Blog Tour · Drama · Elex Media Komputindo · Giveaway · Realistic Fiction · Resensi · Romance

[Blogtour Reuni] Review REUNI + GIVEAWAY

reuni-tiga-hati-tiga-rasa-satu-cinta

Judul: Reuni
Penulis: Joe Andrianus, Brigida Alexandra Marcella, Hally Ahmad
Penyunting: M. L. Anindya Larasati
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tebal:
250 halaman

“Bagaimana kamu ingin melanjutkan hidupmu kalau kamu belum menyelesaikan apa yang telah terjadi di belakangmu?” (h. 6)

Reuni bercerita tentang tiga orang sahabat yang tidak lagi berhubungan selama 12 tahun, Gita, Arsha, dan Ivanka. Sesuatu telah menghancurkan persahabatan mereka dan 12 tahun berlalu tanpa ada perubahan di hubungan yang telah retak itu. Hingga undangan reuni SMA sampai kepada mereka. Undangan yang membuat ketiga sahabat itu akhirnya kembali bertemu.

Apa yang akan terjadi pada persahabatan Gita, Arsha, dan Ivanka? Apakah kisah di masa lalu akhirnya bisa terselesaikan dalam hubungan mereka ataukah… keretakkan itu semakin besar?

Tiga Sudut Pandang

Reuni ditulis oleh tiga orang, yang seperti ketiga tokohnya, bersahabat. Mereka adalah Joe Andrianus, Brigida Alexandra Marcella, dan Hally Ahmad. Menulis seorang diri saja sudah penuh tantangan, apalagi ketika sebuah buku ditulis oleh lebih dari satu orang, kan? Cerita lebih jauh soal keseruan ketiga penulis kita bisa dibaca di sini. Saya salut pada ketiga penulis yang berhasil menuliskan sebuah novel yang padu!

Nah, di Reuni ini pembaca akan diberikan tiga kisah dari sisi yang berbeda. Pertama adalah kisah dari sisi Gita. Cerita dari Gita ini benar-benar sebuah pembuka. Ringan, mengalir, sekaligus menimbulkan tanya demi tanya. Cerita selanjutnya adalah dari sudut Arsha. Pada cerita Arsha, pembaca akan dibeberkan lebih banyak kejadian di masa lalu tiga sekawan kita ini yang menyebabkan persahabatan mereka retak. Sudut terakhir diceritakan oleh Ivanka. Pada bagian Ivanka inilah banyak kejutan-kejutan atas pertanyaan yang terbersit semenjak membaca Reuni.

Terakhir, Reuni ditutup oleh ketiga tokoh kita secara bergantian. Porsi cerita masing-masing tokoh terasa pas juga sehingga Reuni berhasil tersusun rapi.

Isu-Isu Sensitif

Pada awalnya, saya pikri novel ini hanya akan mengulik tentang persahabatan. Saya dibuat sangat penasaran dengan kejadian yang membuat hubungan persahabatan Gita, Arsha, dan Ivanka yang retak. Meski pada cerita Gita saya mendapatkan alasan keretakan itu, tetapi masih ada yang kurang. Masih ada yang mengganjal.

“Bukankah hidup terlalu singkat untuk dipenuhi amarah yang tak berkesudahan?” (h.42)

Namun, begitu saya membaca Reuni lebih jauh, saya tersadar bahwa novel ini tidak cuma tentang persahabatan dan cinta. Ada isu-isu sensitif yang diangkat dalam novel ini. Tokoh-tokoh kita memiliki masa lalu yang rumit. Tokoh-tokoh kita mengalami hal-hal yang terasa tabu, pelecehan seksual, perselingkuhan, isu gender, bahkan masalah politik.

“Nak, wilayah ini adalah wilayah kotor dan dipenuhi orang-orang yang oportunis, tapi saat kita ingin mengubah itu, kita hars berani tampil memimpinnya.” (h. 165)

Isu yang banyak ini membuat Reuni terasa kaya, sekaligus penuh. Ada porsi cerita yang terasa kurang karena saya tahu terbatas halaman. Terlebih dengan tiga karakter yang harus dikembangkan bersamaan. Ada hal-hal yang tidak sempat diselesaikan dengan gamblang oleh penulis, misal tentang ayah Arsha atau kehidupan cinta Ivanka.

Terakhir

Selain itu, pada bagian Gita, saya mendapati cerita ditulis dengan sudut aku dan kamu, tapi kemudian kamu berubah menjadi dia (h. 43-44). Selain itu, saya tidak menemukan kesalahan berarti lagi dalam novel ini.

Terlepas dari semua hal itu, Reuni merupakan bacaan yang penuh. Cerita utamanya sendiri cukup ringan. Gaya menulisnya juga asik. Cuma ada banyak hal yang diangkat dan bisa direnungkan oleh pembaca. Hal-hal yang terasa tabu dan sensitif, tapi sebenarnya ada di sekitar kita.

