Giveaway · Grasindo · New Adult · Realistic Fiction · Resensi · Romance

San Francisco – Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie | GIVEAWAY

San Francisco - Ziggy ZezsyazeoviennazabrizkieJudul: San Francisco
Penulis: Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie
Penyunting: Septi Ws
Penerbit: Grasindo

Ansel bekerja sebagai relawan di Suicide Prevention Center San Francisco dan telepon pertama yang masuk kepadanya dari seorang gadis yang meminta Ansel mendengarnya menyanyi lagu klasik. Ansel pikir gadis itu hanya memintanya mendengarkan. Namun, seletelah gadis itu selesai bernyanyi, dia mengajukan pertanyaan dan ancaman.

“Do you know the name of that song?”
“Tell me, and I won’t jump.” (h. 2)

Untungnya, Ansel tahu lagu tersebut. Sang gadis tidak jadi meloncat dan bisa dikatakan telepon pertama Ansel berakhir baik-baik saja. Akan tetapi, selepas telepon itu, sang gadis kerap mencari Ansel. Dan hari di mana Ansel memutuskan untuk mengenal gadis itu, hidup Ansel mulai berputar di sekitar gadis itu. Gadis bernama Rani dengan badan seukuran liliput, berambut gunting, dan senang menato kulitnya.

Tentang Bunuh Diri dan Musik Klasik

San Francisco bisa dilambangkan dengan dua hal, bunuh diri dan musik klasik. Kedua hal ini mengisi banyak sekali sudut dalam novel karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie.

Soal musik klasik, mungkin sudah banyak kita temukan dalam novel-novel populer sejenis. Namun, soal bunuh diri? Masih minim novel populer yang mengangkat isu ini. Dan San Francisco mengeksplorasi isu bunuh diri dari sudut orang yang mencoba, orang yang pernah mencoba, dan orang-orang di sekitar mereka yang mencoba. Rasanya seperti paket lengkap.

Alasan orang bunuh diri berbeda-beda, tapi akarnya tetap sama: kesepian. (h. 21)

Meskipun isu bunuh diri ini bisa membuat pembaca depresi. Penulis menceritakan dengan gaya yang menyenangkan. Saya suka sekali membaca narasi yang ditulis penulis. Di tengah isu depresi dan musik klasik (yang biasanya gampang membuat bosan), penulis berhasil menyajikan cerita yang gampang mengundang tawa. Ini contohnya.

Tubuhnya tinggi dan ramping—mereka berasal dari keluarga dengan tipe badan yang tidak juga menggendut meski sudah dijejali seisi Samudera Pasifik, meskipun untuk Ansel, hal ini cuma berujung pada kekerempengan, bukan tubuh ideal. (h.11-12)

Lalu, soal musik klasik itu sendiri, pembaca akan menemukan pemain harpa! Harpa! Ini novel pertama yang mengangkat pemain alat musik harpa yang saya baca. Biasanya itu pemain piano atau biola. Jadi, rasanya berbeda dan menyenangkan sekali menemukan sudut pandang seseorang yang bermain musik dengan harpa.

Bukan Sekadar Cerita Cinta

San Francisco bukanlah buku pertama penulis yang saya baca. Saya memang belum membaca banyak novel karya penulis (yang sejujurnya ada banyak sekali). Namun, dari semua karya penulis yang pernah saya baca, penulis memberikan sesuatu yang sangat baru ketika saya membaca San Francisco.

Novel ini, San Francisco ini, punya aura kelam. Karakter-karakternya ajaib (dengan segala penghancuran stereotipe dan rahasia yang mereka simpan) sekaligus menyimpan kemuraman di balik segala canda-tawa serta kegiatan-mengejek-Ansel-si-tokoh-utama. Setelah menamatkan San Francisco, harus saya akui bahwa penulis berhasil memberikan sesuatu yang enggan meninggalkan diri saya bahkan ketika buku tersebut telah ditutup.

“’Akhir yang bahagia’ itu cuma fase, dan ia akan segera berakhir.” (h. 201)

San Francisco merupakan bagian dari seri “A Love Story: City” penerbit Grasindo. Namun, jangan mengharapkan San Francisco menjadi cerita cinta yang penuh bunga-bunga dan membuatmu menjadi diabetes. Seperti yang saya bilang di awal, novel ini kelam. Dengan karakter hero yang bekerja di Suicide Prevention Center dan heroine yang senantiasa mencoba bunuh diri, cerita cinta manis seperti apa yang kita harapkan?

