manga · Penerbit Haru · Resensi · Romance

Cat and Dog – Park Hee Jung

 

Cat and DogJudul: Cat and Dog
Pengarang: Park Hee Jung
Penerjemah: Silvanissa
Penerbit: Haru
Tebal: 196 halaman
Format: paperback (full colour)

Blurb
Joo Yeong Woo
Meski hanya bertemu sekali saat masih balita, perlahan aku mulai jatuh cinta pada Mo Seul Woo, tunanganku yang tampan dan juga seorang artis. Akhirnya, hari pernikahanku tiba!

Mo Seul Woo
Aku cuma bertemu dengannya sekali sepuluh tahun yang lalu saat dia masih bayi, dan cewek itu buang air besar di depanku. Aku tidak akan pernah menikahinya.


Cat and Dog merupakan sebuah web comic karangan Park Hee Jung. Web comic ini bercerita tentang Yeong Woo dan Seul Woo yang dijodohkan sejak kecil. Dua orang yang hidup dalam lingkungan berbeda ini terpaksa mengikat janji pernikahan dan memulai tinggal bersama.

Namun, kehidupan mereka bukannya tidak mudah. Mulai dari keluarga Seul Woo yang kacau. Hingga kenyataan soal mantan kekasih Seul Woo, Ha Yoon, si artis cantik yang masih dicintai Seul Woo. Belum lagi masalah Seul Woo dengan agensinya.

Bagaimana Yeung Woo dan Seul Woo akan menghadapi kehidupan pernikahan mereka, ya?

Pandangan Pertama

Nah, sebelum mulai me-review, saya pengen menyampaikan laporan soal pandangan pertama.

Artwork-nya cantik. Ini yang bikin saya langsung naksir sejak awal. Gambarnya cantik, khas Korea dan mengingatkan saya pada manhwa drama Korea Princess Hours, Goong. Terlebih lagi karena ini diangkat dari web comic, semuanya penuh warna! Full colour! Benar-benar memanjakan mata banget!

Lalu, jilidannya tebal! Lemnya kuat jadi saya cukup yakin Cat and Dog nggak gampang terburai. Pas banget buat komik berwarna gini. Jadi mengurangi kemungkinan cepat sobek atau rusak.

Kertasnya sendiri juga tebal. Memang sih jadi rada berat, tapi sebanding kok. Gambar di tiap halaman nggak tembus ke halaman berikutnya. Terus cakep banget jadinya! x)

Pokoknya padangan pertama (dan sentuhan pertama /eaaa /apaini) sama Cat and Dog sama sekali nggak bikin saya kecewa!

Khas Drama Korea

Berlanjut ke aspek cerita. Untuk ceritanya sendiri, sebenarnya mudah ditebak bagi mereka yang terbiasa menonton drama Korea. Soal si Jaemin bakal inilah. Terus Yeung Woo sama Seul Woo bakal itulah. Ha Yoon nanti jadi begitulah. Ending-nya nanti beginilah.

Ahaha, yah, intinya bisa ditebak deh. Tapi kan yang bikin drama Korea itu asyik diikuti ya bagaimana emosi penonton dipermainkan sih. Dan saya bisa bilang Cat and Dog punya potensi ini! Ditambah dengan artwork full colour, uh pasti nggak akan kecewa!

Saya sendiri saja nih, yang bukan pecinta drama Korea (karena alurnya gampang ketebak) dibikin penasaran sama kisah dua sejoli ini. Apalagi si Seul Woo ini bikin Yeung Woo menunggu 4 jam (BAYANGKAN EMPAT JAM) di hari pernikahan mereka! :))

Sayangnya, nggak semua tulisan Korea diterjemahkan. Nah, di halaman terakhir itu, pembaca nggak bisa tahu siapa yang menelepon Seul Woo sampai dia membuang ponselnya. Padahal di bagian-bagian awal, tulisan di ponsel Seul Woo selalu diterjemahkan dalam Indonesia. Kan kecewa. 😦

Semoga di buku selanjutnya semuanya diterjemahkan!

‘Buku Pertama’

Nah, meski demikian, buku pertama ini benar-benar … cuma prolog. Pembaca nggak bakal tahu banyak soal latar Yeung Woo dan Seul Woo. Kita bakal dibikin penasaran sama fakta ini-itu yang sesekali diucapkan sama karakter-karakter kita. Bahkan kita nggak tahu si Yeung Woo ini putri (iya dia putri kan ya?) apa.

Jadi, kalau kamu coba baca Cat and Dog buku pertama ini jangan cepat-cepat merasa “kok gini doang”, ya. Namanya buku pertama, isinya ya masih pengantar. Saya yakin jawaban-jawaban yang ada di benak kita bakal terjawab seiring dengan waktu (baca: di buku-buku berikutnya).

Buat hitungan buku pertama, Park Hee Jung berhasil menarik minat pembaca dengan artwork-nya dan karakter-karakternya. Terjemahannya juga enak, nggak kaku.

Terakhir

Secara keseluruhan, saya menikmati (dan tentunya berhasil terjerat) Cat and Dog. Keren banget!

Saya rekomendasikan komik ini bagi mereka yang mencintai drama Korea. Juga bagi mereka yang suka artwork setipe ini. Collectible banget!

Selamat membaca!

PS. Intip beberapa lembar isi komik Cat and Dog ini di instagram saya. πŸ™‚

Advertisements

One thought on “Cat and Dog – Park Hee Jung

tinggalkan catatan....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s