Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang – Gina Gabrielle

Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang - Gina GabrielleJudul: Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang
Penulis: Gina Gabrielle
Penerbit: Nulisbuku
Tebal: 223 halaman

Di kedalaman Lembah Es, seorang pria membekukan Hatinya yang terluka sambil berharap ke langit Hatinya bisa sembuh. Di Ujung Pelangi, seorang gadis bercadar sibuk menenun mimpi bagi manusia-manusia yang membutuhkan meski harus mengorbankan dirinya. Di saat bersamaan, langit lebam dan retak.

Ia hanya berharap langit tidak lantas pecah dan berlubang.
Namun, seakan tidak peduli, langit terus retak, dan bunyinya berderak-derak. (h. 92)

Di dekat sampan angin, Kol. Ibri terbang dengan cemas membetulkan letak dasi kupu-kupunya sembari menunggu sang terpilih yang bisa menyelamatkan kehancuran dunia.

Perjalanan Kura-Kura Pengelana

Buku ini diberi judul Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang. Namun, meski gadis kita ini adalah tokoh sangat penting, nyaris keseluruhan bagian dari cerita ini adalah tentang perjalanan Kura-Kura Pengelana yang dipandu Kol. Ibri.

Dulunya, Kura-Kura kita ini adalah sang pria yang Hatinya terluka itu, pria yang mellipat kertas terbang. Dia berubah menjadi kura-kura setelah permohonannya dikabulkan Raja Kasih. Permohonan menyembuhkan Hatinya tentu saja tidak dikabulkan dengan cuma-cuma. Tokoh utama kita juga harus menyelamatkan langit yang meretak karena sudah lelah menangguh segala keluhan, kesedihan, kemarahan, dari Hati-Hati di dunia.

Lalu kesedihan gadis itu naik menghantam langit.
Langit berderak dengan sangat keras, dan kali ini pecah.
Sekeping demi sekeping, langit mulai runtuh perlahan. (h. 184)

Dalam perjalanannya, Kura-Kura Pengelana bertemu banyak orang. Mulai dari Manusia Bintang, Putri Tanpa Nama, Dayang Tikus, Raja Negeri Bawah Danau, hingga penguasa Kastil Masa Lalu. Si Gadis Penenun Mimpi juga bertemu beragam orang di Ujung Pelangi (meski porsi ceritanya tidak sebanyak Kura-Kura kita). Mereka yang datang silih berganti ini terlihat seperti tokoh sekali lewat, tapi begitu cerita bergerak semakin dalam, tokoh-tokoh kita ini mulai menyatu dan membuat Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang menjadi sebuah kesatuan cerita yang utuh.

Bisa saya bilang, kisah perjalanan Kura-Kura Pengelana kita ini adalah sebuah puzzle yang baru akan terlihat bentuknya ketika pembaca mencapai bagian akhir. Sebuah cerita yang penuh teka-teki, membuat berdebar, juga kaya imajinasi. Dan yang paling menyenangkan adalah bagaimana Kak Gina mengemas “apa yang terjadi padamu adalah karena perbuatamu sendiri”. Suka banget sama konklusi ceritanya.

Petualangan yang saya alami dengan Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang adalah sebuah petualangan yang tidak mungkin terlupakan. :”)

Tentang Hati

Pada awalnya, saya sedikit terganggu pada penulisan Hati dengan huruf h dikapital. Namun, pada akhirnya saya tidak lagi merasa terganggu. Bahkan saya mulai paham alasan kenapa ditulis seperti itu. Dalam novel ini, Hati adalah sebuah keberadaan yang penting.

Hati hanya punya satu keinginan, yaitu untuk bebas merasa. (h. 9)

Hati di sini sama seperti hati yang kita bicarakan pada umumnya, tapi dia bisa dikeluarkan, dipegang, ditikam, dilempar secara tersurat. Bukan hanya tersurat.

“Saat kau menjalani hidupmu di luar sana. Hatimu bisa saja tergores, tersayat, dan bahkan patah.” (h. 14)

Saya suka banget cara Kak Gina mendeskripsikan Hati yang berada di Lembah Es. Saya juga suka bagimana Kak Gina mengemas apa yang berusaha disampaikannya perihal Hati. Meski dalam cerita dideksiprisikan kondisi Hati ini bisa dilihat dengan mata telanjang, hati yang kita punya pun sejatinya seperti itu. Walau tidak bisa kita lihat wujudnya seperti Hati dalam dongeng ini.