Memang paling sehat utuk menertawakan kesedihan. Tanda jika kewarasan masih tersisa untuk terus bertahan. (h. 132)

Sebuah buku tentang persahabatan, cinta, dan masa lalu yang patut dibaca!

The question you think you have, probably isn’t the real question you need to answer.” (h. 87)

“Yang menyedihkan itu jika kamu tidak melangkah ke luar dari masa lalumu, Gita.” (h. 215)

Selamat membaca!


blogtour-reuni

GIVEAWAY

Selamat datang di minggu pertama blogtour Reuni! Yay!

Pada kesempatan ini kamu bisa membawa pulang satu novel Reuni untukmu! Dan … apa kamu melihat pembatas unyu pada foto buku di atas? Itu bukan cuma properti foto aja lho. Pada kesemapatan blogtour pertama ini, selain bisa mendapatkan Reuni, kamu juga bakal mendapatkan pembatas cantik itu lho! Yey!

Sebelumnya, pastikan kamu telah memenuhi persyaratan berikut:

  1. Follow twitter penulis @brigidalexandra dan penerbit @elexmedia
  2. Bagikan informasi giveaway ini di twitter dengan tagar #blogtourReuni beserta tautan posting-an ini dan mention @missfiore_ serta salah satu penulisnya @brigidalexandraย 
  3. Tinggalkan komentar pada posting-an pertama [Blogtour Reuni] Tanya Penulis ini
  4. Tinggalkan komentar pada tulisan ini berupa nama, domisili, link berbagi, dan jawaban atas pertanyaan:

    “Jika kamu punya kesempatan untuk bertanya pada penulis novel Reuni, pertanyaan apa yang akan kamu tanyakan? Kenapa?”

  5. Giveaway ini berlangsung sejak Senin, 14 November sampai Minggu, 20 November. Jawaban ditunggu paling lambat pukul 24.00.
  6. Berdoa yang kencang!

UPDATE PEMENANG

Selamat kepada: Rohaenah (@rohaenah1)

Pemenang bakal dihubungi langsung oleh saya. Buat yang belum beruntung, kamu bisa ikutin keseruan #blogtourReuni ini di blog selanjutnya, ya! ๐Ÿ˜€

Advertisements

25 thoughts on “[Blogtour Reuni] Review REUNI + GIVEAWAY

  1. Nama: Hapudin
    Domisili: Cirebon
    Link share: https://twitter.com/adindilla/status/798175718471442432

    Pertanyaan:
    Bagaimana membuat karakter yang kelihatan baik tapi sebenarnya mempunyai masalah? Seperti api dalam sekam.

    Pertanyaan ini menjadi pertanyaan besar sebab banyak buku yang saya baca dan penulis hebat sekali membentuk karakter yang dimainkan. Seperti Tuhan, memainkan karakter untuk tujuan tertentu. Pertanyaan ini juga pasti banyak ditanyakan blogger seperti saya yang masih menata niat suatu saat bisa menulis buku juga, utamanya novel.

  2. Nama : Humaira
    Domisili : Purwakarta
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/798172054558126080?p=v

    โ€œJika kamu punya kesempatan untuk bertanya pada penulis novel Reuni, pertanyaan apa yang akan kamu tanyakan? Kenapa?โ€

    Apa yang pertama kali terbayangkan oleh masing-masing penulis saat mendengar kata Reuni? Dan apa saja yang akan dilakukan masing-masing penulis jika saat Reuni-an bertemu dengan musuh dan cinta pertama (atau orang yang disukai tapi tak bersama dan ternyata perasaan itu masih ada sampai saat ini) ?

    *maaf kalo pertanyaannya membingungkan, makasih ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

  3. Fira lagi di Yogya

    karena belum baca novelnya, tanya apa yaaa?
    tanya ini aja ya:
    apa yang membuat kalian yakin dan merasa bahwa novel Reuni ini harus diselesaikan selain itu karena memang sudah kesepakatan bersama? Bahkan saya baca di interview (dg Wardah) Mbak Brigida sampai memutuskan resign, apa sih ciri khas/ kelebihan novel ini?

  4. nama: Aulia
    domisili: Serang
    link berbagi: https://twitter.com/nunaalia/status/798424093649473536

    โ€œJika kamu punya kesempatan untuk bertanya pada penulis novel Reuni, pertanyaan apa yang akan kamu tanyakan? Kenapa?โ€

    Menurut kakak bertiga, unsur apa saja yg harus ada dalam suatu cerita, khususnya novel, untuk membuat cerita yg dihasilkan menjadi menarik, membuat pembaca tetap betah membaca sampai akhir, dan memberikan kesan mendalam untuk pembaca?