Tentu saja ada adegan manis, jangan khawatir. Namun, jangan berekspektasi akan menemukan cerita cinta ala ala shojo manga yang senantiasa membuatmu squealing saking manisnya. San Francisco menawarkan cerita cinta yang dipenuhi kesepian, bunuh diri, dan musik klasik.

“Orang-orang mati, tidak terselamatkan. Tapi, nyawa orang asing mendadak menjadi bagian dari hidupku; mendadak, ada lebih banyak hal penting di dunia ini selain diri sendiri.” (h. 40)

Terakhir

Hal yang mengganggu dalam San Francisco hanya satu, yaitu percakapan Ansel dengan Rani. Saya tidak tahu kenapa dan alasannya apa, tetapi percakapan keduanya ditulis dalam bahasa Inggris. Padalah percakapan karakter yang lain ditulis dalam bahasa Indonesia. Memang ada terjemahan bahasa Indonesia-nya, tetapi justru karena itu saya protes. Terjemahannya langsung diberikan dalam kalimat-kalimat yang diucapakan dan jadi terasa begitu penuh. Sebab ada dua kalimat yang sama, yang satu berbahasa Indonesia, yang satu berbahasa Inggris, dalam sebuah petikan. Saya jadi merasa terganggu. 😦

Kovernya sendiri cocok banget! Gambar Golden Gate Bridge itu punya banyak arti dalam cerita di San Francisco ini. Terlebih gambar yang dipilih bersemu pink, semacam pas lagi sunrise kan, yang juga punya banyak makna di cerita. Harus saya akui, kover seri ini sederhana tetapi begitu memikat. Layak dikoleksi.

Dalam novel ini juga ada banyak kutipan yang saya suka (dan relatable sama saya). Berhubung saya bingung pilih satu, saya cantumkan saja semuanya. XD

“What hurt you might be as broken as you are. But maybe both of you feel the pain because you’re in progress of producing something amazing. If you decide to refrain from making it, you’re just hurting in vain.” (h. 114)

“Mereka tidak pernah terlalu sibuk. Kau yang menghindari mereka.” (h. 170)

“Kau tahu kan, kadang-kadang kau menangis karena musik, atau film, atau buku? Kadang-kadang, sebenarnya bukan karena kau merasa paham atau terhubung dengan ceritanya, tapi karena kau cuma butuh menangis saja.” (h. 179)

Namun, favorit saya yang satu ini. :”

“And even when no one care, there’s still one person that’s hurt when you hurt yourself. That’s you, and that’s the only person that matters.” (h. 211)

Selamat membaca!

Seri “A Love Story: City”

Ups, tunggu dulu, jangan kemana-mana. Saya harus menyampaikan bahwa seri Grasindo ini, sebelum San Francisco sudah terbit dua buku sebelumnya: Bristol dan Istanbul. Kovernya sama-sama cantik banget.

BRISTOL ISTANBUL SANFRANSISCO

Novel terbaru dari seri ini: Frankfurt bakal terbit sebentar lagi, tanggal 29 Agustus ini. Tentunya dengan kover yang tak kalah cantik.

FRANKFURT

Nah, sekarang saatnya giveaway!

GIVEAWAY

Giveaway kali ini berhadiah San Francisco karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie untuk dua orang pemenang. Pastikan kamu memenuhi syarat dan ketentuan berikut:

  1. Hanya berlaku bagi yang memiliki alamat di Indonesia
  2. Mengikuti twitter @grasindo_id dan menyukai fanpage Grasindo
  3. Membagikan informasi giveaway ini dengan tagar #SanFrancisco di twitter. Boleh mention saya di @missfiore_, boleh juga tidak
  4. Meninggalkan nama, akun twitter, link share, domisili dan jawaban pertanyaan: “Apa yang akan kamu katakan pada orang yang mencoba bunuh diri?” di kolom komentar di bawah
  5. Memanjatkan doa supaya keberuntungan berpihak padamu 😀

Giveaway ini berlangsung dari Rabu, 23 Agustus sampai dengan Minggu, 28 Agustus. Ditutup pukul 23.59 ya. Pengumuman bakal diberikan tanggal 29 Agustus. 😉

Selamat membaca dan mengadu peruntungan!

Advertisements

38 thoughts on “San Francisco – Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie | GIVEAWAY

  1. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/767938776601620480
    domisili: Serang

    “Apa yang akan kamu katakan pada orang yang mencoba bunuh diri?”