“Terkadang kau hanya perlu mengetuk dengan lembut dan sabar untuk bisa masuk ke Liang Hati yang Terdalam.” (h. 111)

Dongeng Orang Dewasa

Buku ini digadang-gadangkan sebagai sebuah cerita dongeng untuk orang dewasa. Dongen orang dewasa langsung mengingatkan saya pada The Book of Lost Things karya John Connolly. Saya membaca novel itu ketika masih SMA dan tidak terlalu paham makna ceritanya (sepertinya saya harus baca lagi karena sekarang jadi penasaran). Namun, novel ini memberikan ‘rasa’ yang sama. Sebuah karya penuh imajinasi yang terasa berat.

Tentu saja kedua buku itu bisa dibaca siapa pun yang sudah bisa membaca. Namun, saya yakin buku ini akan memberiakan maksud yang berbeda tergantung usia pembacanya. Saya bisa menjaminnya sendiri dari pengalaman pribadi. Haha. XD

Selain ‘rasa’, susunan kalimat dalam Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang ini semacam dipilih dengan hati-hati. Kalimat-kalimatnya seperti bersayap. Saya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memahami keseluruhan ceritanya (selain itu juga kalimat-kalimatnya terlalu indah untuk dibaca begitu saja). Jadi, saya pikir, gaya menulis kak Gina juga membuat dongeng ini memang sebaiknya dibaca orang dewasa.

Saya cukup yakin jika buku ini saya baca sepuluh tahun yang akan datang, saya pasti mendapatkan sesuatu yang berbeda dari ketika saat ini.

Terakhir

Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang adalah sebuah buku yang mengingatkan kita pada banyak keajaiban dan mimpi dan dongeng kanak-kanak. Membaca buku ini membuat saya kembali ke masa kecil yang penuh dengan imajinasi dan belum dihantam realita berulang kali. Sebuah petualangan yang sangat-sangat menyenangkan. :”)

Seperti biasa, biarkan saya memberikan kutipan favorit.

“Mungkin bagimu yang sekarang itu kelihatan mustahil. Tapi, kita hidup di negeri yang penuh dengan kemustahilan.” (h. 75)

Saya merekomendasikan buku ini dibaca semua orang, khususnya orang dewasa. Bacalah dan berhentilah sejenak dari hiruk-pikuk dunia. Bacalah, lalu mulai bermimpi.

“Terkadang kau harus percaya tanpa mengetahui, Tuan.” (h. 44)

Selamat membaca! Selamat percaya dan bermimpi!

PS. Jangan lupa ada blogtour buku ini di sini. 😉

22 thoughts on “Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang – Gina Gabrielle

  1. Novel ini mengingatkanku pada The Little Prince.
    Sebuah dongen yang sarat makna, itulah kesan yang saya dapat dari review di atas.
    Sampul buku serta judulnya elegant. Dan penggunaan kata ‘Hati’ telah mengalihkan perhatianku. Buku dongeng seperti ini wajib saya miliki.
    Terima kasih untuk reviewnya, membuatku semakin penasaran dengan kisah gadis penenun mimpi dan pria yang melipat kertas terbang.

  2. Dari cover dan judul nya membuat saya penasaran dengan novel yg satu ini. Setelah baca review dari beberapa blogger membuat saya semakin penasaran sm cerit Gadis Penenun mimpi ini. Nama” tokoh yg menarik serta penggambaran jiwa seseorang itu merupakan hal yg menarik bagi saya, di tambah lagi setting nynya di hutan kabut ,ujung pelangi dan tmpt lainnya, membuat saya ingin lebih mengikuti peejalanan kura” ini lebih jauh lagi. Pokok nya salut deh sm mbak Gabriella yg udh bikin cerita sekeren ini.

  3. Saya sudah membaca review yang berbeda dari beberapa blogger tentang buku ini, dan dari setiap review yang saya baca membuat saya semakin ingin memiliki buku ini. Menyelami kata demi kata, memasuki dunianya, mengenal tokoh2 yg ada, dan meresapi pesan moral yang ada.
    Saya sangat menyukai jenis cerita seperti Gadis Penenun Mimpi ini, meski saya belum mengetahui keseluruhan ceritanya, saya yakin saya akan menyukainya. Dan bahkan saya yakin kak Gina akan menjadi penulis favorit saya yang baru.
    Sudah lama sejak saya membaca cerita fantasi yang benar2 menakjubkan, cerita dongeng yang bukan hanya menghibur, namun tersirat pesan moral yang tersembunyi. Terakhir saya membaca cerita yang seperti itu sekitar 2 tahun yang lalu. Buku berjudul Violin & Negeri Salju Abadi karya K.A.Z Violin.
    Saya rindu membaca cerita fantasi yg dapat membuat saya lupa akan dunia yg saya tinggali ini dan memasuki dunia imajinasi yg memukau, meski hanya untuk sesaat.

