Misteri · Penerbit Haru · Resensi

The Dead Returns – Akiyoshi Rikako

image

Judul: The Dead Returns
Penulis: Akiyoshi Rikako
Penerjemah: Andry Setiawan
Penerbit: Haru
Tebal: 252 halaman

2 September, jam 19:00. Aku tunggu di tebing Miura Kaishoku.

Surat itu membawa Koyama Nobuo pada kematiannya. Di tebing Miura Kaishoku, seseorang mendongnya jatuh. Dia yakin dirinya sudah mati, tapi dua bulan kemudian dia sadar. Dan ketika membuka mata, Koyama Nobuo bukan lagi Koyama Nobuo. Dirinya sekarang berada dalam tubuh orang lain, Takahashi Shinji.

Setelah itu, dia bertekad mencari orang yang memanggil dan mendorongnya jatuh. Seseorang dari kelasnya.

Beda dengan Girls in The Dark

Saya mulai membaca novel ini *nyontek GR* tanggal 26 November tahun lalu. Dan saya berhasil menyelesaikannya kemarin, tanggal 25 Februari. Selama itu… novel ini banyak saya tinggalkan. Alasannya sederhana, karena saya merasa bosan.

The Dead Returns berbeda dengan Girls in The Dark. Novel ini ditulis dengan lebih… biasa. Kita, pembaca, tidak akan menemukan hal-hal membingungkan ala Girls in The Dark. Novel ini ditulis dari sudut pandang orang pertama, yaitu Koyama Nobuo. Ini poin pertama yang membuat perbedaan. Kita hanya akan dijejali dengan hal-hal yang dilihat Koyama Nobuo. Alhasil, tidak heran novel ini terasa lebih datar.

Akiyoshi Rikako masih berhasil memberikan misteri dan hal-hal membingungkan, tapi porsinya tidak sebanyak Girls in The Dark. Oleh sebab itu, pesan saya kepada pembaca, jangan mengharapkan kejutan seperti pada Girls in The Dark dalam novel ini.

Kehidupan Remaja

Meski begitu, bagi saya, hal penting yang bisa didapatkan dari novel ini bukanlah misterinya. Misterinya lebih gampang ditebak ketimbang Girls in The Dark. The Dead Returns itu lebih bercerita banyak soal kehidupan remaja. Kehidupan dari sudut Koyama Nobuo, remaja suram maniak kereta api di kelasnya.

Takahasi Shinji, pemuda yang tubuhnya sekarang ditinggali Koyama Nobuo adalah pemuda yang tampan. Mereka berdua ibarat langit dan bumi. Takahasi Shinji supel, Koyama Nobuo pendiam. Takahasi Shinji pemain band, Koyama Nobuo otaku. Takahasi Shinji tampan, Koyama Nobuo suram.

Lalu, selama hidup dalam tubuh Takahasi Shinji, Koyama Nobuo dipaksa melihat kehidupan dari sisi yang berbeda. Berkat penampilan fisik mereka yang berbeda, ketika Koyama Nobuo pindah ke sekolah lamanya, dia langsung disambut denagn hangat. Arai-kun dan Sasaki-kun, cowok-cowok populer di kelas langsung menjadikannya teman. Cewek-cewek pun langsung mengerubunginya seperti semut.

Aku baru bisa merasakan, bahwa hidup sebagai orang lain itu sangatlah melelahkan. (h. 53)

Saat hidup sebagai Takahasi Shinji itulah, Koyama Nobuo sadar bahwa selama ini dia terlalu cepat menghakimi seseorang dari penampilan luarnya saja.

Namun, bukankah aku juga melakukan hal yang sama? Hanya karena penampilan seseorang itu keren, aku menganggapnya sebagai orang yang tidak bisa menahan diri. (h. 89)

Menarik sekali membaca bagaimana ketidakadilan yang selama ini Koyama Nobuo alami dijungkir balik. Bagaimana kesadaran bahwa dia yang merasa diperlakukan tidak adil, pun ikut andil dalam menciptakan ketidakadilan tersebut.

Bisa dibilang, lain dengan Girls in The Dark yang menyisakan pertanyaan, The Dead Returns ini terasa lebih dekat dan menyentuh.

Terakhir

Buat meyakinkanmu membaca novel ini, ada sebuah kutipan yang bagus. Sejujurnya keseluruhan interaksi Koyama-Nobuo-dalam-tubuh-Takahasi-Shinji dengan orang-orang di kelasnya itu menarik. Kita bisa melihat perbandingan bagaimana perlakuan yang didapat Koyama Nobuo sebelum dan setelah kecelakaan. Bagus. Patut dibaca!

“Kau bilang keberadaanmu muncul karena pengorbanan orang lain. Tapi, bukankah semua orang memang seperti itu?” (h.156)

Lalu, seperti biasa, kutipan favorit saya sebagai penutup.

Semuanya mengetahui seseuatu.
Semuanya sedang merencanakan sesuatu. (h. 189)

Selamat merencanakan sesuatu! Selamat membaca!

Advertisements

2 thoughts on “The Dead Returns – Akiyoshi Rikako

tinggalkan catatan....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s