Blog Tour · Wawancara

[Blogtour TYPO] Tanya Christian Simamora


banner

Yuhu! Selamat datang di Melukis Bianglala. Seperti host blogtour yang lain, posting-an pertama ini bakal berisi wawancara singkat saya dengan Bang Ino. Sedikit deg-degan juga karena ini blogtour pertama saya dengan Twigora, but I’m pretty excited.

Blogtour kali ini bekerja sama dengan Twigora untuk buku baru seri #jboyfriend Bang Christian Simamora, Typo.

Halo, Bang! Senang banget saya dikasih kesempatan buat wawancara singkat ini. Semoga Abang nggak kalah senang. Nah, jadi, saya habis ngepo seri #jboyfriend Abang, lalu saya sadar bahwa tebalnya selalu di atas 400 halaman. Padahal novel-novel lain karya Abang nggak semua setebal itu. Jadi, saya penasaran, kenapa hanya #jboyfriend yang tebal? Nggak sengaja? Atau memang Abang susah berhenti kalau udah nulis tentang #jboyfriend?

Kecuali novel kolaborasi dan single title (baca: Meet Lame), semua novel Abang yang untuk pembaca dewasa halamannya tebal-tebal kok. Nggak ada unsur kesengajaan. Pembaca dewasa menyukai cerita yang lebih kompleks, backstory dan setting yang detail, makanya kebanyakan novel romance untuk target ini pun mayoritas tebal-tebal. (Wah, iya juga sih ya Bang. Typo sepanjang ini aja saya masih penasaran sama masa lalu Josh-Mai. XD)

Setiap bab awal pembuka, Abang selalu memberikan “Word of The Day” yang jelas banget menambah kosakata baru. Dari mana sih Abang dapat kata-kata asing nan ajaib itu?

Asing? Nggak juga kali! Word of the day berasal dari kosakata berbagai negara atau kata-kata berbahasa Inggris yang entah sudah jarang dipakai atau populer di era tertentu.

Apakah Abang pernah teringat karakter di novel-novel #jboyfriend sebelumnya ketika menulis “Typo”? Selain itu, gimana cara abang membuat karakter-karakter #jboyfriend ini beda satu sama lain, selain tentu saja namanya, supaya pembaca bisa jatuh cinta lagi sama karakter #jboyfriend?

Bayangkan dirimu sebagai juru tulis. Biarkan karakter-karakter yang sudah kamu rancang bergerak sesuai dengan jalan cerita, dan kamu tinggal menuliskan ulang apa yang terjadi. Selama ini, itulah yang Abang lakukan saat mengerjakan novel-novel #jboyfriend. *catat*

Terus saya penasaran nih, Bang. Di antara semua novel yang pernah Abang tulis, seri atau stand alone, ada nggak yang bikin Abang susah move on begitu sudah selesai ditulis? Kalau ada, ceritain sedikit alasannya dong, Bang.

Yang bikin susah move on kayaknya sih nggak. Tapi novel #jboyfriend dengan kesulitan tinggi, paling nggak menurut Abang, adalah Good Fight dan Marry Now, Sorry Later. Abang butuh waktu sedikit lebih lama untuk menyelami isi pikiran karakter cowok di kedua novel tersebut. (Berhubung sudah baca MNSL, jadi penasaran sama karakter #jboyfriend di Good Fight karena jawaban ini.)

Pertanyaan terakhir nih, Bang. Apakah seri #jboyfriend ini ada akhirnya? Kan biasanya kata “seri” identik sama tamat, Bang.

Kenapa harus ada akhirnya? Kan dari dulu Abang selalu bilang, #jboyfriend adalah open series. Dan tanpa harus membaca semuanya pun, kamu tetap bisa kok menikmatinya. (Berita bagus buat pecinta #jboyfriend nih! Mari menantikan karakter #jboyfriend terbaru dari Bang Ino bersama.)


Tentang Chistian Simamora

foto bang inoBerzodiak Gemini, kelahiran 9 Juni 1983. Mencintai genre romance baik sebagai penulis maupun pembaca. Dark chocolate adalah tipe cokelat batangan favoritnya.

Sejak tahun 2006, memutuskan untuk menekuni genre romance untuk pembaca dewasa. Seri #jboyfriend yang sudah terbit: Pillow Talk (Jo), Good Fight (Jet), With You (Jere), All You Can Eat (Jandro), Guilty Pleasure (Julien), Come On Over (Jermaine), As Seen On TV (Javi), dan Marry Now, Sorry Later (Jao). Pada tahun 2015, dia merilis seri kedua yang diberi nama #vimanasingles. Tiger On My Bed adalah buku pertama di seri itu.

TYPO (Josh) adalah novel ketujuhbelasnya.

