Family · Remaja · Resensi

Magnetto; Jatuh-Bangun Kehidupan Seorang Magne

Judul: Magnetto
Penulis: Ninna Lestari
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 256 halaman

Blurb

agne cuma tahu satu hal: dia benci orangtuanya. Keadaan tersebut membuat cewek itu berubah. Dia mulai melampiaskan amarahnya dengan berbuat onar di sekolah bersama teman-teman sekelasnya. Mereka menjalani kehidupan sebagai murid jurusan Jasa Boga dengan berbagai kenakalan yang menyenangkan. Seenggaknya hal itu mampu membuat Magne mengalihkan pikiran walau hanya sesaat.

Di tengah situasi tersebut, Magne mendapat masalah besar. Sialnya, masalah tersebut datang bertepatan dengan liburan tengah semester. Teman-temannya mendadak sibuk dan memiliki agenda lain. Bahkan, Netto—pacarnya—mulai berubah. Hal itu tentu saja membuat Magne merasa semua orang perlahan pergi meninggalkannya.

Lantas, mampukah Magne menyelesaikan masalahnya sendiri?

Review

Dari judul, saya mengira novel ini akan banyak bercerita tentang hubungan Magne dan sang pacar, Netto. Secara kan judulnya Magnetto. Selain itu, saya pikir keduanya entah melakukan sesuatu yang gila, membuat keonaran besar, atau gimana gitulah, ya. Habis judulnya mirip nama villain terkenal dari franchise terkenal X-Men itu, Magneto. Namun, nyatanya tidak. Continue reading “Magnetto; Jatuh-Bangun Kehidupan Seorang Magne”

Advertisements
Gramedia Pustaka Utama · Remaja · Resensi

Trisula Mentari: Teenlit Rasa Lockwood & Co.

Judul: Trisula Mentari
Penulis: Shandy Tan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 256 halaman

Trisula Mentari punya kelebihan, dia bisa mendengarkan suara-suara tak kasat mata. Bukan hanya itu, keberadaan dirinya pun bisa membuat roh-roh itu menjadi semakin kuat. Berkat kelebihannya ini, Trisula dijauhi teman-temannya, hanya Mikaela yang senantiasa hadir di sisi Trisula.

“Karunia seperti yang kumiliki termasuk kategori aneh, kalau nggak bisa dibilang menakutkan.” (h. 121)

Suatu hari, seorang murid pindahan datang dan memilih duduk dekat Trisula. Murid pindahan bernama Alfa itu bahkan menolak Kristal, sang maharatu, dan lebih memilih duduk bersama Trisula. Saat itu, Trisula berpikir bahwa siapa tahu Alfa berbeda dengan orang-orang lain dalam hidupnya sampai Trisula datang ke rumah Alfa dan mendapati rumah itu dihuni roh jahat.

Apa yang harus Trisula lakukan? Continue reading “Trisula Mentari: Teenlit Rasa Lockwood & Co.”

Gramedia Pustaka Utama · Remaja · Resensi

Sky; Rumitnya Perasaan Remaja

Judul: Sky
Penulis: Aiu Ahra
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 280 halaman

Lyn dan Kay telah bersahabat sejak kecil. Keduanya sangat akrab dan tidak terpisahkan. Bahkan meski Kay telah menjadi sebatang kara dan keduanya sudah bukan lagi anak-anak, mereka masih bersama.

Sayangnya, sejak Kay kehilangan mamanya, Kay bukan lagi Kay yang diingat Lyn. Kay tumbuh menjadi cowok pesimis yang seolah tidak punya tujuan hidup. Sampai suatu hari ada seorang anak baru bernama Luna datang ke sekolah mereka. Sejak itu, Kay akhirnya mulai berubah. Lyn tentu saja senang melihat Kay mulai membuka diri, tetapi dia merasa sesak setiap melihat Kay bersama Luna. Sebenarnya ada apa dengan dirinya?

“Terkadang, kehadiran orang lain bisa nyadarin kita betapa berharganya orang yang udah lama di sisi kita.” (h. 123)

Di saat Lyn bingung dengan dirinya dan kesepian sejak Luna hadir dalam hidup Kay, Ethan hadir. Meski cowok itu awalnya terlihat seperti stalker, setelah mengenal Lyn merasa nyaman mengobrol dengannya. Apa yang akan terjadi di antara kedua sahabat kental ini? Continue reading “Sky; Rumitnya Perasaan Remaja”

Gramedia Pustaka Utama · Realistic Fiction · Remaja · Resensi

Teka-Teki Terakhir – Annisa Ihsani

Teka-Teki Terakhir - Annisa IhsaniJudul: Teka-Teki Terakhir
Penulis: Annisa Ihsani
Penyunting: Ayu Yudha
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 256 halaman


Teka-Teki Terakhir bisa kamu dapatkan di Bukupedia


Rumah tua besar di pinggir sungai Littlewood ditinggali pasangan suami-istri Maxwell, yang kabarnya seorang penyihir—atau ilmuan gila atau pelarian. Laura kecil selalu takut melewati rumah itu. Namun, ketika mulai SMP, Laura tidak lagi menaruh minat pada rumah tua Maxwell. Bagi Laura, ada lebih banyak hal untuk dicemaskan, misalnya nilai nol di kuis matematika.

