Mengintip Buku Anak Perpus Kecil

Siapa sih yang nggak kenal Mbak Astrid pemilik blog Books to Share? (Yah meski saya lebih suka manggilnya perpus kecil karena alamat blognya gitu sih, lagian lebih lucu juga hihi.) Btw, setelah sekian lama akhirnya Mbak Astrid mengganti tema blog-nya lho. Mbak Astrid ini beda banget sama saya yang seneng ganti-ganti tema. :))

books to share

Saya kenal Mbak Astrid ini gegara ikutan Wishful Wednesday, iya, postingan berandai-andai rutin yang terbit tiap hari Rabu itu. Awalnya sih ikut ya karena pengen menuh-menuhin blog ya ikut aja, nggak terlalu merhatiin blog Mbak Astrid itu sendiri, yang penting setor linky. Namun, suatu ketika Mbak Astid cerita tentang buku anak di WW-nya, dan … saya langsung ikut penasaran! Lalu, semakin lama saya ikut WW, makin banyak judul buku anak yang ditulis Mbak Astrid dan bikin saya ikut mupeng!

Berawal dari sana, saya jadi sering main-main ke blog Mbak Astrid, tujuannya satu: nyari judul buku anak yang seru meski banyak yang akhirnya cuma jadi wishlist atau malah numpuk di pojokan. Setelah saya lihat, bacaan Mbak Astrid ini ternyata banyak banget buku anaknya. Review yang disajikan Mbak Astrid itu singkat, jelas, padat, dan jujur meski sayangnya Mbak Astrid nggak banyak nge-review hiks. Itulah kenapa saya jadi ikut penasaran sama buku-buku yang sudah dibaca beliau.

Nah, dalam kesempatan posbar bulan ini yang bertema Children Book, saya memutuskan mewawancarai Mbak Astrid sedikit.

Sejak kapan Mbak suka baca buku anak? Sejak dulu masih kecil kah? Atau mulai suka baca lagi begitu udah dewasa?

Aku suka baca sejak kecil sih, dan memang berawal dari buku-buku anak. Tapi memang buku anak selalu jadi genre favoritku, makanya sampai aku dewasa dan punya anak sekalipun, tetep suka banget sama buku-buku anak.

Apa saja judul buku anak favorit Mbak Astrid? Mungkin bisa diceritain sedikit juga.

Hmmm ini susah banget pertanyaannya!! Yang pasti aku suka buku-buku serial Enid Blyton, dari mulai Lima Sekawan, Pasukan Mau Tahu, Malory Towers dan lain-lain. Mereka inilah yang berjasa membuat aku suka baca buku sejak dulu.

Kalau pengarang favorit yang selalu diikuti bukunya?

Aku suka JK Rowling (i’m a Potterhead!), Kate DiCamillo, E.L Konigsberg, dan Roald Dahl.

Punya judul buku anak yang wajib dibaca semua orang nggak Mbak kira-kira? Boleh lebih dari satu. Dan boleh banget kalau diceritain alasannya. πŸ˜€

Harry Potter series pastinya, buku klasik modern yang akan selalu abadi sepanjang masa buku ini sudah mengubah dunia perbukuan khususnya anak-anak, dan menjadi alasan banyak orang jadi suka membaca. (hihi Harry Potter ini memang melegenda banget ya)

Westing Game (Ellen Raskin) juga wajib dibaca, bukunya cerdas dan seru, ngga heran kalau pernah mendapat penghargaan Newbery, yaitu penghargaan paling bergengsi untuk buku anak-anak. *langsung masukin rak to-read GR*

Punya judul buku anak yang menurut Mbak nggak cocok buat anak kecil nggak? Mungkin terlalu seram atau gimana.

Hmmm sebenernya bukannya ngga cocok, tapi mungkin memang ada buku anak yang perlu pendampingan orang dewasa saat membacanya. Misalnya buku-bukunya Roald Dahl yang memang kadang suka terlalu absurd. Juga dongeng-dongeng Grimm Bersaudara yang meski setelah diadaptasi oleh Disney kisahnya jadi lebih ramah anak, tapi aslinya banyak dongengnya yang sadis, absurd, dan bahkan gory. (Nah orang tua harus aktif juga milih buku anak nih, jangan kayak kasus film superhero itu.)

Biasanya dari mana Mbak dapat info soal buku anak? Apakah punya reviewer terpercaya atau situs khusus?

Kalau reviewer biasanya sesama anak BBI aja, seperti Ziyy, Alvina, Maria Hobby Buku, juga Bzee (Hihi tahu semua, tapi ya semuanya sama-sama jaraaaaaang rerview buku anak T.T tapi kayak dia dapat rekomendasi langsung dibaca aja haha). Sama-sama penggemar buku anak soalnya. Referensi lain paling dr Goodreads, aku ikut beberapa grup yang banyak bahas buku-buku anak sehingga bisa dapat referensi yang keren-keren. (Kalau nemu buku anak keren lagi saya boleh banget dibisikin Mbak!)

Kalau buku anak lokal, adakah yang Mbak favoritkan? Boleh bagi-bagi Mbak kalau ada.

Nah ini nih, sampai sekarang malah belum nemu buku anak lokal yang jd favorit, mungkin karena bacaanku lebih banyak buku impor dan terjemahan. Yang pasti sih aku dulu penggemar berat majalah Bobo, hehe, termasuk buku ngga ya itu? (Masuk Mbak, majalah juga buku kok ^^;;)

Terakhir, kalau buku anak klasik yang mau direkomendasiin buat dibaca ada nggak? Sama minta rekomendasi buku anak (selain Harry Potter pastinya) kekinian gitu dong.

Klasik: Anything by Enid Blyton, buku-buku Dr. Seus (favoritku Green Eggs and Ham yang bercerita tentang anak yg makannya milih-milih, persis kayak anakku hehe), Secret Garden dan juga Black Beauty. Buku klasik anak biasanya ceritanya ngga seseru buku-buku masa kini, tapi memang pesannya selalu memorable.

Kalau yang kekinian, aku suka banget Escape from Mr. Lemoncello’s Library. Kisahnya tentang anak-anak yg dikurung di perpustakaan dan disuruh cari jalan keluar lewat petunjuk-petunjuk yang ada. Seru banget dan bener-bener pas untuk para pencinta buku, soalnya settingnya di perpus sih. *nyatetin satu-satu*

Yah, sekian wawancara saya sama Mbak Astrid. Sesuai judulnya, wawancara ini bertujuan mendapatkan list judul buku anak versiΒ perpus kecil alias Books to Share yang wajib dibaca! Berhubung tujuan saya telah tercapai, ya, mari akhiri wawancara ini. Semoga saya punya kesempatan memabca buku-buku yang sudah saya catat di atas ini semua, ya. Amin.

Btw, terakhir, Mbak Astid punya artikel khusus di blognya yang bercerita aktivitas membaca beliau bersama Yofel, anaknya, membaca lho. Cari ajaΒ Reading with Yofel ntar pasti ketemu πŸ˜€

Jadi, yuk, mari membaca!

PS. Sebenarnya Mbak Astrid menyelipkan banyak emoticon ketika membalas pertanyaan saya. Sayangnya semua emoticon itu tidak di-support WP, hiks.

Advertisements

4 thoughts on “Mengintip Buku Anak Perpus Kecil

  1. Aku kenal buku buku newbery juga dari mba astrid. Ada post khusus pula di blog dia. Dan buanyaaak rekomendasi yg bisa kita cari di situ. Kalau mau baca bareng, ajak ajak yaa wardaah. Aku udh lama ga baca newbery, kangen x)

tinggalkan catatan....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s