Fanpage (Facebook): http://www.facebook.com/ChristianSimamoraAuthor
Instagram: @XSIMAMORA
Twitter: @09061983
E-mail: ino_innocent@yahoo.com


Yak, sekian sesi pertanyaan di Melukis Bianglala. Kalau masih ada hal-hal yang bikin kamu penasaran, sila cek host lain.

16 September: Athaya Irfan
18 September: Luckty Giyan Sukarno
20 September: Nina Ridyananda
22 September: Destinugrainy
24 September: Oktabri Erwandra
26 September: Aya Murning
28 September: WardahtuljannahKamu di sini!
30 September: Sri Sulistyowati
2 Oktober: Shen Meileng
4 Oktober: Asri Rahayu MS

Habis ini, jangan lupa tetap pantengin Melukis Bianglala, karena bakal ada review dan giveaway Typo! Tagline-nya keren lho! Kita adalah janji yang ditakdirkan untuk diingkari. πŸ˜€

a

Advertisements

21 thoughts on “[Blogtour TYPO] Tanya Christian Simamora

  1. “Word of the Day” itu semacam quote ya kak??aduh maklum saya belum pernah baca karya bang ino,makanya saya semangat banget ikutan blogtour GA Typo ini.
    Sebagai pembaca yg awam saya juga lebih suka novel yg tebal karena ngga cepet kelar jadinya,dan untuk ke ending banyak alur yg harus diikuti suka kebawa hanyut oleh ceritanya.

  2. Aku jadi penasaran sama semua seri #jboybfriend. Meet Lame udah baca sih tapi yang laen laen belum 😦

  3. Saya merasa tertantang untuk membaca buku ini. Sebab jumlah halamannya yang menurut saya super tebal. Selama ini saya aja selalu menghindari buku dengan jumlah halaman lebih dari 300 halaman. Capek soalnya. Tapi saya merasa tertantang dengan buku ini, biar goal! πŸ™‚

    Dan jujur saya bingung untuk membandingkan dengan buku lainnya, soalnya belum pernah baca karya Bang Ino. Pernah mau baca yang All You Can Eat, tapi nyerah lantaran banyak kalimat bahasa inggris yang bertebaran. Apakah di buku ini juga masih banyak kalimat bahasa inggrisnya?

    1. Bahasa Inggrisnya banyak juga, tapi nggak sebanyak karya yang sebelumnya. Dan lebih ramah buat pembaca yang belum kenal gaya nulis Bang Ino πŸ™‚

  4. Untung ya #JBoyFriend ini adalah open series, jadi gaperlu baca sembilan bukunya untuk bisa menikmati ceritanya. Dan yaa, dari kedelapan buku(yang sudah terbit lebih dulu), saya belum baca satupun. Semoga suatu saat saya bisa menikmati Typo.~

  5. “Bayangkan dirimu sebagai juru tulis. Biarkan karakter-karakter yang sudah kamu rancang bergerak sesuai dengan jalan cerita, dan kamu tinggal menuliskan ulang apa yang terjadi. Selama ini, itulah yang Abang lakukan saat mengerjakan novel-novel #jboyfriend. *catat* ”

    Selalu suka niy sesi tanya-tanya sama Bang Ino, selalu ada ilmu + inspirasi baru.

  6. masih tak habis pikir darimana ya abang dapat ide pertama kali ketika memutuskan memberi judul Typo pada novel ini? seperti tak ada kaitan antara isi dan judulnya bang.

  7. Wah keren nih!!! jujur novel Typo sukses membuat aku penasaran banget dengan isi ceritanya. Walaupun aku belum pernah baca novel-novel bang ino lainnya, tapi ntah mengapa ini spesial banget buat aku, apalagi didalamnya membahas coklat :$ kisah cinta yang didasari kesalahan hati.

  8. Walah makin dibuat mupeng dgn karya-nya abang Ino yg lain apalagi dengan seri #Jboyfriend ^-^

    bs berjodoh dgn Typo ini aja udah bersyukur banget..
    Semoga berjodoh ^-^

    Amin

  9. Novelnya bang cristian memang selalu punya halaman yang banyak ya..
    Dan buatku itu gak masalah, malah jadi makin tertarik buat baca lembar-lembar berikutnya.
    Semoga aku juga bisa buka lembar perlembar halaman novel TY-PO abang yang satu ini yakkk..

  10. Aku suka sebel sama novel seri. Pengin aja rasanya ngoleksi semuanya! Karena satu tema, bisa dinikmati terpisah, pasti ada sesuatu yang unik dan jadi pembeda. J boyfriend ini jadi salah satu seri favorit. Penasaran J mana lagi yang akan memikatku? Hihii

tinggalkan catatan....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s