    Aku selalu kepo dan penasaran dengan ilmu, info, tips & trik, juga pengalaman dari para penulis, karena bisa menjadi motivasi dan inspirasi utk merealisasikan keinginanku utk menulis karyaku sendiri juga. ๐Ÿ˜€

  5. Nama: Haula Taqya
    Domisili: Metro, Lampung
    Link berbagi: https://twitter.com/Taqya1999/status/798452192415879168
    Jawaban:
    Chapter mana yang paling susah ditulis dari novel Reuni? Dan kenapa? Terakhir bagaimana cara penulis akhirnya bisa menyelesaikan chapter itu?

    Alasan menanyakan: karena review dan quotes yg dikutip dari novel Reuni menyentil, jadi saya penasaran bagian mana yg paling susah dari novel Reuni.

  6. Halo @missfiore_,

    Ijinkan saya ikut GA-nya ya ๐Ÿ™‚ hehehe

    Nama: Fella
    Domisili: Gading Serpong
    Link: https://twitter.com/fla_rose09/status/798477117520416768
    Pertanyaan:
    Bagaimana cara penulis mengembangkan 3 karakter sekaligus beserta sudut pandangnya dan menerapkan porsi yang sesuai pada ketiganya?
    (Saya sangat menggemari buku dengan lebih dari 1 sudut pandang tokoh utama, oleh karena itu saya sangat excited untuk tahu bagaimana prosesnya).
    Secara personal, tokoh yang mana yang menjadi favorit penulis, atau yang paling penulis nikmati prosesnya dalam penulisan sudut pandang tokoh tersebut?
    (Well, pasti ada dong bagian yang paling dinikmati ketika dituangkan dalam tulisan, hehehe, penasaran saja, saya ingin tahu pendapat penulis tentang tokoh tersebut).
    Pertanyaan terakhir, Bagaimana pembagian dalam penulisan buku ini? Saya lihat ada 3 penulis yang terlibat. Apakah masing-masing penulis mengembangkan 1 tokoh yang kemudian digabungkan atau bagaimana?
    (Lagi-lagi karena saya penasaran dengan prosesnya. Saya sendiri punya impian (dan pernah mencoba) menulis cerita dari 2 sudut pandang tokoh utama, dengan saya membuat 1 tokoh dan teman saya 1 tokoh lagi, lalu kami gabungkan. Rasanya seru sekali. Jadi, saya penasaran dengan proses dari buku ini , 3 sudut pandang!)

    Mohon maaf banyak sekali pertanyaan saya, karena saya sangat excited dengan penulisan dari 3 sudut pandang ini. Baca review dan sinopsisnya saja membuat saya tak sabar membaca buku tersebut.

    Terima kasih,
    Fella.

  7. Tri Indah Permatasari
    Palembang
    https://mobile.twitter.com/LiebeIs0503/status/798502883968720897?p=v

    Setelah melihat (membaca) betapa besarnya pengorbanan kalian (para penulis) demi menamatkan cerita Reuni ini (ambil tisu)…saya ingin bertanya?

    “Adakah niatan dari pribadi kakak masing-masing buat reunian atau mengadakan acara syukuran untuk merayakan kesuksesan kalian yang akhirnya bisa menghantarkan cerita ke penerbit hingga bisa dinikmati jutaan pembaca (amin)?”

    Kenapa pertanyaan itu yang saya lontarkan? Karena…ya, meskipun sebenarnya cerita ini telah lama usai hanya baru sekarang terbitnya saya yakin banyak kenangan atau suka-duka yang ingin kalian bagi bersama, meluangkan waktu sejenak dari rutinitas yang kembali menghantui setiap waktunya. Aku tahu kalian membutuhkan itu, kan? (Harus!) Siapa tahu dari reunian nanti kambali tercetus ide-ide menarik lainnya buat project berikutnya ^^

  8. Nama : Maretta Laila
    Domisili : Malang
    Link : https://twitter.com/Marrmaretaa/status/798802195504214017
    โ€œJika kamu punya kesempatan untuk bertanya pada penulis novel Reuni, pertanyaan apa yang akan kamu tanyakan? Kenapa?โ€
    kalau misalnya ada kesempatan untuk bertanya aku mau tanya sama penulis Reuni, setelah kakak2 menyelesaikan buku ini dgn segala kerumitannya , ada rencana buat menulis buku lagi gak? heheee . makasiii