  4. tertarik buku ini karena aku penasaran dengan gaya penulisan kak Gina Gabrielle. melalui review yang aku baca barusan diatas, aku sangat tertarik untuk membaca buku ini karena ingin juga membaca buku ini seakan sedang masuk dalam dunia mimpi, selain itu aku juga suka novel yang berkaitan tentang dongeng.

  5. Konsep cerita seperti puzzle yang baru akan terlihat bentuknya ketika pembaca mencapai bagian akhir itu sangat menarik. Membacanya akan terus dibuat penasaran dengan teka-teki yg ada. Apalagi kisahnya seperti dongeng yg kaya imajinasi. Semakin menarik!

    Semoga bisa py kesempatan membaca buku ini.

  6. Selain lengkap, review ini seolah mengajak pembaca untuk berpetualang dalam novel Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang tanpa mengurangi rasa penasaran bagi pembaca. Review-nya rapi, Bagian ‘Dongeng Orang Dewasa’ sangat menarik karena menegaskan bahwa meskipun dongeng ini cocok dibaca orang dewasa, tetapi pesan dan makna-makna dalam novel ini begitu universal. Saya jadi semakin tidak sabar untuk membaca sekaligus berpetualang dan menyelami novel ini secara batiniah.

  7. Aku tertarik. Kalau dulu, aku sering membaca dongeng untuk melebarkan imajinasiku. Tapi sekarang lebih banyak baca fiksi lokal buat belajar gaya menulisnya. Dan yah, sepertinya dengan membaca novel Gadis Penenun Mimpi ini aku akan mendapatkan keduanya sekaligus! Keren.

  8. Coba deh, buka Storial.co dan ketik “Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang” di pencarian. Pasti buku ini ada di sana. Tapi… Ada tulisan: Berhubung versi cetaknya sudah terbit, maka kini kisah ini hanya akan tersedia sampai bab 1 saja di Storial.co.

    Hwaaa… Nyesel banget gak baca di Storial saat cerita lengkapnya masih ada di sana
    Tapi, kalau dipikir, lebih keren punya versi cetaknya dong…
    Karena aku penggemar fantasi, aku sangat sangat ingin memiliki buku ini
    Banyak yang bilang buku ini indah, aku yakin buku ini sangat indah, karena di mataku cerita fantasi selalu punya nilai plus dibanding cerita realita hehee
    Di pemberhentian terakhir blog tour buku ini, aku mau mengucapkan terima kasih ke Kak Gina Gabrielle yang telah menulis dongeng yang indah dan sangat bikin penasaran dan sangat ingin dimiliki
    Semoga Kak Gina bisa terus menulis fantasi dan semoga selalu dilancarkan semua prosesnya
    Dan semoga aku bisa segera dipertemukan dengan Gadis Penenun Mimpi, Kura-Kura pengelana, Manusia Dayang dan teman-teman
    Aamiin

    Oiya aku sempat teringat petualangan Dorothy di buku the Wizard of Oz pas baca review ini
    Dayang Tikus juga ngingetin aku sama Reepicheep hohooo

  9. Rasanya sudah lama sekali melalang buana di dunia yang penuh dengan rasionalitas ini. Sampai akhirnya saya menemukan review tentang buku ini. Gadis Penenum Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang, mungkin tempat baru untuk kembali pulang ke dunia mimpi saya di masa lalu:)

    Semoga saya bisa “pulang” kembali melalui buku ini

  10. Dongeng ini membuatku penasaran dengan diksi yang ajib dan tema yang antimainstream. Sedikit bayak melihat cuplikan cerita dan sajak yang menurutku puitis sekali, makin penasaran!

