Storm Cloud Marriage; Tentang Ujian dalam Pernikahan

Judul: Storm Cloud Marriage
Penulis: Elsa Puspita
Penerbit: Grasindo
Tebal: 252 halaman

Atha dan Gino telah menikah lebih dari lima tahun, tapi keduanya masih belum juga dikaruniai anak. Mereka telah melakukan berbagai macam hal, tapi hasilnya masih nihil.

“Kamu pernah mikir nggak kalau alasan kita belum juga dikasih anak sampai sekarang itu karena kita emang belum layak jadi orangtua?” (h. 28)

Lalu, di tahun keenam ini, di tengah kehidupan pernikahan mereka yang masih diberi cobaan tidak memiliki anak, muncul seorang lelaki yang terang-terangan menaruh minat pada Atha. Ditambah dengan fakta Atha mencium parfum wanita di pakaian Gino. Apakah keduanya masih akan bertahan?

Weddinglit Bertema Unik

Storm Cloud Marriage merupakan sebuah novel romance pernikahan dengan tema tidak biasa. Baru kali ini saya membaca weddinglit yang menceritakan tahapan bayi tabung dan pengobatan ketidaksuburan. Biasanya weddinglit didominasi cerita menjelang pernikahan. Atau cerita awal-awal tahun pernikahan. Atau juga cerita di hari pernikahan.

Novel ini, Storm Cloud Marriage bercerita tentang kehidupan pernikahan yang telah melewati enam tahun. Usia pernikahan yang terbilang tidak muda. Kemudian, pun novel ini mengangkat tema tentang “keinginan memiliki anak”, sesuatu yang jarang. Lengkap dengan konflik soal perasaan cinta yang telah tergerus waktu khas kehidupan pernikahan yang telah berlalu bertahun-tahun.

“Aa nggak pernah kehilangan daya tarik. Dia cuma baru aja naik level.”

Alurnya sendiri padat. Dengan margin yang cukup rapat, novel yang punya tebal 2 cuma 252 halaman ini menjadi lebih panjang dari itu. Ceritanya pun terjalin dengan rapi. Storm Cloud Marriage jugA punya penyelesaian konflik yang apik. Saya juga suka bagaimana karakter Atha dan Gino mendewasa selepas badai menerjang kehidupan pernikahan mereka.

Pokoknya novel ini cocok banget kalau kamu mau membaca cerita romance yang penuh.

Karakterisasi dan Karakter Pendukung

Karakterisasi Gino dan Atha juga berhasil diesksplorasi dengan baik. Elsa Puspita berhasil membuat karakter yang hidup dan relateable  dan tentu saja tidak sempurna. Gino itu gamabaran suami idola, cakep, sukses, mapan, seksi, tapi dia punya kekurangan di sifatnya. Atha juga cantik, mandiri, independen, tapi dia kadang kelewat manja dan cepat mengambil keputusan sepihak.

Terlebih konfilk demi konflik yang ada dalam novel ini membuta Atha dan Gino berkembang hingga akhirnya mendewasa di akhir. Suka banget!

Sayangnya, ada terlalu banyak karakter pendukung yang akhirnya tidak berkembang dan cuma numpang lewat nama. Seperti misalnya keluarga besar Atha dan Gino, yang muncul ujug-ujug nama lalu entahlah tidak memberikan kontribusi signifikan dalam cerita. Padahal karakter keluarga besar mereka ini punya peluang untuk membuat konflik lebih rumit dan memanas. Namun, sepertinya penulis memang hanya mau fokus pada kehidupan Atha-Gino ya.

Karakter pendukung lain yang kurang dieksplor adalah Rayyan, lelaki yang terang-terangan menaruh minat pada Atha. Sayang banget latar belakangnya tidak digarap dengan total. Saya merasakan kekurangan dan kejanggalan atas sikap berani Rayyan. Sayang banget. 😦

Oh utungnya ada Tika, sahabat Atha. Tika ini punya porsi eksplorasi karakter pendukung yang pas. Bahkan keberadaannya pun melahirkan subkonflik yang memperkaya cerita. Sebab, berlawanan dengan Atha, Tika ini punya pandangan hidup yang lebih bebas dan tidak tertarik berkomitmen. Saya pun suka bagaimana penulis mengakhiri subkonflik Tika ini.

Penutup

Secara keseluruhan, Storm Cloud Marriage adalah novel romance yang memuaskan. Alurnya rapi meski padat, karakterisasinya kuat dan berkembang, gaya bahasanya lugas, dan akhirnya melegakan. Cocok banget bagi kamu yang lagi mencari novel romance dewasa yang diakhiri dengan sangat baik.

Menghabiskan sisa hidup dengan orang yang tepat adalah pilihan terbaik setiap orang.

Selamat membaca! Selamat menemukan orang yang tepat!

 

Advertisements

9 thoughts on “Storm Cloud Marriage; Tentang Ujian dalam Pernikahan

tinggalkan catatan....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s