Grasindo · Resensi · Romance

Flat Shoes Oppa: Tentang Cinta yang Penuh Kerelaan

Judul: Flat Shoes Oppa
Penulis: Citra Novy
Penerbit: Grasindo
Tebal: 218 halaman

Flat Shoes Oppa bercerita tentang Hyeon Mi yang baru putus dengan pacarnya lalu bertemu seorang lelaki. Lelaki itu memberikan flat shoes pada Hyeon Mi yang sebelah high hell-nya hilang buat dilempar ke mantan pacarnya. Ternyata lelaki itu bukan pegawai toko sepatu melainkan atasan di tempat barunya bekerja bernama Kyuhyun.

Lama kelamaan keduanya semakin dekat. Kyuhyun bahkan berkata akan selalu menjadi flat shoes buat Hyeon Mi. Flat shoes yang selalu melindungi dan rela diinjak. Hyeon Mi lama-lama jatuh hati pada lelaki itu, tapi Kyuhyun selalu meminta Hyeon Mi mencari lelaki lain, lelaki yang lebih baik darinya.

Apakah kisah cinta keduanya bisa berakhir baik?

Ibarat Flat Shoes

Jadi, novel ini bercerita tentang hubungan Hyeon Mi dan Kyuhyun. Nah, meski pertemuan pertawa mereka rada konyol (di mana Hyeon Mi menyangka Kyuhyun pegawai toko sepatu yang berusaha menggodanya) pada akhirnya keduanya menjadi semakin dekat. Ketika keduanya semakin dekat ini, timbulah benih-benih perasaan di antara mereka.

Bagi saya pribadi, kedekatan keduanya itu udah miriplah kayak bentar lagi saling menyatakan perasaan dan akhirnya bersama dan bahagia sampai akhir. Sayangnya, ternyata cerita tidak berakhir seperti itu. Sampai pertengahan novel, keduanya masih tidak bersama bahkan Kyuhyun selalu meminta Hyeon Mi mencari lelaki lain. Hingga Hyeon Mi pun bertemu dengan Jae Joon.

Kyuhyun ini mencintai Hyeon Mi, tapi entah kenapa, dia tidak ingin bersama dengan Hyeon Mi. Dia rela menjadi sandaran bagi Hyeon Mi saja. Menjadi seseorang yang selalu menemani Hyeon Mi dan memberi kenyamanan. Ibarat flat shoes yang rela diinjak tapi senantiasa melindungi tanpa membuat kaki sakit.

“Aku selalu berharap bisa menjadi flat shoes untuk melindungi langkahmu, menyertai langkahmu, mengetahui ketika kakimu berjinjit senang, bahkan ketika kakimu terjatuh dan sakit.”

Soal Karakter dan Gaya Bercerita

Nah, sejujurnya, karakter dalam novel ini sulit saya pahami.

Tidak ada alasan kenapa Kyuhyun mulai suka Hyeon Mi. Tidak ada alasan jelas juga kenapa Hyeon Mi bersikap egois, dingin, dan gimana ya, seeenaknya gitu ke Kyuhyun. Lebih lagi, tidak ada alasan kenapa keduanya saling tidak berusaha bersama meski punya perasaan yang serupa. Saya sampai bingung karena konflik yang ada dalam Flat Shoes Oppa ini muter-muter di seputar itu-itu aja tapi hubungan keduanya tidak berkembang.

Bukan hanya kedua tokoh utama, karakter pendukungnya pun sulit saya pahami, Mantan pacar Hyeon Mi muncul mendadak tanpa alasan jelas untuk berbaikan dengan Hyeon Mi (kenapa pula dia harus berbaikan? Dia kan udah bahagia dan mau menikah? Bingung). Jae Joon yang  yang mendadak muncul dalam hubungan Hyeon Mi dan Kyuhyun dan berakhir bersama Hyeon Mi juga membingungkan. Ujug-ujug dia bilang tertarik sama Hyeon Mi dan mengiyakan ajakan Hyeon Mi menjadi kekasih. Belum lagi di akhir cerita itu … saya nggak paham posisi Jae Joon sama sekali. 😐

Setelah saya membaca sampai akhir, saya baru tahu bahwa penulis berusaha merahasiakan hal-hal penting dalam ceritanya. Sayangnya perahasiaan itu ditulis dengan kaku dan disembunyikan dengan asal. Sehingga ceritanya tidak berhasil mengalir dengan baik. Dan semuanya baru terungkap di akhir. Hal ini menyebabkan banyak tingkah karakternya yang ga logis dan bikin pembaca tidak bisa menyukai karakter-karakternya.

Oke, membaca akhir cerita saya baru paham kenapa Kyuhyun bersikap tidak rasional begitu. Saya juga jadi paham kenapa Hyeon Mi berakhir egois. Meski saya masih nggak memahami karakter pendukung yang lain.

Terakhir

Flat Shoes Oppa punya premis yang menarik, membahas cinta yang diibaratkan sebagai flat shoes gitu. Sayangnya eksekusinya sangat mentah. Sangat mengingatkan saya pada K-Drama (atau bahkan sinetron) yang episodenya kejar tayang tergantung rating dan nggak mempedulikan apakah ceritanya mengalir dengan baik atau tidak.

Yah, novel ini sepertinya sih cocok buat kamu yang nggak keberatan tipe penceritaan seperti ini.

Selamat membaca!

Advertisements

One thought on “Flat Shoes Oppa: Tentang Cinta yang Penuh Kerelaan

tinggalkan catatan....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s