Blog Tour · Giveaway · Romance

[Review + GIVEAWAY] Dermaga Masa Lalu

dermaga-masa-laluJudul: Dermaga Masa Lalu
Penulis: Ainun Nufus & Asri Rahayu MS
Penerbit: Diandra Kreatif
Tebal: x + 187 halaman


Baca via google play di sini. Bisa juga beli di Diandra Creative.


Krystal memendam perasaan pada sahabatnya, Zico. Sayangnya, ketika dia menyatakan perasaannya, Zico sudah punya kekasih. Tak lama kemudian bahkan Krystal mendengar kabar bahwa Zico akan menikah. Sejak saat itu, hubungannya dengan Zico merenggang. Krystal bahkan pindah ke kota lain dan meninggalkan segala kenangannya bersama Zico.

Namun, pada akhirnya Krystal kembali bertemu dengan Zico. Zico muncul sebagai bos baru Krystal. Kali ini, laki-laki itu semakin dewasa. Krystal dipaksa kembali mengingat masa lalunya yang pedih. Krystal yang tidak kuasa melihat kehidupan keluarga Zico yang bahagia memutuskan untuk kabur sekali lagi. Di tempat barunya, Krystal bertemu dengan Ben. Akahkah kisah cinta Krystal berakhir bahagia dengan Ben? Ataukah Zico kembali lagi dalam hidup Krystal?

REVIEW

Dermaga Masa Lalu ini kisah yang bikin baper. Ceritanya sendiri cukup sederhana (dan cukup mudah ditebak). Bercerita tentang perasaan cinta di masa lalu yang belum bisa dilupakan. Siapa yang jadi nggak ikut baper?

Jika mencintai kamu sesakit ini, tak ingin aku mengenal rasa ini. (h. 109)

Saya pikir ini kisah segi tiga, tapi nyatanya segi di Dermaga Masa Lalu ini lebih banyak. Penulis juga memberikan rahasia-rahasia di masa lalu. Rahasia yang baru terungkap ketika semua kepingan di masa lalu berkumpul kembali.

Takdir seolah mempermainkan kita. (h. 130)

Sayangnya, penulis kurang lihai menuliskan sesuatu yang membuat penasaran dan mempermainkan perasaan pembaca. Padahal Dermaga Masa Lalu ini punya beberapa efek kejutan yang bisa lebih dimaksimalkan. Penulis seperti berusaha menahan rahasia-rahasia ini tanpa membeberkannya, tetapi sayangnya hal ini justru membuat cerita sedikit abstrak. Karena pembaca jadi bingung dengan hal yang terjadi.

Belum lagi kurangnya deskripsi tempat yang diberikan, saya jujur jadi kesulitan membayangkan lokasi tokoh-tokoh bertemu. Selain itu, deskripsi waktunya juga bikin saya cukup bingung. Bukan waktu kejadian, tapi waktu rentetan kejadiannya itu membuat saya berhenti membaca sejenak untuk mencerna.

Secara keseluruhan, kisah cinta di Dermaga Masa Lalu ini cukup menarik untuk diikuti. Cerita tentang move on yang bikin baper pembaca. Jika eksplorasi karakternya lebih dimaksimalkan dan narasi latar serta waktu lebih diperkaya, saya cukup yakin novel ini bakal lebih asyik untuk dibaca.

Dermaga Masa Lalu ini saya rekomendasikan pada mereka yang menikmati kisah cinta tentang move on. Cocok dibaca bagi mereka yang ingin berdamai dengan masa lalu dan mereka yang berusaha percaya dengan masa depan. 🙂

Sebagai penutup, saya akan memberikan kutipan favorit.

Bahagia itu sederhana. Tak perlu banyak kata yang  terucap, yang terpenting adalah tindakan yang nyata. (h. 159)

Selamat membaca! Selamat berbahagia!


GIVEAWAY

Waktunya giveaway, yey!

Kamu berkesempatan membawa satu buku baper ini, lho! 😀

Sebelumnya, pastikan kamu sudah memenuhi syarat ini ya.

  1. Follow twitter @nufus_ dan, @princessashr, dan @missfiore_
  2. Bagikan informasi giveaway ini dengan tagar #DermagaMasaLalu sambil mention @princessashr, dan @missfiore_
  3. Tinggalkan komentar di bawah ini berupa nama, akun twitter, domisili, dan jawaban pertanyaan:
    “Hal apa sih yang membuatmu paling susah move on?”
  4. Berdoa!

UPDATE PEMENANG

Saya menemukan jawaban yang saya suka banget, sayangnya peserta tidak memenuhi semua syarat yang saya tulis di atas. 😦 Alhasil, saya terpaksa mencoret namanya dari kandidat pemenang dan mencari jawaban lain. Setelah menimbang-nimbang berbagai macam hal yang banyak tak terkira (?), saya akhirnya berhasil memilih satu orang.

