Then She Smiles: Cerita-Cerita di Balik Foto


Judul:
Then She Smiles
Penulis: Makna Sinatria
Penerbit: Penerbit Haru
Tebal:ย 244 halaman

“Hidup nggak mudah buat siapa pun. Dan lo nggak perlu selalu pura-pura terlihat bahagia dan baik-baik aja. Sometimes, it’s okay not to be okay.” (h. 89)

Then She Smiles bercerita tentang Hexa yang baru pindah rumah dan Alena, si tetangga. Keduannya menjadi dekat karena fotografi instan.

Lalu, kedekatan itu lama-lama membuat rahasia-rahasia dalam hidup mereka keluar. Masa lalu Hexa dan kegelapan dalam hidup Alena. Apa jadinya nasib keduanya setelah itu?Read More »

Fortunately, The Milk; Petualangan Sekotak Susu

Judul: Fortunately, The Milk
Penulis: Neil Gaiman
Penerbit: Bloomsbury
Tebal: 160 halaman

Fortunately, The Milk adalah satu buku Neil Gaiman yang suka saya baca berulang-ulang. Alasannya simpel, bacanya cukup butuh tiga puluh menit, ilustrasinya juara, tipografi dalam bukunya keren habis, dan ceritanya absurd tapi sangat menghibur!

Ceritanya tentang seorang ayah yang pergi membeli susu untuk sarapan anaknya. Nah si ayah ini lama banget baliknya. Ternyata saat sedang membeli susu, si ayah ini dihisap UFO, terus melakukan perjalanan ke masa lalu, menyelamatkan diri dari bajak laut dan suku pedalaman, serta terlibat petualangan menyelamatkan dunia. Namun, untunglah di setiap kejadian si ayah berhasil memastikan susu yang dibelinya tetap utuh.

Fortunately, I was still keeping tight hold of the milk in my right hand. (h. 41)

Iya ceritanya gitu doang. ๐Ÿ˜‚ Intinya tentang susu yang dibeli berhasil tetap utuh dalam semua petualangan si ayah gitu. Yah, daripada petualangan si ayah, lebih tepatnya petulangan si kotak susu. Di setiap kejadian yang dialami si ayah, Neil Gaiman ini selalu menuliskan tentang keadaan si kotak susu. Bahkan di penghujung akhir pun, kotak susu ini yang berperan sangat penting dalam masa depan dunia haha.Read More »

The Dragon Next Door; Serunya Punya Tetangga Naga

Judul: The Dragon Next Door
Penulis: Cho (Jeong Sol)
Penerbit: Penerbit Haru
Tebal: 328 halaman

Choi Woo Hyuk akhirnya tinggal seorang diri, meski dalam apartemen sempit. Di tempat baru itu, Woo Hyuk hendak menyapa tetangga sebelah dan membagikan kue, sebagai seorang penghuni baru apartemen. Namun, ketika dia membuka pintu, dia menemukan seekor naga sedang bermain game.

Bagaimanakah kelanjutan hidup Woo Hyuk dan si tetangga naga ini?Read More »

#Ya Tuhan, lapar, gosong, doa.

Judul: #Ya Tuhan, lapar, gosong, doa.
Penulis: Adityayoga & Zinnia?
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 76 halaman

Buku ini adalah kelanjutan dari seri #Ya Tuhan, monas, macet,ย doa. yang telah saya ulas sebelumnya. Nah, pada buku kedua ini, isu yang diangkat adalah seputar perut. Terlihat jelas dari kata ‘lapar’ yang tercantum dalam judul.

Nah, doa-doa yang terdapat di buku ini, banyak yang membuat saya geli. Pasalnya, doa tersebut memang membuat pembacanya tertawa. Saya cukup yakin banyak pembaca yang bisa mengkorelasikan dirinya dengan doa ini.

Ya Tuhan,

Apa bedanya infused water dan
air kobokan di warung pecel ayam…. (15)

Read More »

#Ya Tuhan, monas, macet, doa

Judul: #Ya Tuhan, monas, macet, doa.
Penulis: Adityayoga & Zinnia?
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 76 halaman

Buku ini merupakan buku pertama seriย #Ya Tuhan karangan penulis. Sejujurnya, genre buku ini itu membuat bingung. Habis isinya punya format ala puisi dan sajak, tapi begitu kamu baca buku ini memang cocok dengan satu kata yang dibaca dalam judul ‘doa’. Iya, buku ini seperti beneran buku doa.

Dalam bukuย #Ya Tuhan, macet, monas, doa. pembaca akan menemukan doa-doa yang dekat sekali dengan kemacetan dan metropolitan Jakarta. Beberapa doa disampaikan tidak seperti doa, lebih mirip seperti keluhan ketika kita mengadu kepada Tuhan. Seperti misalnya doa satu ini.

Ya Tuhan,

Ini trotoar apa
jalan tol buat motor sih…? (19)

Read More »

Sky; Rumitnya Perasaan Remaja

Judul: Sky
Penulis: Aiu Ahra
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 280 halaman

Lyn dan Kay telah bersahabat sejak kecil. Keduanya sangat akrab dan tidak terpisahkan. Bahkan meski Kay telah menjadi sebatang kara dan keduanya sudah bukan lagi anak-anak, mereka masih bersama.

Sayangnya, sejak Kay kehilangan mamanya, Kay bukan lagi Kay yang diingat Lyn. Kay tumbuh menjadi cowok pesimis yang seolah tidak punya tujuan hidup. Sampai suatu hari ada seorang anak baru bernama Luna datang ke sekolah mereka. Sejak itu, Kay akhirnya mulai berubah. Lyn tentu saja senang melihat Kay mulai membuka diri, tetapi dia merasa sesak setiap melihat Kay bersama Luna. Sebenarnya ada apa dengan dirinya?

“Terkadang, kehadiran orang lain bisa nyadarin kita betapa berharganya orang yang udah lama di sisi kita.” (h. 123)

Di saat Lyn bingung dengan dirinya dan kesepian sejak Luna hadir dalam hidup Kay, Ethan hadir. Meski cowok itu awalnya terlihat sepertiย stalker, setelah mengenal Lyn merasa nyaman mengobrol dengannya. Apa yang akan terjadi di antara kedua sahabat kental ini?Read More »