Starry Night, Memperjuangkan Cinta (+GIVEAWAY)

Judul: Starry Night
Penulis: Larasaty Laras
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tebal: 312 halaman

Dru, vokasi band Sunda Kelapa, pemilik label musik indie, dan kafe Kota Koti. Tampan, mapan, dan sejak kecil bebas mengejar mimpinya. Janina, seorang penyiar radio Sky High yang memiliki masa lalu gelap. Cantik, tapi sejak kecil selalu diatur-atur oleh Bapaknya. Keduanya bertemu lewat tidak sengaja di sebuah tempat makan.

Pertemuan mereka ternyata berlanjut karena keduanya bersinggungan dengan musik. Pertemuan demi pertemuan pun terjadi dan muncullah perasaan untuk satu sama lain di hati mereka. Sayangnya, ada banyak rintangan yang menghadang hubungan mereka. Mulai dari masa lalu Janina hingga orang tua Janina yang sangat keras.

“Saya nggak pernah berani bermimpi. Hidup saya sudah diatur Bapak. Mulai bagaimana saya tumbuh, hingga di mana saya harus bersekolah dan dengan siapa saya menikah.” (h. 69)

Akankan Dru bertahan begitu mengetahui masa lalu Janina?

Memperjuangkan Cinta

Haha, kedengarannya cheesy abis ya, tapi novel ini memang begitu. Starry Night punya latar belakang karakter yang jarang saya temui di novel-novel roman. Janina, si karakter utama perempuan terpaksa menikah muda karena dijodohkan sang Bapak. Menikah adalah syarat yang harus Janina penuhi jika tidak ingin kuliah di jurusan yang diinginkan Bapaknya.

Janina pun menikah dengan Panji, salah seorang anak teman Bapaknya. Meskipun dijodohkan, pada akhirnya Janina merasa nyaman dengan Panji. Panji menjadi sosok yang membelanya dari sang Bapak, yang keras dan selalu mengatur hidup Janina. Sayang, kebersamannya dengan Panji hanya bertahan tiga tahun.

Setelah itu, resmi status Janina sebagai janda. Status ini menjadi beban bagi Janina. Dia khawatir bagaimana kelanjutan hubungannya jika akhirnya dekat lagi dengan seorang laki-laki. Apakah mereka akan menerima kondisi Janina?

Ketika hubungannya dengan Dru semakin dekat, Janina mengungkapkan semuanya.

“Bukan! Supaya tidak ada yang ditutup-tutupi. Saya mau kita memulai ini dengan keterbukaan, (h. 187)

Dan Dru tetap bertahan. Lelaki itu menerima Janina seutuhnya. Bagi saya pribadi, kedekatan Dru dan Janina terjalin dengan sangat rapi. Larasaty Laras berhasil menuliskan kedekatan mereka dengan begitu bertahap hingga akhirnya chemistry keduanya terjalin. Menyenangkan sekali melihat keduanya semakin dekat. Meski sejujurnya adegan di halaman 112 itu bikin kaget, habis saya pikir Dru nggak bakal melakukannya sebelum Janina berkata menerima Dru.

Kemudian, meski keduanya semakin erat, rintangan lain harus mereka hadapi: Bapak Janina. Belum lagi kemudian Dru harus menentukan pilihan besar dalam hidupnya.

“Tapi inget, menikahi anak gadis orang, berarti kamu memindahkan tanggung jawab orang tuanya ke kamu.” (h. 239)

Page Turner

Lalu, novel ini tergolong page turner. Alurnya cepat tapi tidak terburu-buru. Meski di beberapa adegan ada yang langsung loncat ke adegan berikutnya tanpa permulaan, pada akhirnya cerita terjalin rapi.

Selain itu, karakternya lovable dan menarik simpati. Dru yang terkesan sempurna, tapi memiliki kekurangan dan Janina dengan masa lalunya yang cukup rumit. Kedua karakter utama ini berhasil membuat Starry Night jadi novel yang menyenangkan untuk dibaca.

Lengkap dengan karakter-karakter sampingan yang juga asik dan memeriahkan novel. Secara keseluruhan, untuk  alur dan karakter, Starry Night merupakan novel yang memuaskan.

Sayangnya, latar penyiaran radio Janina kurang banyak. Saya pikir judul novel ini sama seperti sesi siaran Janina berarti bakal banyak adegan seputar penyiaran itu, tapi ternyata tidak. Saat merancang acara 100 hari mengudara Starry Night, saya pikir pun bakal banyak diceriatin, tapi ternyata nggak. Bahkan pas acara Sunda Kelapa tampil itu juga sama sekali tidak diceritakan bagaimana acaranya. Tahu-tahu sudah selesai.

Saya kecewa saja pada fakta soal penyiaran radio dan musik yang tidak dituliskan dengan banyak. Padahal Janina penyiar dan Dru juga pemilik label musik, kan? Seandainya lebih diperbanyak, saya cukup yakin novel ini bakal lebih kaya.

Penutup

Secara keseluruhan, Starry Night merupakan novel romance dengan karakter-karakter yang apik dan alur yang padu. Lengkap dengan latar belakang tokoh yang tidak biasa dan cerita yang rumit tapi disajikan dengan asyik. Novel ini cocok banget bagi kamu penikmat novel romance. 😉

Selamat membaca!


GIVEAWAY

Nah, sekarang kesempatmu untuk mendapatkan satu eksemplar Starry Night gratis. Berhubung saya pun lagi mengadakan giveaway hop #BBIHUT6, yang lebih didominasi twitter, buat giveaway ini bakal berlangsung di instagram. 😉

Syarat lengkapnya bisa dibaca di bawah ini:

  1. Memiliki alamat kirim Indonesia.
  2. Berusia minimal 15 tahun atau memiliki izin orang tua untuk mendapatkan paket.
  3. Mengikuti instagram @missfioree, @larasatylaras, dan @elexmedia
  4. Kamu juga boleh mengikuti blog ini, kalau sekiranya kamu merasa isi Melukis Bianglala bermanfaat buatmu. Pun nggak juga nggak masalah kok. 😀
  5. Repost foto instagram ini dengan tagar #StarryNightGA dan #GAMelukisBianglala. Boleh mention @missfioree, @larasatylaras, dan @elexmedia tapi JANGAN di-tag ya fotonya. [UPDATE] Saya memutuskan untuk tidak memberikan pertanyaan, biar makin mudah berhubung waktunya singkat. 🙂
  6. Meninggalkan komentar di postingan ini berisi nama, akun instagram, tautan berbagi instagram, dan domisili.

    Nama: Wardah
    Instagram @missfioree
    Link: http: / / linkberbagi
    Domisili: Jogja

  7. Giveaway ini berlangsung dari 18-20 April. Pengumuman maksimal satu minggu setelah giveaway ditutup. Oh, tapi berhubung saya sangat-sangat telat menerbitkan tulisan ini (karena saya lupa menjadwalkan dan tadi pagi harus ujian hiks), entri paling lambat saya terima pukul 12.00 siang tanggal 21 April.
  8. Berdoa!

[UPDATE]
Selamat buat Dini Auliana Putri (@dini_ap28)

Semoga beruntung dan saya tunggu partisipasinya. 😉

Advertisements

25 thoughts on “Starry Night, Memperjuangkan Cinta (+GIVEAWAY)

tinggalkan catatan....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s