    Bunuh diri tidak menyelesaikan masalah karena kematian bukan akhir dari hidup, namun awal dari kehidupan yg kekal di alam sana, yg malah membuat kamu akan benar-benar sendirian. Di dunia kamu masih memiliki orang lain untuk dimintai bantuan. Namun di alam sana tidak ada seorang pun yg dapat menolongmu, kecuali amal ibadahmu. Jadi jangan melakukan hal sia-sia dengan bunuh diri. Jika punya masalah, kamu bisa curhat pada orang-orang terdekatmu, mereka pasti akan dengan senang hati membantumu karena mereka menyayangimu. Dan ingat, kamu juga memiliki Tuhan yg Maha Pengasih dan Penyayang. Mendekatlah pada-Nya, maka Dia akan lebih dekat dari nadimu. Dan Dia akan menolongmu dengan kuasa-Nya.

  2. Nama: Gusti
    Twitter: @onionkiddo (Harlem Ai Mizuki) https://twitter.com/onionkiddo

    Link share: https://twitter.com/onionkiddo/status/767962850958581762

    Yang akan kamu katakan pada orang yang mencoba bunuh diri:

    “Bunuh diri hanya akan memindahkan rasa sakit dan kesepian yang kamu rasakan kepada orang lain. Bayangkan jika orangtuamu, saudaramu, atau sahabatmu yang menemukan tubuhmu yang sudah dingin dan membiru. Bayangkan kepedihan yang harus mereka tanggung seumur hidup ketika kamu sudah tidak ada lagi, karena kamu sudah mati, sedangkan ternyata mereka mencintaimu.”

    “Kamu nggak sendirian. Di dunia ini banyak orang yang juga berpikir untuk mati. Entah mereka benar-benar melakukannya, atau hanya memikirkannya. Kamu bukan orang aneh. Sedih dan depresi itu manusiawi. Karena ada begitu banyak orang yang mengalami hal yang sama, mustinya ada banyak bantuan yang bisa kamu dapatkan, kalau kamu benar-benar mencari.

    “Kesedihan tidak membuatmu jadi orang lemah dan tidak berharga. Apa yang kamu rasakan saat ini, di masa depan akan membuatmu jadi lebih empati terhadap penderitaan orang lain. Sehingga kamu nggak akan menghakimi mereka. Karena kamu tidak akan mau orang lain merasakan apa yang kamu rasakan sekarang, kan?

    “Dan…kalau kamu mau, kamu nggak akan sendirian dalam pencarian itu. Mau kutemani? Untuk menemukan alasan bahwa sebenarnya hidupmu masih layak untuk dipertahankan.”

  3. Nama : Herva Yulyanti
    twitter : @hervayulyanti
    links share :
    domisili : Cimahi Bandung
    Jawabannya : ini pernah saya alami sendiri ketika dulu ada pacarnya teman satu kost mengetahui jika teman kost saya itu selingkuh lalu ia hendak bunuh diri menggunakan kaca yang sudah ia tinju dan siap di goreskan ke tangannya karena kebetulan saya paling tua dan saat itu saya yang diminta anak2 kost untuk mencoba nasehati dan ini yang saya katakan karena kebetulan saya juga kenal :
    “Istigfar kamu, mau akhiri hidup kamu dengan konyol?cuman masalah yang ga ada apa-apanya?ingat keluarga kamu, ayah dan ibu kamu?udah susah payah biayain kamu biar kamu bener!kamu ga inget semua itu?kamu ga inget punya adik yang katanya kamu sayang banget?siapa yang mau jagain dia lagi kalau kamu mati konyol?. Jangan bodoh pake akal kamu, perempuan di dunia banyak ga hanya dia doank yang taunya nyakitin kamu dengan selingkuh?. kamu masih muda jalan kamu masih panjang, Ingat tujuan kamu lagi mau apa?Jangan pendek akal, jangan ikutin bisikan setan. Masih banyak yang peduli sama kamu, teman-teman yang sayang kamu. Jangan konyol dengan ngelakuin ini”

  4. Nama: Ana Bahtera
    Twitter : @anabahtera
    Link: https://twitter.com/anabahtera/status/768018586438819841
    Domisili : Aceh

    “Apa yang akan kamu katakan pada orang yang mencoba bunuh diri?”
    “Apa ada jaminan hidup selanjutnya akan bahagia setelah bunuh diri? Apa benar-benar sudah difikirkan secara matang kosekuensinya? Banyak masalah yang saat kita emosi atau terpuruk memang tak pernah terbayangkan solusinya. Namun sebenarnya tak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan karena Allah itu akan menguji hambaNya sesuai kemampuan hamba itu sendiri. Jadi percayalah pada Allah”
    “Setelah bunuh diri Kamu mungkin akan merasa tenang dan bahagia, hilang sudah semua resah gundah gulana. Tapi bagaimana dengan yang ditinggalkan, khususnya keluarga yang telah berkorban dari kamu kecil sampai dewasa? Bagaimana kamu bisa tega melihat keluarga akan bermuram durja dan ditambah panasnya telinga mendengar desas desus yang timbul karena perbuatanmu?”
    “Kalau ternyata kamu masih ingin bunuh diri juga, berarti kamu lebih kejam dari dia! Dia yang menyebabkan kamu ingin mengakhiri hidup ini!”