Satu orang yang beruntung mendapatkan Dermaga Masa Lalu adalah… JENGJENGJENG–

SELAMAT KEPADA MIMI FACHRIYAH (@mimichinori)!

Buat yang belum beruntung, jangan lupa kunjungi blog dua host berikutnya, ya! 😀

Buat yang belum beruntung di Melukis Bianglala, tunggu saja. Mungkin rezekimu ada di kesempatan lain. Ingat, buku ini bisa kamu dapatkan via google play di sini. Bisa juga beli di Diandra Creative.

Selamat membaca!

44 thoughts on “[Review + GIVEAWAY] Dermaga Masa Lalu

  1. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Domisili: Jakarta
    Jawaban: hal yg paling susah move on ditinggalin pacar kak. Lebay banget ya, tapi memang aku tipe orang yg susah jatuh cinta, tapi sekalinya jatuh susah berpindah ke lain hati. Segala cara buat move on sudah pernah dicoba tapi memang ngga gampang. Kadang ngomong sih bisa, cari aja lagi cowok lain. Tapi kenyataan ngga semudah perkataan di mulut. Mulut berkata A,tapi apa daya hati maunya B.
    *maaf ya edisi curcol✌

  2. nama: insan gumelar ciptaning gusti
    akun twitter: @san_fairydevil
    domisili: surakarta

    “Hal apa sih yang membuatmu paling susah move on?”
    Kenangan. Karena, mau itu kenangan manis ataupun bukan, mau sadar ataupun tidak, aku selalu menyimpan kenangan itu. Dan walaupun aku tidak ingin mengingatnya, pasti akan ada waktu dimana aku teringat akan kenangan itu. Misal saat aku mendengarkan lagu, atau yang lainnya. Lalu ketika aku teringat kembali akan kenangannya, aku pasti akan teringat akan cerita dibalik kenangan itu bisa terjadi.

  3. Nama: Retno Maulidiyah
    Twitter: @retnomauli08
    Domisili: jember

    Hal apa sih yang membuatmu paling susah move on?
    Kejadian memalukan, hal yang gak ingin dibayangin dan dipikirin lagi malah terus menghantui dipikiran dan jadinya sulit buat move on. Padahal gak pingin diingat-ingat lagi karna sangat memalukan..tp kenangan itu malah semakin melekat dipikiran.

  4. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Domisili: Surakarta

    Hal apa sih yang membuatku susah move on?
    Kalo diteliti baik-baik, sebenarnya hal yg membuatku susah move on itu bukan dari faktor eksternal tapi, lebih pada faktor internal dari dalam diriku yaitu kondisi emosional. Aku sadar banget jika otak perempuan sulit untuk memisahkan logika dan perasaan. Kebanyakan perempuan jauh lebih sensitif karena nggak bisa bedain antara akal sehat dan emosi. Hal ini lah yang membuatku susah menerima kenyataan kalo udah putus. Apalagi kalo dia justru bersikap biasa aja dan menyapa dengan innocent-nya. Ujung-ujungnya “Karena hello setitik, rusak move on sebelanga” alias bikin baper. 😁

  5. Nama : Rizky Tria Octasiana
    Twitter : @Octannow_
    Domisili : Brebes, Jawa Tengah

    “Hal apa sih yang membuatmu paling susah move on?”
    Masa lalu. Apapun yang berkaitan dengan masalalu (perasaan nyesek, sakitati, kepercayaan / berhubungan dengan orang dalam konteks tmn dekat, pernah dekat tanpa sempat dimiliki, dll). Entah ni, susah banget buat mupon dari masalalu :3 terutama kalau masalalunya indah dan berujung pahit. Apalagi aku bukan tipe yang ‘Easy Come, Easy Go’.
    Buah dari masalalu ialah kenangan. Kenangan diciptakan untuk mengulang sesuatu yang tak pernah kembali. Seberapa buruk orang di masa lalu tetap saja dia pernah memiliki arti, apalagi dia yang pernah membuat bahagia. Pastilah artinya bukan hanya sekedar masa lalu. Sangat sulit untuk lepas dari masa lalu, semua kembali seolah dia adalah dermaga yang akan selalu jadi tempat kenangan kembali pulang. Hanya karna alunan musik, atau rintik hujan kenangan bisa pulang seenaknya.

  6. nama : Ifah
    akun twitter : @zhiigo
    domisili : bekasi

    Aku orangnya gampang move on,, dan ga baper-an. Sekarang kejadian,, paling seminggu juga udah lupa. Termasuk masalah cinta. 😀
    Dan hanya sekali dalam hidupku, aku susah banget buat move on. Yaitu ketika aku kehilangan calon anakku beberapa th yang lalu. Membutuhkan waktu berbulan-bulan buat aku benar-benar move on saat itu. Yah, sejak itu aku tahu, kehilangan keluarga adalah hal yang paling membuatku terpuruk dan sulit move on.

