Gramedia Pustaka Utama · Komedi · Resensi

#Ya Tuhan, desain grafis, deadline, doa.


Judul: #Ya Tuhan, desain grafis, deadline, doa.
Penulis: Adityayoga & Zinnia?
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 76 halaman

Sudah bisa ditebak bahwa buku ini adalah kelanjutan dari #Ya Tuhan, kamu, aku, doa. yang sudah saya ulas sebelumnya. Lagi-lagi tergambar dalam judulnya, buku ini bercerita seputar pekerjaan desain dan tentu saja deadline.

Puisi doa pertama yang menarik perhatian saya adalah puisi ini.

Ya Tuhan.

Maafkan saya berhenti berdoa,
karena harus kembali buka
komputer, barusan ada revisi
mendadak dari klien saya.

Amin (7)

Meski sederhana (seperti doa-doa yang lain di buku seri #Ya Tuhan ini), puisi di atas itu menimbulkan banyak sensasi dalam diri saya. Doa tersebut semacam menyentil saya yang terkadang menunda-nunda “berdoa” karena pekerjaan. Rasanya mementingkan dunia itu memang terlalu sering saya kerjakan. *merenung*

Nah, mari lanjut membahas tema yang diangkat dalam puisi doa di buku ini. Meski tema pekerjaan yang diangkat adalah desain grafis, banyak juga doa yang diungkapkan sangat-sangat relateable dengan saya pribadi.

Misalnya puisi ini, yang membahas soal softcopy. Sering dalam kehidupan sehari-hari saya yang mahasiswa pun merasa alangkah mudahnya jika semua ada softcopy yang tersedia. LOL.

Ya Tuhan,

Jangan biarkan saya harus mengetik,
berikanlah kepada saya softcopy-nya.

Amin (17)

Atau misalnya doa di bawah ini, yang jelas sekali akan dipahami oleh para pekerja kreatif, yang mana hasil yang ditunjukkannya bagi sebagian besar orang akan dikomentari “cuma gitu doang”. Padahal untuk mengerjakannya butuh banyak waktu, tenaga, cinta, dan tentu saja perhatian. Sedih rasanya kalo ada yang ngomentari begitu. 😦

Ya Tuhan,

Walaupun saya senang mendesain,
tapi ingatkan teman saya dong,
jangan minta gratisan mulu….

Amin (22)

Satu lagi yang bisa sangat saya paami adalah doa di bawah ini.

Ya Tuhan,

Berikanlah saya kekuatan dalam
berkonsentrasi menyelesaikan
deadline ini, hindarkan kami
dari godaan referensi bagus
yang tak berujung.

Amin (24)

Ini sering banget terjadi. Mencari referensi di internet itu terasa jauuuuuuuh lebih menyenangkan ketimbang menuntaskan pekerjaan. Padahal sudah dikejar-kejar sama deadline. Hahaha.

Beberapa puisi doa yang relevan banget sama pekerjaan desain grafis dan membuat saya tersenyum adalah puisi-puisi di bawah ini. Satu membahas soal warna.

Ya Tuhan,

Terima kasih atas inspirasi warna
yang Kauberkan pada alam ini,
tapi kok susah banget untuk dicontek
ya? Ada kode Pantone-nya nggak?

Amin (31)

Satu lagi soal keunikan yang mengandung ironi. Yah, terkadang saya pun melakukan hal ini tanpa sadar sih tapi ahahahaha.

Ya Tuhan,

Maafkan keinginan klien kami
yang selalu bilang “Saya pengen
yang beda dan unik ya, coba deh
ikutn aja contoh ini nih…”

Amin (52)

Terakhir, ada dua puisi doa yang paling nyangkut ketika saya menyelesaikan buku ini. Rasanya dua puisi doa ini sangat relevan bagi orang-orang yang bekerja dengan komputer dan internet dan yah perangkat-perangkat lunak sejenis.

Ya Tuhan,
……….. mati lampu

Ya Tuhan,
……….. crash

Ya Tuhan,
……….. file corrupt

Ya Tuhan,
.………. ya ampun

Ya Tuhan,
……….. udah dong (23)

Meski demikian, puisi doa di bawah ini yang paling menimbulkan gelak dari diri saya.

Ya Tuhan,
(command+s)

Semoga di lain waktu (command+s)
Kau selalu ingatkan saya (command+s)
Untuk selalu men-save
kerjaan (command+s)

Sebelum terlambat hilang karena
mati lampu (command+s)

Amin (command+s) (64)

Cocok banget dibaca dikala jenuh dengan pekerjaan dan ingin merasakan ironi sekaligus kegetiran hidup sebagai manusia era milenia yang bekerja ketergantungan dengan mesin komputer.

Selamat membaca!

Advertisements

tinggalkan catatan....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s