  5. Nama: Elsita F. Mokodompit
    Twitter: @sitasiska95
    Link Share: https://twitter.com/sitasiska95/status/768075886507626501
    Domisili: Gorontalo

    Yang kamu bunuh itu cuma dirimu, bukan rasa sedih, sepi, atau frustrasimu. Dan kalau kamu benar-benar mati, kamu hanya akan meninggalkan rasa sakit sama orang lain (mungkin orang yang kenal dekat sama kamu atau bahkan orang yang nggak kamu kenal sama sekali). Lagipula, Tuhan nggak suka sama orang yang nggak sayang sama dirinya sendiri apalagi sampai memikirkan atau melakukan bunuh diri. Iya kamu bisa lari dari kenyataan yang bikin kamu stres di dunia, tapi di alam setelah kematian sana kamu akan dihadapkan pada kenyataan baru, kalau Tuhan nggak akan mau sayang atau menerima kamu. Kalau sudah begitu, kemana lagi kamu akan lari? Hidup kan cuma sekali, mati juga begitu. Kecuali kalau bunuh diri kamu cuma bertemu mati suri.

    Jujur aja, aku udah pernag ketemu sama kasus orang mau bunuh diri begini, sumpah stres ngadepinnya. Makanya nggak bisa terlalu dilembutin kalo udah hal-hal ginian

  6. Nama : Serly Angrayni
    Akun Twitter : @Serlyangs
    Link share : https://twitter.com/Serlyangs/status/768080569632641024
    Domisili : Padang

    Apa yang akan kamu katakan pada orang yang mencoba bunuh diri?
    “Percayalah, satu-satunya hal yang akan kau rasakan adalah penyesalan dan berharap bahwa kau bisa memutar waktu dan tidak melakukan tindakan bodoh ini. Dan seperti yang kau tahu penyesalan selalu datang terlambat, maka berhentilah sebelum kau menyesal nantinya.”

  7. Nama : Fridalia Septiarini
    Akun twitter : @frdliash
    Link share : https://mobile.twitter.com/frdliash/status/768125923694514177?p=v
    Domisili : Purwakarta,Jawa Barat.
    Jawaban :
    Aku cuman mau bilang ‘kalau kuku kapanjang,yang dipotong kukunya! Bukan jarinya! Begitupun masalah. Kalau ada masalah, ya akhiri masalahnya bukan akhiri hidupmu!’ jangan mau kalah oleh satu masalah yang membebani hidupmu. kamu ngga tahu diluar sana banuak orang yang berharap bermimpi menjadi dirimu. Kamu ngga tahu diluar sana banyak orang yang bahagia karena kamu lahir ke dunia ini.

  8. Nama : Eni Lestari
    Akun twitter : @dust_pain
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/768252811331055618
    Domisili: Malang

    Apa yang akan kamu katakan pada orang yang mencoba bunuh diri?

    kebetulan lagu yang kusuka temanya bunuh diri semua. dari lagu itu, aku tahu orang yang ingin bunuh diri itu biasanya gak dianggap, gak dirasa berharga sama orang lain. nah, aku bakal bilang begini ke orang yang mau bunuh diri, “aku ada di sini untukmu. kamu gak sendiri,” sambil menggenggam tangannya 🙂

  9. Nama : Mifta Rizky W
    Akun Twitter : @keyminoz
    Link Share : https://twitter.com/keyminoz/status/768290270647422976
    Domisili : Gresik-Jatim

    Apa yang akan kamu katakan pada orang yang mencoba bunuh diri?
    kalo ada teman aku yg mau bunuh diri aku bakal ngomong kayak gini :
    “emang bunuh diri dpt menyelesaikan masalah?? lebih baik kamu menata hidup berjuang demi apa yg kamu perjuangkan, buat mereka bangga, buat mereka sadar kalo kamu juga bisa kayak mereka, kalo kamu masih mau ngotot niat bunuh diri yaudah aku gak ngelarang sebagai teman aku akan tetap ada untuk kamu tapi apa kamu gak kasihan lihat keluarga kamu nangis, sedih berkepanangan??

