Family · PING!!! · Remaja · Resensi

Ogomadara Kanojo – Zephyr

Ogomadara Kanojo - Zephyr
Judul: Ogomadara Kanojo
Penulis: Zephyr
Penyunting: Avifah Ve
Penerbit: PING!!!
Tebal: 200 halaman


Bisa kamu dapatkan di Bukupedia


Keluarga Nakajima sudah lama pindah dari Pulau Taketomi ke Chiba. Keluarga kecil yang beranggotakan tiga kakak-adik itu hidup bergantung dari gaji pas-pasan Hayato, sang kakak sulung. Itulah sebabnya, Chouko, sebagai satu-satunya perempuan dalam keluarga Nakajima yang bertugas mengurus keuangan keluarga, tidak pernah peduli pada penampilannya atau kehidupan sosialnya. Bagi Chouko, Hayato dan Masaru–sang adik bungsu yang baru masuk TK–adalah hal yang lebih penting.

“Lihat, ternyata kita smeua saling memikirkan kebahagiaan satu sama lain. Bukankah kita bertiga kakak-beradik paling sempurna di dunia?” (h. 38)

Chouko pikir kehidupan SMA-nya di Keiai Gakuen akan berlangsung biasa-biasa saja seperti masa SMP. Sayangnya, Yoshida Shiki, seorang teman sekelasnya yang senang memotret, bersikap sok dekat dengan Chouko begitu tahu gadis itu berasal dari Pulau Taketomi.

Meskipun pada awalnya Shiki diabaikan oleh Chouko, Shiki tetap ingin berteman dengan Chouko. Kegigihan Shiki akhirnya berbuah. Chouko mulai menganggapnya sebagai seorang teman. Sayangnya, satu demi satu kemalangan menimpa keluarga Nakajima. Perlahan juga masa lalu keluarga Nakajima terungkap, tentang kepindahan, Pulau Taketomi, dan Ogomadara.

Bagaimana kelanjutan hubungan Chouko dan Shiki selanjutnya?

Tentang Keluarga

Sejak prolog, saya sudah merasa bahwa Ogomadara Kanojo ini akan punya cerita keluarga yang kental. Dan ternyata saya tidak salah. Ada cerita kakak-beradik keluarga Nakajima yang saya yakin bakal membuat pembaca bersedih, terharu, sekaligus berbahagia. Interaksi ketiga orang ini juga manis banget–apalagi pas ada Masaru yang cadel. Gemes.

Penulis membeberkan rahasia demi rahasia keluarga Nakajima dengan perlahan. Pembaca dibuat penasaran dengan alasan kepindahan keluarga Nakajima. Lalu pembaca akan dibuat semakin penasaran dengan hubungan ogomadara dengan keluarga Nakajima. Belum lagi soal Hayato, pekerjaannya, dan menghilangnya lelaki itu nanti.

“Kita akan membuang semua kenangan itu dan hidup bahagia setelah meninggalkan pulau ini.” (h. 126)

Ternyata, mendapatkan hidup bahagia memang tidak mudah.

Di sisi lain, penulis juga memberikan cerita soal keluarga Yoshida Shiki. Pemuda yang terlihat kasat mata dan sok dekat dengan Chouko ini ternyata juga memiliki kisah keluarga sendiri. Latar belakang Shiki sedikit-banyak akan membuat pembaca kaget. Meski demikian, bagi saya pribadi, Shiki ini kelewatan baik hati. Yah, untung saja dia tidak sempurna.

Tidak ada karakter yang sempurna dalam Ogomadara Kanojo. Pembaca akan menemukan sisi-sisi buruk dari semua karakter yang ada. Dengan penulisan yang rapi, Ogomadara Kanojo berhasil membuat saya jatuh-bangun.

Yang Disayangkan

Sayangnya, saya kecewa sama kovernya. Saya suka latar pohon dan dedaunan berwarna musim gugur itu. Sayangnya, gambaran Chouko sama sekali tidak tepat. Chouko harusnya tidak mengenakan rok setingg itu. Chouko adalah gadis yang kaku dan taat peraturan.  kalau buat gambaran Shiki… saya rasa cukup menggambarkan.

Lalu, penulisan Ogomadara Kanojo ini terbilang penuh. Ada banyak hal yang terjadi di novel ini. Dengan alur maju-mundur dan rahasia-rahasia yang diungkapkan sedikit demi sedikit, novel ini punya kecenderungan membuat pembaca bosan. Ditambah kenyataan bahwa pembukaannya itu sudah sangat umum dengan manga-manga yang sering saya baca (untungnya Shiki bukan cowok populer jadi novel ini memiliki rasa yang beda dengan kebanyakan shojo manga).

Di awal-awal pun saya merasa sedikit bosan. Sebabnya rahasia keluarga Nakajima itu muncul baru di bab-bab berikutnya. Interaksi Shiki dan Chouko juga bukan hal yang baru dalam cerita berbau Jepang bagi saya (yang cukup banyak membaca manga). Namun, beruntunglah saya menahan diri untuk terus membaca novel ini. Karena, keluarga Nakajima telah berhasil menghangatkan perasaan saya. :”

Terakhir

Apa lagi ya… Saya membaca novel ini sudah cukup lama, tetapi belum sempat-sempat juga menuliskan resensi. Itulah sebabnya banyak hal yang saya lupa dan review ini berakhir begitu saja. ^^;;

Yah, intinya, saya merekomendasikan novel ini bagi mereka yang menikmati cerita keluarga! Pasti cocok banget! Juga bagi mereka yang suka dengan hal-hal berbau Jepang. Penulis cukup sukses menghadirkannya di sini.

Selamat membaca!

 

2 thoughts on “Ogomadara Kanojo – Zephyr

tinggalkan catatan....