  11. *cerita dikit*
    Pertama tahu cerita ini di wattpad (kurang lebih bulan februari kemarin), lewat news feed, aku lihat temanku memberikan vote untuk cerita ini, judulnya yang sangat menarik tak butuh waktu lama untuk memasukan cerita ini ke dalam libraryku. Dan saat pertama membaca cerita ini aku sungguh kagum dengan cara kak gina mendongeng, kata-katanya sangat indah, puitis dan menyihir.
    Memang dongeng ini untuk dewasa, karena saat membacanya pun aku mengulang kembali paragraf yang baru saja kubaca untuk dapat memahami kalimatnya, namun itu tak membuatku jenuh dan malas untuk baca kelanjutannya. Kalimatnya yang menyihirku untuk terus membuka halaman demi halaman selanjutnya. Tapi sayang aku hanya sempat baca sampe bab 7, karena keburu diterbitkan, tapi aku beruntung pernah membacanya walau tidak hingga akhir. Aku penasaran banget dengan kelanjutan ceritanya, bagaimana perjalanan kura-kura pengelana, dan endingnya seperti apa? Cover bukunya sangat cantik dan eye cathcing.
    Udah beberapa kali ikut GA buku ini, tapi belum beruntung, jadi aku berharap kali ini, (hari ini)di hari ulang tahunku yang ke 21, aku bisa beruntung dan berjodoh dengan bukunya kak gina. Itu akan menjadi kado spesial yang sangat indah bagiku. Aamiin. *maaf kalo kepanjangan kak* Terima kasih 🙂

  12. Aku suka bgt sama genre fantasy, advanture, pokoknya yg banyak ngayalnya :’v satu kata buat buku ini : penasaran! Wehehe, penasaran gimana rasanya jadi gadis penenun mimpi yg hrus ng-remas hatinya, ketemu org yg berbeda tiap harinya, penasaran gimana perjalanan kura2 ini, gimana dia nyembuhin hatinya,gimana akhir ceritanya. Btw rivewnya menarik, kata2 yg dipake dn potongan kejadian yg diambil bikin pembaca tertarik. Thankyoui. Sekian ~

  13. Dongeng yang memang dibaca oleh orang dewasa.
    Siapa bilang dongeng hanya untuk anak kecil. Orang dewasa juga butuh cerita dongeng untuk membuat setiap orang yang katanya dewasa kembali percaya dengan indahnya mimpi. Keajaiban-keajaiban yang muncul karena percaya akan mimpi-mimpi seperti apa yang dulu selalu dipercayai saat maih kecil.

    Dongeng yang berbeda dari dongeng-dongeng yang ada.
    Apakah Putri Tanpa Nama itu ada karena tidak ada satupun yang tahu siapa nama gadis cantik itu?
    Manusia Bintang? Manusianya berbentuk bintang? Atau bias mengambil satu bintang di langit? Atau matanya bersinar layaknya dipenuhi bintang gemintang?
    Dayang Tikus? Ratukah atau Raja Tikus yang berkuasa?
    Lucu. 😀

  14. Ah, aku suka sekali dengan gaya bahasanya kak Gina di novelnya ini. Segi pengkisahan yang unik, tidak perlu terburu-buru untuk memahaminya. Jadi salah satu buku dan novel yang harus dialokasikan waktu bacanya ketika mau tidur. Wow. Hm. Semua demi mendapatkan efek khusus dari novel ini. He he. Sukses kak Gina novelnya ya! Sukses juga buat wardah funbloggingnya! 🙂

  15. Cover dan judul sangat buat penasaran. Dari segi cerita itu menurutku unik. Seperti tagline nya sebuah dongeng untuk kita yang dewasa untuk berani bermimpi (kira-kira seperti itu yak?)
    Jadi penasaran sama ceritanya, yang dongeng tapi bukan dongeng yang menye-menye.

  16. Jarang-jarang ada novel lokal yang kosa katanya seperti ini. Puitis tapi tidak bikin ngantuk. Aku penasaran banget sama gadis penenun mimpi. Kenapa wajahnya tertutup? Lalu kayaknya banyak banget pesan moralnya, terus juga tokoh-tokohnya unik
    Petualangan apa aja yang ada di sini? Penasaran sekali

  17. Pertama kali melihat covernya, tentu aku langsung jatuh hati. Tapi membaca judulnya sedikit membuatku bingung, jarang banget ada novel yang judulnya itu lumayan panjang, namun setelah membaca review dari beberapa blog, termasuk blog ini, aku jadi tahu kalau ini bukan cerita romansa biasa, melainkan sebuah dongeng yang sarat akan makna. Di mana nama tokohnya itu berdasarkan jiwa pemiliknya dan di dalam buku ini juga tenyata hanya ada satu tokoh yang benar-benar memiliki ‘nama’ tentunya penasaran dengan setiap jalan cerita yang akan di sajikan dalam buku ini 🙂

  18. dari covernya aja udah jatuh cinta dengan novel ini, apalagi menceritakan tentang dongeng yang pastinya membuat imajinasi ini bisa lebih luas memaknainya dan ingin merasakan menjadi gadis penenun mimmpi yang mungkin bisa mewujudkan semua mimpi orang-orang tersayang. bacaan yang sangat cocok untuk seorang yang imajinasi seperti saya.

tinggalkan catatan....