  10. Nama: Rinita
    Akun twitter: @RinitAvyy
    Link share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/768261869379293184?p=v
    Domisili: Kediri

    Pertanyaan: “Apa yang akan kamu katakan pada orang yang mencoba
    bunuh diri?”

    Jujur, aku belum pernah punya pengalaman langsung melihat atau dekat dengan orang yg mau bunuh diri. Dan semoga aja nggak pernah ketemu orang bunuh diri, lah, ngeri banget tuh. Tapi, semisal mengetahui ada orang mau bunuh diri dihadapanku, hal pertama yg aku lakuin secara refleks, ya, bakalan nolongin orang itu. Secara, ini berurusan dengan nyawa orang, dan aku nggak mau buat ngebiarin ia melakukannya. Harus diselamatkan. Kalo enggak, aku bakal nyesel seumur hidup lah. Setelah aku tolong orangnya, bakal aku nasihati orang tersebut secara perlahan-lahan tapi pasti, bahwa bunuh diri itu nggak bakal nyelesein masalah. Terus, juga aku nasihati, kalo bunuh diri itu dilarang dalam agama. Bunuh diri itu sama artinya menyiksa diri sendiri, tahu. Yang artinya perbuatan tersebut mengandung dosa besar, dan orang yg melakukannya bakal susah di ampuni oleh Allah. Semoga jawabanku, bisa memberi keberuntungan bagi kita semua. 🙂

  11. Nama : della salsabia
    Twitter : @dellasalsbl
    Link share : https://twitter.com/dellasalsbl/status/768080440469037056
    Domisili : Jakarta selatan

    ” Hei, mati itu bukan pilihan, melainkan sudah ditakdiran. Nafas yang berhembus, Jantung yang berdetak, semua itu adakalanya berhenti.
    Ada masanya berakhir. Semua kehidupan, pasti berakhir kematian. Tapi janganlah kamu mendahului takdirmu untuk meninggal. Janganlah kamu sia-siakan hidup untuk hari ini, karna hidup ini terlalu singkat jika dilewatkan bersama pilihan yang salah. Karna hidup cuma sekali. Karna hidup hanyalah fatamorgana yang akan mengantar kita pada kehidupan yang sebenarnya. jika kamu sudah di alam sana. Percayalah, kamu akan menyesal nantinya. Tidakkah kamu berfikir bahwa ada banyak orang yg menyayangimu akan tersakiti?? Akan terluka?? Tidakkah kamu berfikir bahwa apa yg akan kamu lakukan ini adalah tindak kekanakan? Keegoisan semata? Tidakkah kamu berfikir bahwa banyak orang diluar sana yg sedang memperjuangkan hidupnya? Dan kamu malah berusaha ingin mengakhiri hidupmu sendiri. Hah sungguh menyedihkannya dirimu.. Andai kau tau, banyak orang diluar sana yg hidupnya jauh lebih menderita daripada kamu, tapi apa? Mereka tidak pernah putus asa, mereka justru berjuang untuk melawan keadaan yg mereka alami. Tidak sepertimu yg sekarang sungguh terlihat sangat menyedihkan haha, so aku harap kamu berpikir ulang. Ingat, hidup itu hanya sekali. Kamu mau pilih merubah jalan takdirmu atau akan tetap berada diujung rasa keputusasaanmu?? ” *sambil nepuk-nepuk bahunya*

  12. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Email: ayamurning@gmail.com

    I’m gonna say:

    Beneran nih yakin mau bunuh diri? Atau cuma gertak sambal? Mau pake cara apa? Terjun dari rooftop? Manjat menara sutet? Silet urat nadi? Minun baygon? Gantung diri? Hayok sini dicoba, ajak gue sekalian.

    Silakan lo bunuh diri, dengan syarat lo harus lihat dulu video orang bunuh diri berikut ini *sodorin youtube*. Biar lo bisa tahu kayak apa seremnya dan menyedihkannya orang yang lagi meregang nyawa yang tergeletak lemas di lantai atau tegantung di atap di hadapan lo sendiri.

    Lo mau kalo nasib lo jadi menyedihkan kayak gitu? Apa lo udah siap dengan semua pertanggungjawaban lo kepada Tuhan? Jangankan diadili, roh lu aja kagak diterima oleh langit dan bumi. Udeh mati sia-sia, nggak jelas pula nasib lu di alam baka bakal gimana. Rugi besar, bro!

    You need to heal, not to kill yourself. Dying won’t healing. Love is all you need, and I will help you to find it.