  7. Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Domisili: Tangerang

    Hal apa yang membuatmu susah move on?
    Perpisahan yang berakhir dengan tidak baik. Dalam setiap hubungan pasti selalu saja ada pertengkaran didalamnya, dan itu semua didasari oleh emosi yang tak terkendali. Saya itu salah satu orang yang tidak bisa mengontrol emosi, bahkan kadang emosi saya bisa melukai hati seseorang. emosi yang tidak terkontrol ini membuat hubungan saya dengan kekasih saya menjadi rusak dan akhirnya berakhir dengan tidak baik. Biasanya yang seperti ini yang membuat saya susah move on. Emosi yang tidak terkendali dan tidak saya sadari akhirnya membuat hubungan saya dengan dia berakhir, dan ketika sadar semuanya sudah selesai dan saya sudah kehilangan dia. Ini yang membuat saya galau, merasa bersalah, dan berakhir dengan susahnya untuk move on.

  8. Nama: A’imatul Latifah
    Akun twitter: @Aim_La27
    Domisili: Tuban

    Hal apa yang membuat aku susah move on ya?? Aku paling susah move on dengan cerita film korea yang lagi bagus-bagusnya tiba-tiba listrik mati, batrei habis dan gak bisa ngelanjutin ceritanya. Hal sepele ya?! Tapi, itulah suka. Mau hal sepele apapun kalau suka ya akan membuat kepikiran terus + susah move on walaupun hanya sebuah cerita film. Karena menurut aku move on itu seperti seekor kucing yang udah agak move on dengan ikan asin karena ada makanan lain didepannya. Kemudian tiba-tiba ikan asin muncul menyedot perhatian si kucing dari makanannya lalu pergi begitu saja. Kan akhirnya si kucing jadi gak mood makan lainnya dan terus kepikiran ikan asin. Kayak aku 😀

  9. Eni Lestari | @dust_pain | Malang

    kalo mau flashback sih, hal2 yang membuatku susah move on itu ketika berhubungan dengan sesuatu yang kuharapkan. jujur, hidup mengajarkanku untuk gak terlalu berharap sama apapun, karena endingnya pasti kecewa. tapi kadang ada hal baik yang terjadi dan berlangsung terus-menerus. mau gak mau, ada setitik kepercayaan dalam diriku. aku berpikir mungkin berharap bukan hal yang buruk. siapa tahu endingnya berakhir manis, gak seperti yang sudah2. tapi tiba2 aja hal buruk terjadi, dan sesuatu yang menyenangkan ini akhirnya bener2 berakhir. saat itulah aku bener2 sedih dan gak bisa move on. mungkin bibir bisa berucap, “aku gak papa2 kok, aku udah move on.” tapi jauh di dalam hatiku, aku tahu gak mudah melupakan segalanya. karena dikhianati harapan yang kutumbuhkan sendiri itu lah yang bikin aku susah move on 😦

  10. Nama : Veni Nur Agustin
    Twitter : @VeniNurA
    Domisili : Pangandaran, Jawa Barat

    Hal yang membuat susah move on? Intinya hal itu adalah Kenangan dan Perasaan. Tapi tergantung sih move on nya tentang apa dulu. Kalau susah move on dari mantan yaa susahnya karena ada beberapa sms atau chat yang *belum dihapus,pas ke baca malah baper lagi gitu.
    Kalau move on dari masalah itu susahnya kadang-kadang suka kepikiran atau bertempat pada situasi yang sama dengan masalah yang kemarin itu membuat susah move on. Ya intinya gitu deh ^_^

  11. Nama: Elsita F. Mokodompit
    Twitter: @sitasiska95
    Domisili: Gorontalo

    Kenangan yang tertinggal. Hal itu sih yang bikin susah move on, bayangan masa bahagia dan betapa itu sulit untuk ditanggalkan dari kepala adalah hal yang bikin saya paling susah move on

  12. Vena Dwi Masfiyah
    @venadwim
    Tulungagung-Jatim

    Hal yang paling susah buat move on itu pastinya ya kenangan. Kenangan yang akan selalu membekas di otak. Yang bakal susah buat dilupain. Apalagi kenangan manis bersama orang terkasih. Sungguh merupakan hal yang susah buat dilupakan.

