saja sudah menjadi poin yang cukup bagus 🙂
    kalaupun saya diminta untuk memberi saran agar blog ini lebih baik, mungkin saya sedikit fokus pada spoiler saja. ada satu-dua postingan mbak Wardah yang menurut saya menyampaikan isi cerita bukunya sedikit lebih jauh. tidak terlalu banyak sih, hanya saja berhubung nggak semua orang doyan dikasih spoiler mungkin mbak Wardah sedikit batasi saja 🙂

    note : maaf kalau penyampaiannya menyinggung mbak Wardah ya..

    • Duh maaf ya kalau ada spoiler-nya 😦
      Berusaha buat nggak kasih spoiler yang parah kok, tapi ternyata ada juga ya yang tetap bikin nggak nyaman.

      Terima kasih ya.

      • ehehehe kalau saya sih fine-fine saja dikasih spoiler. apalagi kl dikasih bocoran ending ceritanya kaya gimanaㅡsad ending atau happy endingㅡhahaha tapi ya itu tadi sih, karena nggak semua orang doyan. jadi mbak Wardah mungkin bisa siasati masalah ini biar pembaca makin penasaran juga 🙂

tinggalkan catatan....