  13. Nama: Ratih Cahaya
    Twitter: @ratiihcahaya
    Link Share: https://twitter.com/ratiihcahaya/status/768675344224137216
    Domisili: Depok

    Apa yang akan aku katakan?

    “Aku juga sempet kepikiran pengen bunuh diri dulu. Tapi nggak jadi, nggak tau kenapa. Kayaknya karena aku inget, kalau bunuh diri nggak akan menyelesaikan masalah, deh. Soalnya aku masih percaya Tuhanku yang akan selalu membantuku dan nggak akan memberi cobaan yang tidak mampu kutanggung. Yah, kadang aku ngerasa capek juga sih, tapi mungkin itu tanda aku butuh isitrahat, bukan berarti mengakhiri hidup.”

  14. Nama : Putri Aprillia Nufus
    Twitter : @/myoongiest
    Link : https://mobile.twitter.com/myoongiest/status/768829673623072768?p=v
    Domisili : Bandarlampung

    Jawaban : Alangkah indahnya kalau kamu bisa memahami bahwa setiap inci ujian yang kamu alami adalah proses kamu untuk belajar menjadi pribadi yang lebih baik. Percayalah, Tuhan tidak akan memberikan ujian kepada hamba-Nya melebihi batas kemampuan hamba-Nya itu. Setiap masalah bisa diselesaikan apabila kita punya tekad kuat untuk menyelesaikannya. Bunuh diri bukan jalan terbaik. Bunuh diri itu sakit. Kalau kamu mencoba bunuh diri sama saja menambah kesakitan bagi kamu.

  15. Nama : Syarlaili Humairoh
    Twittwer : @elyhumairoh
    Link : https://twitter.com/elyhumairoh/status/768931661329248256
    Domisili : Mataram, NTB

    Jawaban : aku akan kasi tau dia, bahwa melakukan bunuh diri itu tidak baik, karena akan ada hal yang lebih baik yang dapat dilakukan dari pada bunuh diri, meyakinkan dia dan berbicara dengan hati-hati.
    karena setiap masalah itu nggak mesti dengan hal-hal yang kaya gitu terutama bunuh diri. bukankah setiap agama tidak menyukai hal tersebut.

    semoga aku beruntung 🙂

  16. Nama : Tri
    Twitter : @tewtri
    Link Share : https://mobile.twitter.com/tewtri/status/768946955284164608
    Domisili : Ciamis

    Mau bunuh diri? Bagus! Mungkin mati bakal bikin elo damai. Cepetanlah sebelum setan nguping dan ngerebut rencana brilliant elo itu. Matilah, elo suka sendirian kan? Sana mati, dan cobain gimana rasanya nggak ada yang bisa denger lagi teriakan elo, tangisan elo. Itu kan yang elo pingin? Kalau elo ngerasa sebegitu pentingnya, lakuin. Elo kira bakal ada yang nangisin elo? Doain elo? Buang-buang waktu tau nggak ngasihanin dan belain orang yang nggak mau lagi ngasihani dan belain dirinya sendiri. Repotlah elo sono bunuh diri, padahal mungkin besok Tuhan bakalan bantuin elo buat nyabut itu nyawa. Jangan sok percaya diri mau bunuh diri, belum tentu juga kan umur elo sepanjang jalan tol. Matilah, sono mati dan rasain gimana nanti elo bakalan pingin bunuh diri lagi di alam baka sana gara-gara ingin hidup lagi. Tapi, udah telat. Kematian cuma datang sekali, jadi matilah dengan jalan yang bener-bener hati elo setujui. Gue nggak larang elo buat bunuh diri. Cuman kalo nggak langsung mati jangan nyesel karena elo nggak pikirin kata-kata gue. Mati mending nah kalo cacat? Penyesalan itu jadwalnya selalu di akhir. Hati-hati aja, gue dukung elo apa pun itu.

  17. Nama : Fita
    Twitter : @fitania09
    Link : https://twitter.com/fitania09/status/769028796288761857?s=09
    Domisili : Malang

    Beneran mau bunuh diri? Uda siap nyemplung ke neraka dong berarti..ya uda gue sih titip salam aja sma malaikat penjaga neraka, bilangin ya ” salam dari gue..gitu aja, okay”….eh satu lagi aku lupa mau bilang ke elu hati-hati ya biasanya orang mati bunuh diri arwahnya gentayangan..jadi ntar kalo elu mau gentayangan pilih tempat yang asyik aja kaya cafe gitu apa semecamnya supaya elu gak miris-miris banget jadi arwah penasaran..kasian kalo uda penasaran terus kesepian bisa-bisa bunuh diri 2x…emm yg terakhir kalo mau bunuh diri sekarang pikir lagi deh!! Soalnya kalo keluarga elu mesti ngurusi jenazah orang bunuh diri apa mau? Yg ada mereka malu bahkan bisa-bisa ngebiarin jenazah elu tergeletak gitu aja…akhh tambah miris kan…uda bunuh diri ehh jenazah elu malah gak di kubur tp dimakan belatung & membusuk dg sendirinya….idihhh kalo gue ogah banget gitu..