  13. Nama : Silvy Rianingrum
    Twitter : @berryfledge (https://twitter.com/berryfledge/status/808551496576962560)
    Domisili : Bekasi
    Jawaban :
    Hal yang bikin susah move on adalah rasa sayang itu sendiri. Menurutku, selama rasa sayang itu masih ada, maka selama itu pula kita akan ingin melanjutkan kisah cinta yang sama. Dengan orang sama. Meskipun kenangan berperan penting, namun jika rasa sayang itu sudah sirna, pasti tidak akan berarti lagi. Meski kenangan masih sering dikenang, namun rasa sayang itu sudah hilang, tentu akan membuat senang, tapi tidak membangkitkan keinginan untuk kembali lagi. Move on itu sulit karena rasa sayang itu masih ada, harapan untuk melanjutkan kisah yang lama itu masih menyala. Bukan kenangan yang membuatnya rumit, tapi perasaan yang membuatnya sulit hehe^^

  14. Nama: Ainhy Edelweiss
    Twitter: @PrinceesAinhy
    Kota: Makassar

    Jawaban:

    Hal yang membuatku susah move on adalah ditinggalin oleh sahabat terbaik.

    Mungkin bagi orang lain mencari kawan adalah hal yg sangat mudah. Itu benar, tapi bagiku itu cukup sulit.
    Mendapat seorang sahabat bagaikan mencari jarum ditumpukan jerami, dan saat aku mendapatkan sahabat terbaik, aku nggak lagi mencari sahabat lain. Namun, aku lupa jika sekalipun persahabatan itu baik selalu ada perpisahan.

    Sudah 3 tahun, aku ditinggalkan oleh sahabat terbaikku. Dan sampai detik ini aku belum bisa move on dari itu.

    Ada banyak kenangan yg kami miliki, ada banyak cerita yg tak terkatakan, juga mimpi2 yg kami rangkai bersama. Sampai detik ini pun, alu belum pernah menemukan sahabat yg seperti dia, dan karena itu aku belum bisa move on. 😦

  15. Nama : Monika Pratiwi
    Twitter : @pratiwis_
    Domisili : Bogor

    Hal yang membuat saya susah moveon itu kepribadian dia. Pribadi dia yang memperlakukan saya berbeda dari yang lain , membuat diri saya merasa lebih spesial. Pembawaan dia yg tenang dan dewasa bisa mengimbangi sikap saya yg sedikit kekanak-kanakan.

  16. Nama :Dini Auliana Putri
    Twitter :@Dini_Auliana28
    Domisili :Lampung Tengah
    Jawaban :Yang paling susah membuatku move on adalah kenyamanan. karena kenyamanan sulit sekali didapat dari orang yang tepat. Ya walaupun yang aku maksud disini adalah kenyamanan dalam hal berkomunikasi. Saat aku selalu menunggu pesan darinya. Aku selalu suka saat aku dan dia menghabiskan waktu untuk chat sampai tengah malam. Seakan besok tak bertemu. Padahal aku berada satu sekolah dengannya. Tapi tak pernah sekalipun bertegur sapa. hanya saling menundukkan kepala dengan pipi bersemu merah saat berpapasan. Aku bukan kekasihnya. Aku hanya salah satu dari pengagumnya. Tapi sekarang moment untuk chatting sudah tidak lagi ada. Sebab dia sibuk dengan study-nya. Saat kau sudah nyaman, lalu dia pergi tiba-tiba. Dan itu yang membuatku sulit sekali move on.

  17. nama: Leila Niwanda
    akun twitter: @LNiwanda,
    domisili: Jakarta
    jawaban: Yang bikin susah move on itu kalau ada kebetulan-kebetulan yang seolah ‘semesta mendukung’ banget. Peristiwa-peristiwanya tanpa direncanakan, tak perlu kita atur sebagai manusia. Jadi kayak sudah diatur, ujung-ujungnya jadi susah lupa apalagi move on :).

  18. Nama: Khaerunnisa
    Twitter: NhisaMinoz75
    Domisili: Kolaka, Sulawesi Tenggara.

    Kalau ditanya hal apa yang paling susah buat aku Move on? yaitu kenangan manis dan kenangan pahit yang diberikan oleh Ayah saya, seberusaha apapun saya mencoba melupakan sosok Ayah saya, pasti selalu gagal, Mungkin karena, disatu sisi saya ingin melupakan sosoknya tapi disisi lain juga saya malah merindukan sosoknya. Sedalam apa pun dia meninggalkan luka untuk saya, sedalam itu pula kebahagian yang pernah dia berikan untuk saya, menutup luka itu.

  19. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Domisili: Surakarta

    “Hal apa sih yang membuatmu paling susah move on?”
    Ketika dia tiba-tiba hadir lagi dalam hidup kita. Dan masih sama seperti dulu, tanpa kepastian apakah akan tinggal atau pergi.
    Kembali hadir tanpa permisi dan bisa saja kembali pergi tanpa ucapan selamat tinggal sebagai penanda telah berakhir.

    Ketidak pastian itulah yang menumbuhkan sekaligus menjaga harapan.

  20. Nama : Devira Andrawina
    Akun Twitter : @devirandra
    Domisili : Bekasi, Jawa Barat

    Jawaban :

    Menurut aku pribadi, hal yang bikin susah move on itu adalah kenangan. Karena, kalau kita kehilangan seseorang, jika ada hal kecil yang berkaitan dengan orang tersebut, mau tau mau kenangan-kenangan tentang orang itu pasti kembali lagi.