Selama bertahun-tahun aku dan Jack mengamati rumah itu, Tuan Maxwell tidak pernah menampakkan diri. Sekarang dia keluar dari cangkang misteriusnya hanya untuk melambai-lambaikan kertas kuisku dan memberikan buku tentang nol. (h. 23)

Akan tetapi, nilai nol tersebut justru membawa Laura mengenal pasangan Maxwell, yang ternyata lebih biasa dan normal dari gosip tentang mereka. Perkenalan itu bukan hanya membuat Laura tertarik dengan matematika—dan memperbaiki nilai-nilainya—tetapi juga membuat Laura memiliki teman-teman baru serta mengenal Teorema Terakhir Fermat.

Matematika dan Anak 12 Tahun

Membaca Teka-Teki Terakhir ini sangat menyenangkan. Salah satu alasannya adalah karena penulis menceritakan dari sudut pandang Laura yang berusia 12 tahun. Meski di beberapa tempat Laura terkesan dewasa untuk usianya, tetapi saya mendapati banyak bagian yang sangat relevan dengan gadis 12 tahun. Masalah yang dihadapi Laura dalam novel ini pun sederhana, tentang persahabatan, sekolah, dan sedikit cinta.

Continue reading “Teka-Teki Terakhir – Annisa Ihsani”

Family · PING!!! · Remaja · Resensi

Ogomadara Kanojo – Zephyr

Ogomadara Kanojo - Zephyr
Judul: Ogomadara Kanojo
Penulis: Zephyr
Penyunting: Avifah Ve
Penerbit: PING!!!
Tebal: 200 halaman


Bisa kamu dapatkan di Bukupedia


Keluarga Nakajima sudah lama pindah dari Pulau Taketomi ke Chiba. Keluarga kecil yang beranggotakan tiga kakak-adik itu hidup bergantung dari gaji pas-pasan Hayato, sang kakak sulung. Itulah sebabnya, Chouko, sebagai satu-satunya perempuan dalam keluarga Nakajima yang bertugas mengurus keuangan keluarga, tidak pernah peduli pada penampilannya atau kehidupan sosialnya. Bagi Chouko, Hayato dan Masaru–sang adik bungsu yang baru masuk TK–adalah hal yang lebih penting.

“Lihat, ternyata kita smeua saling memikirkan kebahagiaan satu sama lain. Bukankah kita bertiga kakak-beradik paling sempurna di dunia?” (h. 38)

Chouko pikir kehidupan SMA-nya di Keiai Gakuen akan berlangsung biasa-biasa saja seperti masa SMP. Sayangnya, Yoshida Shiki, seorang teman sekelasnya yang senang memotret, bersikap sok dekat dengan Chouko begitu tahu gadis itu berasal dari Pulau Taketomi.

Meskipun pada awalnya Shiki diabaikan oleh Chouko, Shiki tetap ingin berteman dengan Chouko. Kegigihan Shiki akhirnya berbuah. Chouko mulai menganggapnya sebagai seorang teman. Sayangnya, satu demi satu kemalangan menimpa keluarga Nakajima. Perlahan juga masa lalu keluarga Nakajima terungkap, tentang kepindahan, Pulau Taketomi, dan Ogomadara.

Continue reading “Ogomadara Kanojo – Zephyr”

Gramedia Pustaka Utama · Remaja · Resensi · Young Adult

Starlight – Dya Ragil

Starlight - Dya RagilJudul: Starlight
Penulis: Dya Ragil
Penyunting: Tri Saputra Sakti
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 264 halaman


Starlight tersedia di Bukupedia


Blurb
“Bakal kusedot semua cahaya dari bintang-bintang yang kelewat dekat. Hati-hati, bisa aja kamu salah satunya.”

Gimana rasanya satu kelompok belajar sama murid-murid berbeda kepribadian? Harusnya sih seru, tapi Wulan merasa kebalikannya. Dia bete mesti sekelompok sama Lintang—saudara kembarnya—yang lebih disayang sang ayah, Bagas si jenius bermulut besar, Nindi yang galak dan dingin, juga Teguh si biang onar. Hubungan kelimanya makin kacau waktu sekolah mengadakan seleksi perwakilan olimpiade sains.

Di tengah persiapan olimpiade, Wulan harus menghadapi sang ayah yang selalu meragukan dirinya, mantan pacar yang kerap menindas saudaranya, juga mantan gebetan yang terus mengganggu konsentrasinya.

Akankan kehidupan SMA Wulan berjalan mulus? Atau dia gagal membuktikan kemampuannya?

Karakter-karakter yang Bikin Pengin Meluk

Begitulah blurb pada bagian belakang novel Starlight karya Dya Ragil ini. Namun, begitu saya mulai membaca, Starlight lebih dari itu. Starlight bukan hanya bercerita tentang Wulan yang lelah diragukan sang ayah. Continue reading “Starlight – Dya Ragil”

Komedi · PING!!! · Remaja · Resensi

Fesyenisheeza – Nita Lana Faera

Fesyenisheeza

Judul: Fesyenisheeza
Penerbit: PING!!!
Tebal: 188 halaman
Format: paperback

Setelah melihat rancangan kebaya di majalah mama, Sheeza memutuskan untuk kembali menekuni hobi menggambar bajunya ketika kecil. Sheeza bertekad menjadi desainer suatu hari nanti. Dia membeli buku-buku mode, panduan mendesain, dan melihat karya-karya desainer lainnya. Meski sekarang gambarnya belum dikenal banyak orang atau menghasilkan uang, Sheeza tetap semangat menggambar.

“Ya, kalo buat gue sih, apa yang gue jalanin sekarang ini kan passion gue, ya walau emang gue berharap banget suatu hari nanti passion gue ini bisa menghasilkan duit. Jadi nggak perlu nyesel juga kan kalo apa yang gue harapkan nggak jadi kenyataan.” (h. 27)

Continue reading “Fesyenisheeza – Nita Lana Faera”