  18. Bismillah…

    Nama : Deria Anggraini
    Twitter : @derxreads
    Domisili : Jakarta Pusat
    Link share : https://mobile.twitter.com/derxreads/status/769110439863128064?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C3662553157

    Jawaban :
    Palingan aku teriakin “Di luar sana banyak org mati2an buat bertahan hidup, tapi lo disini dikasi karunia utk hidup malah mau mati”. Tapi kalau misalnya kita pgn mencegah org itu utk tdk bunuh diri, kata2 aja menurutku nggak cukup. Mau dinasehatin gimana pun pasti susah karena hatinya udah ditutupin setan.

    Palingan aku suruh dia ibadah, suruh dia ngedeketin dirinya ama Tuhan biar dikasih pencerahan jiwanya. Atau nggak aku bacain ayat kursi ke air, trs airnya suruh diminum atau disembur kalo perlu, siapa tau bakalan sadar kalo bunuh diri itu dosa.

    Trs aku temenin mulu, karena org2 kayak gitu biasanya terbebani sama masalah yg nggak bisa diceritain ke org lain, atau mungkin dia takut cerita ke org lain karna takut dihakimi. Jadi aku temenin trs biar dia tau dia nggak hrs melalui semua itu sendirian. Dan biar aku bisa mencegah dia juga kalo dianya udh mulai ngelakuin hal yg berbahaya.

    Pokoknya org yg udah niat mau bunuh diri kurang mempan kalo dicegahnya cuma lewat kata2 aja.

  19. Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica
    Domisili: Bekasi
    Link share: https://twitter.com/She_Spica/status/769131690853740544

    Jika orang sampai berkeinginan bu uh diri, dia pasti sudah frustasi dgn kejam dan beratnya hidup yg dia jalani. Jika ada orang seperti itu di hadapanku, aku cuma mau bilang, “Bagaimana kalau kita tukeran kehidupan saja. Kamu mnjalani semua kehidupanku, dan aku mnjalani semua kehidupanmu. Dan lihat, kamu akan tahu dan merasakan sendiri bahwa hidupku tidak lebih mudah dari hidup yg kamu jalani, namun aku selalu bertahan karena bagaimanapun mash ada orang2 yg aku sayangi dan menyayangiku. Bahwa aku tahu masih ada orang2 di luar sana yang hidupnya lebih tak seberuntung aku dan mereka tidak menyerah untuk mengakhirinya begitu saja seperti kamu.”

    Mungkin begitu. Terima kasih 😊

  20. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/768695826851823616?p=v
    Domisili : Purwakarta

    “Apa yang akan kamu katakan pada orang yang mencoba bunuh diri?”

    Aku mau kasih pertanyaan” untuk mengalihkan pemikiran sementara dia sampai dirasa cukup aman. Setelah aman, aku akan beri pertanyaan mengenai apa yang akan ia lakukan.

    Seperti “Rumah kamu dimana?”, “ayah dan ibu kamu ada?”, “kamu mau ngapain? Bunuh diri?”, “terus kamu bahagia? Sementara ayah dan ibu kamu menangis menderita kehilangan anak yang mereka sayangin. Kalo kamu bahagia lakuin aja, toh kamu sama aja bahagia diatas penderitaan dan kesedihan orang-orang yang kamu sayang dan menyayangi kamu. Kamu ga peduli sama mereka kan?

    Kamu liat, disaat orang yang hidupnya diambang kematian masih berjuang untuk kembali hidup dan memperbaiki hidupnya, sedangkan kamu malah akan menyia-nyiakan hal tersebut. Kalo kamu masih melanjutkan silahkan, aku jamin hidup kamu ga akan bahagia setelah melakukan itu.

  21. Rafika Widyanasari/ @alisya_cahyani/ https://twitter.com/alisya_cahyani/status/769539042526593024? Kota Samarinda

    “Apa yang akan kamu katakan pada orang yang mencoba bunuh diri?”