    Selain kenangan, hal yang bikin susah move on itu diri kita sendiri. Kadang kita suka bilang ingin move on atau melupakan, tapi nyatanya, kita menanam kenangan dengan orang tersebut di dalam hati.

    Sekian, terima kasih.
    Wml, amen.

  21. Nama: Rinita
    Akun twitter: @Rinitavyy
    Domisili: Jatim
    Q: Hal apa sih yang membuatmu paling susah move on?

    A: Seperti kata Changmin dalam lirik lagunua lagunya…”Moment”…..Cinta adalah saat
    Kau mengisi mataku, kau mengisi hatiku dan aku terus memikirkanmu
    Cinta adalah saat
    saat kau pergi, aku tak bisa melupakan itu
    aku terus memikirkanmu…

    Bagiku seperti itulah susahnya move on. Ketika moment ku bersamamu terus terkenang. Memeras otakku untuk di putar ulang. Bagaimana bisa aku pura-pura lupa di saat hatiku mengilu? Yang benar, Aku selalu memikirkanmu. Tidak peduli rasa sakit, tidak peduli rasa gagal move on, karena yang aku tahu ‘moment’ itu memang untuk di kenang dan disimpan di hati paling dalam. Karena moment adalah bagian masa lalu yang harus ku simpan bukan, lalu aku akan berusaha membuka lembara baru, yang mungkin, semuanya itu butuh waktu.

  22. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91
    Domisili : Pati – Jawa Tengah

    Hal yang paling membuatku susah move on tentu saja kenangan yang telah tercipta, terutama kenangan indah yang pasti akan sangat membekas.

  23. Nama : Widia Arum Pratiwi
    Akun Twitter : @widiaa_ap
    Domisili : Karanganyar, Jawa Tengah
    Jawaban :

    Hal yang membuatku susah move on yaitu mantan satu kelas dengan aku, setiap hari ketemu, terkadang guru suruh buat kelompok dan ngepasin satu kelompok sama mantan, dilihatin aja bikin baper apalagi harus berdiskusi sama dia itu rasanya tersiksa, kalau ga bicara tugas ga akan kelar tapi kalau bicara ga di tatap wajahnya pasti dikirain ga sopan, tapi kalau natap wajahnya aku malu, pokonya serba salah disaat aku dalam situasi seperti itu.
    Apalagi jika dikelas suka di sorakin sama teman” *cieee* gitu bikin senyum” sendiri kapan bisa move on kalau sorakan teman bikin baper 😢
    Gimana mau bisa move on kalau tiap hari lihat wajahnya yang bikin kenangan bersliweran di kepala, rasanya flashback trus kalau nglihatin dia 😟
    bahkan kalau lihat dia itu rasanya ingin mengulang kenangan indah yang pernah di lewatin bersama😟

  24. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    domisili: Serang – Banten

    “Hal apa sih yang membuatmu paling susah move on?”

    Yang bikin paling susah move on itu kalau tiap hari masih harus ketemu dan berhubungan dengan yang bersangkutan. Bawaannya itu masih ngarep bisa balik lagi. Walaupun mungkin sudah disakitin, tapi yang namanya perasaan tidak bisa dihapus begitu saja seperti halnya menghapus tulisan di papan tulis. Pasti butuh waktu. Dan buat aku akan lebih mudah melupakan jika tidak lagi melihat dia. Mungkin untuk sementara harus menghindar dulu sampai hati ini bisa berdamai, dan waktu bisa menyembuhkan luka.

  25. Nama : Mimi fachriyah
    Akun twitter : @mimichinori
    Domisili : Bekasi
    Jawaban :

    “Hal apa sih yang membuatmu paling susah move on ?”

    Sebenarnya cuma satu hal yang paling membuat aku susah move on. Yaitu idola aku, sebut saja namanya Tohoshinki 😂. Aku sudah ngefans sama si Toho ini dari 6 tahun yang lalu. Karena toho bukan idol biasa, dan berbeda dari idol manapun. Ketika aku mau move on dari toho, aku simpen semua goodies yang berbau toho, dari baju, kaos, dvd, majalah, album, buku, lightstick, bag, pin, pokoknya semuanya aku simpan. Poster di dinding kamar juga aku copot, aku simpan. Lagu-lagu si toho juga aku hapus dari handphone, foto-fotonya juga aku hapus. Tapi kalau foto,video, fanfic, lagu yang ada di notebook sayang kalau di hapus, cuma aku zip 😂😂 aku simpan d folder yg susah ditemukan.

