Golden; Perihal Menemukan Keberanian

Judul: Golden
Penulis: Jessi Kirby
Penerbit: Spring
Tebal: 308 halaman

Setiap kota memiliki kisahnya sendiri. (h. 20)

Golden dimulai dengan kisah tentang kisah pasangan sempurna di SMA summit Lakes, Julianna Farnetti dan Shane Cruz, yang menghilang di malam badai. Lalu, ketika sedang mengerjakan tugas sebagai asisten, tokoh utama novel ini, Parker Frost menemukan jurnal Julianna Farnetti.

Di tangan Parker Frost ada jurnal Farnetti yang ditulis sebelum kejadian itu dan… mungkinkah berisi rahasia di balik kisah pasangan itu?

Titik Perubahan

Pernahkah kamu di hadapkan pada kesempatan? Pada pilihan yang akan mengubah hidupmu, seperti yang dialami Parker dalam Golden?

Parker Frost tidak pernah mengambil risiko. Hidupnya lurus dan direncanakan dengan baik oleh sang ibu. Sahabatnya kerap mendorong Parker melakukan sesuatu yang tidak biasa, yang berkesan. Sayang, Parker tetap menjalani rencana hidup yang disusun sang ibu. Sampai suatu hari Parker mendapati jurnal Julianna Farnetti. Gadis yang lenyap di badai bersalju bersama pacarnya, Shane Cruz. Kematian keduanya penuh misteri dan mengusik rasa penasaran Parker. Di titik inilah, kehidupan Parker berubah.

“Mengambil risiko bisa bermanfaat jauh lebih banyak dari yang kau tahu.” (h.204)

Dalam Golden, karakter utama kita, Parker Frost, mengalami titik perubahan penting dalam hidup. Saya rasa, setiap orang pernah memiliki titik ini. Seperti yang saya bilang sebelumnya, titik perubahan hidup Parker dimulai dari jurnal yang ditemukan. Seperti dalam kehidupan nyata, kita tidak pernah tahu dalam bentuk apa titik perubahan muncul dalam hidup kita.

Belum lagi, titik perubahan ini pasti selalu diikuti oleh banyak kemungkinan dan risiko.

“Lagi pula, maksudku yang sebenarnya adalah sekarang atau tidak sama sekali.” (h. 216)

Keberanian

Golden merupakan bacaan yang mengalir. Misteri yang meliputi Shane Cruz dan Julianna Farnetti membuat pembaca akan penasaran dan sulit melepas Golden. Asyik banget bacanya!

Ceritanya sendiri lebih tentang pendewasaan Parker, si tokoh utama. Bersama Parker, pembaca akan belajar mengambil risiko, membuat pilihan, merenungi hal-hal yang telah dilalui, dan menyadari tentang apa yang benar-benar kita inginkan. Membaca buku ini membuat saya bertanya-tanya perihal masa depan saya sendiri, seperti Parker.

Bahwa sebenarnya bukan membuat pilihan yang membutuhkan keberanian. Tapi menghadapi setelahnya. (h. 293)

Membaca novel tentang remaja SMA ini membuat saya menarik napas sejenak atas segala hal yang beberapa tahun belakangan memenuhi benak saya. Parker Frost mengingatkan saya bahwa tidak ada kata ‘benar’ atau ‘salah’ dalam pilihan selama pilihan itu kita sendiri yang membuat. Parker Frost mengingatkan saya bahwa ada banyak kemungkinan dan peluang dan keajaiban dalam hidup, bagi mereka yang percaya. :’)

Terakhir

Novel ini cocok banget dibaca kamu yang galau soal sekolah, masa depan, takut meraih kesempatan, atau seperti Parker sulit berkonfrontasi dengan orang tua perihal pilihanmu. Mungkin kamu bisa belajar dari pengalaman Parker, seperti saya.

“Katakan, apa yang kalian rencanakan bagi satu-satunya hidup kalian yang liar dan berharga?” –Mary Oliver (h. 45)

Selamat membaca!

Advertisements

tinggalkan catatan....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s