    “Kenapa harus bunuh diri? Kamu tidak kuat menanggung beban hidupmu? Ada banyak cara untuk keluar dari setiap masalah. Kamu jangan stress. Stress membuat kamu menjadi seperti ini (Merasa tidak kuat hidup). Aku tahu masalah kamu berat. Tapi, bukan berarti masalah itu membuat diri kamu terbebani begitu berat. Rilekslah sebentar. Pejamkan matamu. Begitu banyak orang yg berjuang di sisa2 hidupnya. Sedangkan kamu, mencoba bunuh diri. Kamu akan mati sia-sia. Bisakah kamu bayangkan betapa pedihnya neraka? Tentu kamuu tidak bisa membayangkan”

  22. Yunika anwar
    @yunikaanwar1
    https://mobile.twitter.com/yunikaanwar1/status/769908700614004737?p=v
    Tangerang

    “apa yang akan kamu katakan pada orang yang mencoba bunuh diri?”

    “Bunuh diri itu dosa, neraka sekalipun gak mau nerima orang yg mati karena bunuh diri. jadi kalau mau bunuh diri silahkan yg penting gw udah ngasih tau kalau bunuh diri dosa. Satu lagi kalau masih niat mau bunuh diri juga jangan lupa sungkeman dulu sama ibu bapak supaya proses bunuh dirinya dimudahkan. :v “

  23. Nama: Leny
    Akun twitter: @Lynlainy17
    Link share: https://twitter.com/Lynlainy17/status/769867455095304192
    Domisili: Rantau, Kalimantan Selatan
    Jawaban: aku akan mencoba mencegahnya tapi dengan cara tidak langsung agar dia sadar dengan sendirinya kalau bunuh diri itu hal yang tidak baik dan tidak akan menyelesaikan masalah. Mungkin aku akan bilang gini, ”oh kamu mau bunuh diri? Ya udah bunuh diri aja, tapi sebelum kamu bunuh diri aku akan ngasih tau kamu dulu kalau bunuh diri itu dosa dan kamu akan langsung masuk neraka, kamu nggak mau kan masuk neraka? Kalau nggak mau mending kamu urungkan deh niatmu itu daripada kamu mati sia-sia dan masuk neraka”. Setelah itu aku akan kembalikan keputusannya itu ke dirinya sendiri dan terserah dia. Tapi aku sangat berharap dia sadar dan mengurungkan niat bunuh dirinya itu.

  24. Nama : Silvy Rianingrum
    Akun Twitter : @berryfledge
    Link Share : https://twitter.com/berryfledge/status/769892944119607300
    Domisili : Bekasi<3

    Sometimes, they don't need words. They need caring, love and hug. It so hard to tell or support them by words. But since that is the question, so my answer would be :

    "Why should you try to suicide? Why should you hurt yourself? Why should you give up on life? Life is hard, depressing, tiring, I know it. Life is though, but so are you. You don't have to feel you're left out or you have no one. How can people, how can I help you if you don't try to be open up? How can you feel that no body cares? I do. You have to believe, to understand that I'm here to help you. I'm not gonna leave you, even everybody does. I'll stay with you. This is not a lie. You don't have to be afraid that I'm gonna leave you in the end. Because that won't happen. Help me to help you. God gives you a lot of chances, a lot of blessings. Open your eyes, open your heart. Life is beautiful. You're never alone. God is beside you, so am I. Now, please, forget all those useless thoughts. Grab my hand and I'll be in your side. Help me to help you. You're worth having another thousand years to live your life. I'll stand by you."

    Sebenarnya, ketakutan orang-orang yang ingin bunuh diri atau melakukan self-harm adalah kehidupan. Mereka selalu merasa sendiri dan engga ada yang mengerti. Tapi, sebenarnya banyak yang peduli. Mereka hanya engga mau terbuka dan percaya bahwa seseorang atau bahkan orang-orang peduli karena mereka takut orang-orang yang bilang peduli akan pergi untuk kesekian kalinya. Aku benar-benar engga bisa bujuk mereka dari kata-kata. Mereka lebih butuh support dari kehadiran dan kita yang engga pernah absen untuk menguatkan. Mereka butuh sesuatu yang nyata. Kadang, kata-kata hanya bisa membuat mereka jauh lebih ingin mengakhiri hidup.

    Wah, jawabanku panjang xD Maaf yaa Kak. Maaf juga aku jawabnya pakai Bahasa Inggris. Itu karena orang barat atau asing lebih sering mengalaminya. Kalau kata guru sejarahku, mereka mengalami kekosongan jiwa dan kurangnya memahami spiritual. Oke, sekian dari aku. Makasih^^

tinggalkan catatan....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s