    Namun pada akhirnya, aku enggak bisa move on dari toho. Karena setiap hari aku selalu dengerin lagu toho, kadang nonton videonya atau baca fanfic. Tiba-tiba aku jadi pingin intip intip goodies yang sudah disimpan. Dan secara sengaja unzip lagi semua file berbau toho. 😂

    Aku juga jadi ingat masa-masa awal kenal toho, waktu masih alay, labil, masih SMA. Sudah enam tahun berlalu. Secara sadar atau tidak, aku sudah tumbuh dewasa bersama toho 😂 aku sudah banyak termotivasi dengan apa yang toho lakukan. Toho yang telah memotivasi aku untuk belajar bahasa Jepang, de el el. Toho yang menemani aku di sela-sela kesepian. Aku gak butuh pacar, karena toho selalu ada buatku. Meski kita hanya bisa bertemu di imajinasi atau mimipiku 😂 setiap hari toho menyanyikan lagu cinta untukku. Aku kadang ketawa sendiri, nangis sendiri, baper sendiri cuma gegara baca fanfic Toho atau nonton videonya. Karena toho, aku yang anak rumahan pun jadi ke Jakarta cuma demi ikutan gathering, ketemu teman satu aliran (?). Senang banget. Bagaimana aku bisa move on, kalau aku telah menghabiskan banyak waktu untuk toho? 😂 Bagaimana aku bisa move on, kalau aku telah tumbuh dewasa bersama toho 😂 Bagaimana aku bisa move on, kalau toho adalah toho. Semakin jauh aku mencoba pergi dari toho, semakin aku merasakan dunia ku miring sebelah 😂 Move on memang butuh waktu, tapi waktu berharga yang telah berlalu juga boleh dikenang kan😂

    (Maafin ya. Aku ini malah curhat 😢😢)

  26. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Domisili : Purwakarta

    “Hal apa sih yang membuatmu paling susah move on?”

    Waktu berusaha melupakannya, tak ingin tau segala tentangnya, berusaha untuk tak selalu mengingatnya, dan saat aku mulai yakin jika dia sudah tak ada pengaruhnya lagi bagiku juga aku merasa semua usahaku berhasil. Tiba-tiba mimpi itu datang, mimpi dia datang kepadaku, mengharapkanku dan menginginkanku. Saat terbangun, aku selalu merasa usahaku sia-sia, entah kenapa hanya karena sebuah mimpi (mimpi yang selalu sama saat aku mencoba melupakannya) aku tak bisa melupakannya, aku seperti terikat oleh suatu hal yang tak jelas. Dan mimpi itu akan selalu hadir ketika usahaku untuk melupakannya mendekati kata berhasil. Semua berulang terus seperti itu, hingga aku merasa lelah sendiri. Ini bukan waktu yang sebentar, 10 tahun aku coba melupakannya, hanya karena mimpi, semua usaha kerasku selalu berakhir nol.

  27. Nama : luluk
    Akun twitter : @atullaisyah
    Domisili: temanggung

    Hal apa yang membuat kamu susah move on?

    Kenangannya. Kenangan yang selau hadir ditempat dimna kita menghabiskan waktu untuk bersama, kenangan ketika kita pernah saling berjanji untuk saling memiliki- berbagi dalam segala hal dan kenangan foto bersama pastinya. Dimna dulu dia adalah orang yang begitu berharga lalu kini pergi entah kemana. Dan foto itu yang membuat susah move on. Mengingat kejadian manis bersamannya. Canda tawa sesama- nangis bareng. Dan semua hal konyol yang pasti membekas. Dan luka yang menyayat. Tentang alasan dia pergi yang tidak bisa dimengerti dan diterima.
    Hehe..
    Hal-hal itulah yang membuatku sering gagal move on. 😂 manis diingat tapi sakit dirasakan.

  28. Nama : yeni fithratul aini
    twitter : @yenifithratul
    domisili : majalengka, jawa barat
    jawaban :
    Hal yang paling membuat aku susah move on adalah komunikasi. Terkadang, kenangan bisa di sisihkan bahkan bisa aku lupakan sejenak. Tp jika si dia datang kembali menyapa, kenangan yang tertutup rapat kembali memaksa keluar dan membuat penuh pikiran. Jadi, menurutku komunikasi adalah hal yang membuat move on menjadi sulit.

  29. Nama ; jawahirul
    Akun twitter : @jawarifah
    Domisili : kudus

    Hal apa yg membuat kamu Susah move on ?

    Kalo aku pas udah berusaha semaksimal mungkin lupain dia, eeh tiba tiba dia nongol di mimpi.
    Hmmmmmm
    Kan bete yaaa,
    Usahaku buat move on selama ini gagal total
    Gara gara ngimpiin dia lagi.
    Apalagi pas di mimpi, dia keren banget keliatannya. Huhuu

    Sebenarnya yang jadi masalah itu bukan pas dia muncul sebagai bunga tidurku, tapi pas dia di mimpiku dan sewaktu aku bangun, masih ke bawa sama mimpi.