  9. Nama: Rinita
    Link berbagi:
    https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/799022356198887424?p=v
    Twitter: @Rinitavyy
    Domisili: Jatim
    Q: โ€œJika kamu punya kesempatan untuk bertanya pada penulis novel Reuni, pertanyaan apa yang akan kamu tanyakan? Kenapa?โ€
    A: Banyak ha yg masih buat aku penasaran. Jika di bolehkan, list pertanyaanku adalah:
    1: Kenapa penulis menulis cerita ini?
    ada alasan tertentu kah?
    2. Apakah kisah “Reuni! ini memiliki versi kisah nyata yg di bukukan, atau kisah pribadi penulis atau paling tidak, apakah ada kisah di setiap partnya pernah terjadi di dunia nyata?
    Atau memang benar2 fiksi, yg tersalur dari ide penulis?
    3. Apa motifasi penulis membuat novel dengan tema dan judul Reuni?
    4. Adakah pesan yg ingin di sampaikan penulis lewat tulisannya ini kepada pembaca?
    5. Terakhir, sebenarnya ini bukan pertanyaan, tapi… Kakak penulis, tolong kasih aku Tiga Kata dong, buat novel terbarumu ini. (boleh kata yg menginspirasi, motofasi, atau inti kisah di balik judul reuni dan covernya yg manis ituu..)

  10. nama: insan gumelar ciptaning gusti
    domisili,: surakarta
    link berbagi: https://twitter.com/san_fairydevil/status/799145032758411264

    โ€œJika kamu punya kesempatan untuk bertanya pada penulis novel Reuni, pertanyaan apa yang akan kamu tanyakan? Kenapa?โ€

    1. Kenapa harus sampai resign? Apakah enggak sayang dengan kerjaannya atau pengerjaan novel ini memang berat makanya sampai harus resign?
    2. Buat kak Joe sama Hally, gimana reaksi kalian waktu tahu kak Brigida resign hanya untuk mengejar penulisan novel ini?
    3. Apakah novel reuni ini semacam diari tentang pertemuan kakak-kakak bertiga kembali yang dikemas secara berbeda? Atau murni perkembangan dari kumpulan cerita menjadi novel?
    4. Selain ingin menginspirasi orang untuk lebih jujur pada diri sendiri, tidak mengharapkan harus selalu dicintai dan bisa menerima diri sendiri, apa sih yang paling dasar ingin disampaikan ke pembaca?
    5. Ketagihan apa enggak nulis novel bertiga yang bahkan sampai diwarnai dengan resignnya kak Brigida?

  11. Nama : Surisma Agustiani
    Domisili : Jonggol-Bogor
    Link : https://twitter.com/RAgustiiani/status/799231462436270080
    Question :

    Apa yang menjadi kebanggaan penulis dari novel ini dan apakah yang menjadi motivasi penulis sehingga menghasilkan karya ini?

    Alasannya, karena saya sendiri juga pernah merasa putus asa ketika akan melakukan sesuatu hal. Apalagi dalam hal menulis novel harus sangat dalam keadaan mood yang baik karena kalau tidak, tidak akan ada karya ini dan pastinya selalu ada motivasi dibalik suatu keberhasilan itu dan saya sangat excited banget sama yang satu itu.

  12. Nama : Jawahirul arifah
    Akun twitter : @jawarifah
    Domisili : Kudus
    Link share : https://twitter.com/jawarifah/status/799572507737006080

    Ajukan pertanyaan ke penulis.

    Ka, aku mau nanya kira kira dari kakak kakak ada keinginan ga kalo Novel Reuni diadaptasi ke film ? Kenapa demikian ? Terus kira kira siapa aktor dan aktris yg akan jadi pemerannya kak ?

    Oiya ka, satu lagi. Menurut kakak kakak, Reuni itu penting ga sih ka buat diadakan ?

    Sekian dan terima kasih.

  13. Nama: Rizki Fitriani
    Domisili: Sidoarjo, Surabaya
    Link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/799893766861570049
    Jawaban:
    Apa pesan yg ingin disampaikan ketiga penulis pada novel Reuni ini?

    Setahu saya mengkolaborasi tiga karakter dg tiga penulis yg mempunyai ciri khas sendiri itu sulit. Dan menurut review yg saya baca sebelumnya mengatakan slah satu penulis resign hanya utk mengejar deadline, pastinya ini bukan sekadar novel yg ditulis sbg hobi bukan? Bahkan novel ini mengangkat isu isu sensitif yg sering terjadi dilingkungan sekitar, kisah rumit masing2 tokoh hingga masalalu yg membuat persahabtan retak. Penasaran sama pesan yg ingin disampaikan kpd pembaca.

  14. Esti
    Mjokerto

    Siapakah yang pertama kali mencetuskan novel ini diberi judul REUNI? Kenapa?

    Alasanku menanyakan hal ini adalah karena novel ini hanya berjudul 1 kata, namun mengandung banyak arti, apa alasan dibalik judul ini? Karna suatu judul buku menurutku sangat krusial & cukup mempengaruhi calon pembeli/pembaca akhirnya memutuskan membeli buku tersebut ๐Ÿ™‚

tinggalkan catatan....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s