Fantastic Mr. Fox – Roald Dahl

Judul: Fantastic Mr. Fox
Penulis: Roald Dahl
Format: audiobook

Mr. Fox punya banyak akal. Dia selalu bisa membawakan makanan untuk keluarganya yang diambil dari pertanian Boggis, Bunce, atau Bean.

Suatu hari, ketiga petani itu ingin membalas perlakukan Mr. Fox. Mereka pun menunggu Mr. Fox di dekat liangnya dengan senapan. Begitu Mr. Fox muncul mereka segera menembaknya. DOR! Mr. Fox harus merelakan ekornya agar bisa selamat.

Sayangnya, ketiga petani itu tidak menyerah begitu saja. Mereka tidak akan pergi dari sana sebelum mendapatkan Mr. Fox. Mereka menggali agar mencapai lubang liang keluarga Mr. Fox. Untuk bertahan hidup, Mr. Fox dan keluarganya menggali tanah semakin dalam dan dalam dan dalam. Namun, akhirnya mereka terjebak di dalam liang. Apakah keluarga Mr. Fox akan mati di dalam tanah?

Bed Time Story

Saya menyelesaikan novel ini dengan mendengarkan audiobook-nya. Pengalaman mendengarkan itu benar-benar seperti didongengin sebelum tidur. Naratornya asyik dan berhasil membuat saya ikut deg-degan ketika Mr. Fox ditembak maupun dikejar-kejar.

Mendengarkan Fantastic Mr. Fox juga nggak perlu banyak berpikir. Serulah pokoknya. Pengalaman petama menamatkan karya Roald Dahl yang berkesan. Dengan akhir yang berkesan dan menunjukkan bahwa berbeda pun bisa bersatu (ditunjukkan dengan rubah dan kelinci yang duduk berpesta bersama itu).

Ceritanya sendiri cukup sederhana. Karakter-karakternya, Mr. Fox, Mrs. Fox, para petani, dll juga saya yakin bakal gampang dibayangkan anak-anak dengan dialognya yang terlihat berbeda.

Soal Mencuri

Sayangnya, sedari awal cerita itu saya selalu mikir, β€œkenapa Mr. Fox harus mencuri?”

Tentu saja cerita ini ditujukkan kepada anak-anak, saya yakin seyakin-yakinnya. Sayangnya, saya masih gagal paham kenapa penulis menjadikan Mr. Fox, si protagonis kita yang banyak akal, sebagai sosok yang mencuri. Terlepas dari fakta petani-petani itu pelit, jahat, bau, dsb, mencuri kan tetap perbuatan buruk.

Fakta ini membuat saya berpikir jika kisah ini dibaca kepada anak-anak yang belum mengerti tanpa pendampingan. Apa yang akan diambil anak-anak? Apakah mereka akan menyimpulkan mencuri boleh dilakukan selama untuk menolong orang lain?

Pertanyaan ini masih tidak terjawab bagi saya. Yang jelas, fakta Mr. Fox ini ditekankan punya banyak akal dan digunakan untuk mencuri itu … membuat saya nggak bisa menyukai cerita ini.

Namun, mungkin kamu punya pandangan berbeda. Selamat membaca!

One thought on “Fantastic Mr. Fox – Roald Dahl

tinggalkan catatan....