    Nah itu Tuuuh, yang bikin move on gagal menurutku.

    Itu ceritaku.

    Sekian dan terima kasih 😁🙏

  30. Nama : Rahma Liasa Zaini
    Akun Twitter : @Rachmaliasa
    Domisili : Pekan Baru
    Hal yang membuat sulit move on itu ketika aku mengakui bahwa kau masih tetap milikku,ketika sesalah apapun aku masih menganggap mu baik,dan sesuatu yang buat sulit move on adanya hal-hal baik yang sering kita lewatkan.kau bukan sekedar pacar bagiku kakak lelaki,saudara,sahabat kehilangan mu berarti membuatku kehilangan sahabat terbaik apapun itu doa terbaikku untuk mu .Gitu sih kak

  31. Nama: Dwita Andhara
    Akun twitter: @dwitaandhara
    Domisili: Makassar
    Jawaban:

    Hal yang buat saya paling susah move on jika flashback ke masa lalu. Saat terlalu berharap pada sesuatu namun kenyataannya gak sejalan dengan ekspektasi. Selalu begitu, jika teringat kembali rasanya mengorek luka lama. Ya ibarat luka, baru saja kering tapi karena di garuk jadi luka lagi.

    Mungkin orang bilang baiknya itu berdamai dengan masa lalu. Berusaha untuk lupa toh juga udah lewat. Tapi tetap saja itu semua gak akan pernah semudah ketika bicara. Semuanya butuh proses, dan itu lebih kepada tindakan sih sebenarnya. Tapi gimana lagi, pas lihat giveaway ini bahkan sampai ikutan juga buat saya mengenang lagi hahaha. Mengenang saat saya terlalu berharap yang ujungnya sakit hati. Dan saya gak bisa tampik, terlalu berharap kadang mengajari untuk terobsesi tentang hal yang tidak pasti, sampai melupakan konsekuensi yaitu sakit hati. Nah giliran harapannya gak kesampaian, bisa baper berhari-hari.

  32. Nama : Fatma
    Twittwer : @ukhty_fatmaa
    Domisili : Makassar

    Hal yang membuat saya susah move on itu karena pertemanan di jejaring sosial. Memori susah lupa kalau liat postingannya. Mulai dari foto instagram, tweetnya, sampai status Facebooknya. Bukan hanya itu yang buat aku susah berpindah dari dia, komen sederhananya seperti “hahaha” justru berpotensi besar untuk menjatuhkan pertahananku. Alasan yang paliiiinngg kuat membuat aku susah move on adalah kemunculan likenya di postinganku. Kalau sudah begini, baperrrku akan memuncak di tingkat akut.

  33. Nama: Fuja Sagita
    Akun twitter : @fujasagita_45
    Domisili: Garut

    “Hal apa sih yang membuatmu paling susah move on?”

    Yang membuat aku susah move on yaitu rasa’ego’ yang berlebihan, rasa egois yang masih ingin memiliki, sedangkan apa yang aku miliki tersebut sudah pergi jauh.

  34. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    domisili: Sidoarjo

    jawaban:
    hal yg membuat saya paling susah moveon adalah perasaan.
    karena saya memiliki perasaan yg cukup labil. terkadang naik dan sering turun.
    terlebih dengan hadirnya kenangan yg mendukung labilnya perasaan saya.
    kenangan yg mengingatkan akan sosok dimasalalu selalu muncul setiap saat di momen yg dulu pernah terlalui bersama pasangan. tak terkecuali dengan musik yg terdengar di radio maupun rumah makan diseberang jalan yg membawa rindu saya kembali kemasalalu dan sulit untuk melupakan.

    jika hal tsb saja masih menyangkut di diri bagaimana jika masalalu hadir dan menyerahkan diri sebagai teman? jangan lagi ditanya. seperti judul sinema televisi, mundur kena maju kena. stuk ditempat. tp saya mencoba mencari jalan lain yg mengarahkan saya kemasa depan tnpa perlu terlalu terikat masalalu. dan saya masih mencoba hal itu. berdamai dengan masa lalu.

  35. Nama: Alfath
    Twitter: @alfari_12
    Domisili: sidoarjo, jatim
    Yang paling membuat susah move on adalah..
    ketika saya tidak lagi bersama dengan orang yang pernah saya cintai. Begitu banyak permintaan yang tidak bisa saya penuhi dapat membuat saya merasa bersalah, dan dia berpaling. Namun saya harusnya sadar bahwa hubungan itu saling bekerja sama, menghargai, dan menerima. Bila memang dia telah menemukan yang ia cari, saya yakin juga akan bertemu yang menerima saya apa adanya 🙂

  36. Nama: Nurwahidah
    Twitter: @wawha_cuza
    Domisili: Medan

    Hal yang bikin aku susah move on itu kenangan. Mainstream banget ya. Misalnya lihat hujan, ingat sama momen kami pertama kali ketemu. Pas dengerin satu lagu jadinya keinget dia. Pas makan mau makan martabak telur keingat almarhum ayah

  37. Nama: Ana Bahtera
    Twitter: @anabahtera
    Domisili: Aceh
    Jawaban:
    “Hal apa sih yang membuatmu paling susah move on?”

