Crime · Gramedia Pustaka Utama · Misteri · Resensi

Buku Catatan Josephine – Agatha Christie

Buku Catatan Josephine - Agatha ChristieJudul: Buku Catatan Josephine
Penulis: Agatha Christie
Penerjemah: Mareta
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Charles bertemu Sophia di Mesir ketika Perang Dunia hampir berhasil. Pertemuan itu membuat keduanya jatuh cinta dan berjanji akan membangun rumah tangga begitu mereka sudah kembali ke Inggris. Namun, ketika Charles sudah kembali, dia menemukan fakta bahwa kakek Sophia, si tua Leonides yang kaya raya dan terkenal, meninggal dunia. Kematian itu membuat Sophia enggan menikah dengan Charles. Karena menurut Sophia, kematian sang kakek tidaklah normal. Ada seseorang yang membunuhnya.

Seseorang yang tinggal di rumah keluarga Leonides, yang sekarang masih berkeliaran bebas.

Salah Satu Novel Terbaik Agatha Christie

Di halaman kata pengantar pengarang, Agatha Christie mengaku bahwa novel ini merupakan salah satu novel terbaiknya. Novel yang ditulisnya dengan perasaan bahagia. Meski saya tidak bisa merasakan “kebahagiaan Agatha Christie”, saya harus mengakui bahwa Buku Catatan Josephine memang salah satu novel terbaik Agatha Christie yang saya baca.

Terlepas dari kertas novel pinjaman yang sudah tidak karuan warna kuningnya atau ada kata-kata yang ganjil karena ini terjemahan zaman dulu kala atau tata letaknya yang kadang ada jeda aneh itu, Buku Catatan Josephine berhasil membuat saya tegang.

Seperti yang sering Agatha Christie lakukan, Buku Catatan Josephine ini juga mengutip sebuah sajak. Sebuah sajak yang lagi-lagi terkait cukup erat pada jalannya cerita.

Seorang lelaki bongkok berjalan terseok-seok,
Dia menemukan keping bengkok di jalan berkelok,
Dia punya kucing jorok yang suka menangkap kodok,
Dan mereka semua tinggal dalam pondok kecil yang bobrok. (h. 33-34)

Belakangan saya baru sadar bahwa judul asli novel ini adalah Crooked House. Wah, judul ini justru menunjukkan keterikatan yang lebih nyata antara kutipan sajak di atas, kan?

Misteri Pembunuhan

Untuk alurnya sendiri… tidaklah perlu saya ceritakan, ya. Buku Catatan Josephine ini khas sekali rasa Agatha Christie-nya. Buat pecinta karya-karya ratu satu ini, Buku Catatan Josephine, menurut saya pribadi patut dibaca. Bukan hanya karena plotnya yang berhasil bikin saya tegang, tapi juga karena karakter-karakternya.

Pertama kalinya membaca, mungkin pembaca bakal sedikit kesulitan. Gimana, ya, habis ada begitu banyak orang. Terlebih cerita ini ditulis dari sudut pandang orang pertama, dari sudut Charles, jadi, ya pembaca nggak bakal mendapatkan gambaran utuh. Namun, pembaca akan sama seperti Charles, mengenal anggota keluarga Leonides satu demi satu.

Pembunuhan terhadap sang kakek ini sendiri membuka lebih banyak cerita di balik Pondok Bobrok. Mengenalkan kita pada semua yang tinggal di sana. Dan membuat kita bingung harus menuduh siapa sebagai pelaku.

Tetapi banyak pembunuhan dilakukan dengan membonceng kehormatan. (h. 31)

Dan seperti novel Agatha Christie yang lain, Buku Harian Josephine ini diisi dengan drama. Tentunya dengan kadar yang sedikit. Saya malah sedikit sedih karena begitu kasus selesai, tidak banyak yang bisa saya dapatkan terkait nasib keluarga Leonides. Saya mulai menyayangi mereka, seperti sang penulis. Rasanya kurang sekali. Rasanya butuh penutup terkait keluarga Leonides yang lebih banyak. 😦

Terakhir

Apa, ya. Ini kali pertama menuliskan review buku Agatha Christie di blog sih, jadi rada bingung. Biasanya selama ini cuma review singkat di GR, haha. :))

Yang jelas Buku Catatan Josephine ini wajib baca banget buat pecinta Agatha Christie, dan pecinta misteri! Suka banget sama cara Agatha Christie mengaduk-aduk emosi pembaca lewat kasus kematian dan keluarga ini.

Untuk menutup, biarkan saya memberikan sebuah kutipan.

“Tetapi kalau kita ingin mengetahui sesuatu kita harus mencuri-dengar.” (h. 110)

Selamat membaca! Selamat mengetahui dan mencuri-dengar!

 

Advertisements

tinggalkan catatan....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s