Perfect Purple – Indah Hanaco

Judul: Perfect Purple
Penulis: Indah Hanaco
Penerbit: Pastel Books
Tebal: 196 halaman

Brlurb:

Gadis keras kepala ini bernama Milly. Dia menyukai ungu. Dan tahu apa yang dia inginkan. Masuk jurusan pilihan ibunya bukanlah keinginannya. Sementara itu berkampanye menyelamatkan paus minke adalah keinginannya. Apapun risikonya.

Milly lantas mengarungi kapal berwarna ungu, berlayar menuju kutub selatan yang tampak keunguan dari kejauhan. Dia akan berupaya menyelamatkan paus dari perburuan. mengenal orang-orang yang mendedikasikan nyawanya demi lingkungan. Dan, membenci mereka yang mengeruk sumber daya alam demi uang.

Namun, meskipun keras kepala sebetulnya keinginan Milly terus berubah. Mungkin suatu hari dia akan berhenti, dan kembali menjadi gadis biasa dari pematang siantar. Namun Milly bertemu laki-laki yang mengubah hidupnya di atas kapal. Mengajarkannya deburan menyenangkan selain ombak dan keindahan warna ungu.

Review

Saya tertarik baca novel ini karena mengangkat isu penyelamatan paus. Dalam novel ini sendiri, porsi penyelamatanannya banyak, dekat, dan terasa nyata. Pembaca benar-benar akan disuguhi kondisi para penyelamat paus yang bertahan hidup di tengah samudera. Lengkap dengan aneka kesibukan mereka, kondisi soal perburuan paus, dan lain-lain. Good job buat pengarang!

Karakter Milly sendiri sebagai pemula di dunia aktivis penyelamat paus pun terasa pas. Dia berhasil mebuat pembaca yang awam soal perburuan paus menjadi sadar dan terbuka dan ikut bersimpati pada nasib para paus. Milly pun seperti pembaca kebanyakan, pasti tidak tahu banyak soal perburuan paus dan kondisi paus di dunia yang menyedihkan. Lewat Milly, pembaca akan diajak berkenalan dengan kondisi yang ada. Pembaca juga akan mengetahui lebih banyak soal gambaran sebenarnya bagaimana aktivis penyelamat paus ini beraksi.

Sayangnya hanya, tidak ada chemistry antara Milly dan Neal. Neal adalah orang yang datang ke kota kecil Milly dan membuat gadis itu tertarik bergabung menjadi aktivis. Selayaknya novel populer, tentu saja ada kisah cinta. Dalam Perfect Purple, kisah cintanya antara Milly dan Neal. Sayangnya, seperti yang saya bilang di awal, hubungan mereka terasa dipaksakan. Belum lagi saya pikir Neal itu jarak usianya cukup jauh ama Milly, mungkin 10 tahun? Ntahlah nggak terlalu jelas dibilang umur Neal berapa, cuma yang jelas itu hubungan mereka dipaksakan. Penulis tidak berhasil membuat chemistry yang bagus antara kedua orang ini.

Satu lagi yang menyayangkan adalah kondisi Sinead Purple (kapal para aktivis penyelamat itu) yang… kok drama banget ya? Aktivis lingkungan juga manusia, saya tahu, tapi Deboran itu… Kelewatan drama buat seseorang yang bisa survive di tengah laut tanpa apa apa selama berbulan-bulan.

Terlepas dari itu semua, novel ini merupakan bacaan yang menyenangkan dan menyentuh hati. Sedih pas baca deskripsi perburuan pausnya. Saya yakin kamu juga bakal terenyuh ketika membaca deskripsi bagaimana para paus diburu, ditembaki, di…. duh saya nggak sanggup menceritakannya. 😦

Selamat membaca!

Advertisements

One thought on “Perfect Purple – Indah Hanaco

tinggalkan catatan....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s