Event · Random

[Spring2You] Dua Tahun Bersama Spring

review-days

Sampai juga di hari ke-3 Review Days of Spring di Melukis Bianglala. Yay!

Saya merasa sangat-sangat-sangat senang menjadi salah satu blogger yang dipilih untuk memeriahkan ulang tahun Spring yang ke-2 ini. Secara, sejak Spring mengeluarkan buku yang pertama, saya itu seperti menemukan belahan hati. *eaaa* Bagaimana tidak jika buku pertama yang diterbitkan Spring itu Fangirl karya Rainbow Rowell!

Oke, mari kita mulai pelan-pelan. Dua tahun lalu, di bulan November, Penerbit Spring lahir di jagad literasi Indonesia. Penerbit ini mendeklarasikan sebagai penerbit buku-buku terjemahan dari barat, melengkapi buku-buku terjemahan timur yang sudah dihasilkan kakanya, Haru.

Begitu Spring keluar, sejujurnya saya sedikit skeptis. Habis sudah banyak penerbit-penerbit besar yang menerbitkan novel-novel terjemahan barat, kan? Bagaimana caranya Spring yang masih unyu ini bisa bersaing?

Namun, segalanya berubah ketika negara api menyerang Spring mengumumkan novel perdana mereka, Fangirl. Seperti yang saya bilang sebelumnya, saat mengetahui hal itu saya langsung jatuh cinta pada Spring dan bertekad mendukung Spring sepenuh jiwa-raga. x)

Fangirl dan Novel-Novel Rainbow Rowell

Fangirl terbit pada November 2014. Di tahun itu pulalah saya kenal sang penulis, Rainbow Rowell. Sebelum Fangirl diterbitkan Spring, saya sudah membaca dua novel karya penulis, Fangirl dan Eleanor & Park. Kedua novel itu sukses membuat saya jatuh cinta dan menanti-nanti karya terbaru penulis.

Jadi, merupakan sebuah kejutan ketika saya tahu ada sebuah penerbit yang akan menerbitkan karya Rainbow Rowell. Di tambah lagi, Spring menerbitkan Attachment pada Desember 2015 dan Landline pada April 2016 silam.

Sebagai seorang penggemar tulisan Rowell, mana mungkin saya tidak bahagia ketika tahu sebuah penerbit akan menerjemahkan karyanya berturut-turut begini?

Catatan:

  • Fangirl cocok bagi kamu yang suka YA, terlebih akrab dengan istilah fangirl dan fanfiksi. (Kamu bisa baca review Fangirl saya di sini.)
  • Attachment bakal cocok dibaca kamu pecinta novel romance yang maniiiis.
  • Kalau Landline, berhubung saya belum baca, jadi nggak bisa merekomendasikan dengan yakin nih. XD

Jenny Han, Pilihan Spring yang Membuat Penasaran

Namun, sebelum saya bahagia mengetahui soal Attachment, Spring terlebih dahulu mengumumkan akan menerbitkan novel karya Jenny Han berjudul To All The Boys I’ve Loved Before.

Sounds familiar? Not at all.

Sebelum novel ini berencana diterbitkan Spring pada April 2015 silam, saya belum pernah mendengarnya sama sekali. Namun, berhubung Spring terasa seperti soulmate sejak menerbitkan Fangirl, saya bertekad untuk membaca novel ini lagi. Saat itu saya cukup yakin bahwa saya satu selera dengan Spring (dan siapapun di balik Spring yang memilih buku-buku tersebut).

Dan ternyata saya tidak menyesal! Saya langsung jatuh cinta pada novel Jenny Han tersebut. Novel yang ternyata berseri ini tidak membuat saya penasaran lama karena empat bulan kemudian, pada September 2015, Spring menerbitkan kelanjutannya, P.S. I Still Love You. Seri ini kabarnya bakal punya novel ketiga, apakah Spring bakal menerbitkannya lagi? Mari menanti!

Catatan:
Kamu WAJIB membaca karangan Jenny Han ini jika mengaku pecinta YA kontemporer. Juga kamu yang menyukai cerita romance remaja lengkap dengan kisah keluarga. (Kamu bisa baca review saya buat TATBILB di sini dan PSISLY di sini.)

Era Lunar Chronicles

Pada akhir 2015, saya sedang membaca sebuah seri fantasi karya Marissa Meyer dan saya menyukai seri itu. Sayangnya belum ada edisi terjemahannya. Namun, tak lama kemudian, saya mendengar kabar bahwa Spring akan menerbitkan Lunar Chronicles dan saya langsung jumpalitan!

WOHOO! Nggak nyangka banget ada yang mendengar kata hati (?) saya dan menerjemahkan seri fantasi retelling dongeng ini! Saat mendengar kabar dari Spring ini saya langsung merasa semakin dan semakin cocok sama Spring!

Seri ini terdiri dari Cinder (terbit Januari 2016), Scarlet (Februari 2016), Cress (Mei 2016), dan yang terbaru Winter (Agustus 2016). Sampai detik ini, hype seri ini masih terasa di kalangan pembaca novel YA.

Catatan:
Novel ini bacaan HARUS dan WAJIB buat pecinta genre fantasi, romance, YA, dan fairytale. Seri Marissa Meyer ini berhasil memadukan semua unsur tersebut menjadi jalinan cerita yang asik, menegangkan, penuh cinta, sekaligus terasa akrab bagi pembaca dongeng.

Nah, itulah novel-novel yang sudah diterbitkan salah satu penerbit kesayangan saya, Spring, yang akan berusia dua tahun dalam waktu dekat.

Harapan saya pribadi di usia kedua Spring ini satu: semoga saya bisa segera melengkapi koleksi buku Spring yang saya punya. Habis, meski mengakuΒ soulmate Spring, koleksi saya cuma lima. Saya sama sekali belum punya seriΒ Lunar Chronicles,Β hiks. Mungkin ada yang mau beliin saya? πŸ˜›

koleksi-buku-spring-melukis-bianglala
Koleksi buku Spring saya. Minus dua buku Rainbow Rowell yang lain sedang dipinjam.

Spring (dan keluarganya) berhasil terasa dekat dengan pembaca dengan keaktifan di media sosialnya. Kamu harus coba bercakap-cakap dengan adminnya yang super ramah. Juga dengan kru Spring lainnya yang selalu dermawan membagikan buku gratis. :*

Kamu bisa colek Spring di:

Selain bisa ngobrol ngalor-ngidul dengan Spring, kamu juga bakal dapat banyak informasi seputar buku-buku baru Spring dan kuis berhadiah buku atau merchendaise dari penerbit ini. πŸ˜€

Nah, sebagai penutup, saya bakal membagikan sepotong puzzle untuk dikumpulkan. Info lengkap sial pengumpulan puzzle Spring2You ini bisa kamu cari di medsos Spring, ya.

potongan-puzzle-3

Terakhir:

SELAMAT ULANG TAHUN SPRING SAYANG! JAYA TERUS YAAAA!

2 thoughts on “[Spring2You] Dua Tahun Bersama Spring

tinggalkan catatan....