    Rasa bersalah..benar-benar susah move on dari rasa bersalah yang trus menghantui..Walaupun ucapan maaf sudah terlontar namun tetap saja butuh waktu untuk mendamaikan hati sendiri dari rasa bersalah itu, rasa yang terlanjur tercipta tanpa pernah ada aba-aba dari hati sesungguhnya.

  38. nama: esti
    akun twitter: @estiyuliastri
    domisili: mjokerto

    “Hal apa sih yang membuatmu paling susah move on?”
    Me time.
    Yup, bukan hanya suka “me time” dengan baca buku, aku juga suka banget baking cookies..hehee
    Aku bisa betah berlama-lama di dapur. Utak-atik resep, mix sana-sini, nakar bahan, nguleni adonan, step by step nya aku sangat menikmati. Kadang sampek lupa belum makan seharian, eh tiba-tiba uda sore aja saking asiknya. Aslik, hobi ini bikin susah move-on dari dapur 😀.
    Apalagi kalo bikin kue gak ngembang alias gagal, hiks susah banget move-on nya! *Cry* 😂

  39. Nama : Rani W
    Twitter : @raniwidiyansyah
    Domisili : Bandung

    Hal yang paling susah buat move on adalah sebuah novel yang bagus, dimana kisahnya sangat menarik dan menghanyutkan. Beneran deh, saat aku menikmati sebuah novel yang bagus, jadi serasa membaca kisah ku sendiri dan itu selalu bikin susah move on. Pasti selalu terbayang dan selalu pingin kubaca ulang dan akhirnya selalu terhanyut lagi kedalam novel itu. Bener bener gagal move on jadinya.

  40. Nama: Nela Norhela
    Akun Twitter: @Nelahela
    Domisili: Banjarmasin, KalSel

    Hal yg membuat aku susah move on itu adalah Kenangan dan Perasaan. Entah itu kenangan indah, lucu, manis, pahit, asin, asam, basa-.- apapun itu yg membuat kenangan itu terlalu membekas sehingga sulit dilupakan. Ibaratnya, ketika aku bergerak maju, sudah beberapa langkah, tbtb kenangan itu muncul, entah itu muncul kebetulan atau di saat merasakan deja vu, dan secara otomatis otak memutar kembali kenangan itu, mengingat kembali kejadian2 lampau, sekaligus membangkitkan lg perasaan itu, seperti perasaan sayang, sakit, dan perasaan lainnya yg masih ada. Akhirnya, aku kembali stuck disitu, terasa berat untuk melangkah lagi, tapi juga tidak ingin untuk mundur. Dan gitu aja terus sampai ada kabar gembira untuk kita semua, wkwk *apaini,-*

  41. Nama: Nela Norhela
    Akun Twitter: @Nelahela
    Domisili: Sungai Tabuk, Banjarmasin
    Link share: https://twitter.com/Nelahela/status/810508956950937600

    Hal yg membuat aku susah move on itu adalah Kenangan dan Perasaan. Entah itu kenangan indah, lucu, manis, pahit, asin, asam, basa-.- apapun itu yg membuat kenangan itu terlalu membekas sehingga sulit dilupakan. Ibaratnya, ketika aku bergerak maju, sudah beberapa langkah, tbtb kenangan itu muncul, entah itu muncul kebetulan atau di saat merasakan deja vu, dan secara otomatis otak memutar kembali kenangan itu, mengingat kembali kejadian2 lampau, sekaligus membangkitkan lg perasaan itu, seperti perasaan sayang, sakit, dan perasaan lainnya yg masih ada. Akhirnya, aku kembali stuck disitu, terasa berat untuk melangkah lagi, tapi juga tidak ingin untuk mundur. Dan gitu aja terus sampai ada kabar gembira untuk kita semua, wkwk *apaini,-*

  42. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Malang

    Yang bikin susah move on adalah orangnya. Makin lama menghabiskan waktu dengannya, makin banyak hal yang dilewati bersama, makin banyak kenangan yang kita punya dan tentunya makin susah move on kalau hal yang udah jadi kebiasaan itu hilang dari kehidupan kita. Kadang kenangan akan tempat, kejadian, benda atau sesuatu nggak punya andil cukup besar kalau nggak melibatkan orangnya. Begitu wajahnya terlintas, aku yakin nggak banyak yang bisa lolos dari sergapan masa lalu. Apalagi kalau masih punya perasaan *eh?

tinggalkan catatan....

