[#BBIHUT6] Giveaway Hop

Yey! Sampailah di hari terakhir Marathon #BBIHUT6. Yey!

Di hari terakhir ini, seperti yang sudah ditunggu-tunggu, bakal ada giveaway hop. Yup, saya dan Melukis Bianglala pun akan mengadakan giveaway hop. Hadiahnya untuk dua orang lho, asik kan? πŸ˜€

Di kesempatan kali ini, saya bakal memberikan kamu kebebasan untuk memilih hadiah yang kamu inginkan. Saya punya tiga jenis hadiah, dan masing-masing pemenang berkesempatan memilih dua jenis.Β Sebenarnya, saya lagi bokek banget. Namun, saya nggak mau ketinggalan momen bahagia itu. Itu sebabnya, hadiah yang saya berikan bisa dibilang bukanlah sesuatu yang “wah”, tapi semoga kamu mau ikut serta meski hadiahnya nggak seberapa. :” Continue reading

[#BBIHUT6] Cari Tahu Tentang Buku Bekas

Halooo! Siapa di sini yang suka beli buku bekas? πŸ˜€

Nah, sebetulnya buat hari ini saya mau cerita soal #BookCrossingID yang lagiΒ happening di jagat instagram, tapi sayangnya idenya datang terlambat dan wawancara dengan narasumber saya belum selesai, hiks. Oleh sebab itu, buat hari ini saya mau bercerita tentang buku bekas.

Apa itu “buku bekas”?

Buku bekas adalah buku bekas *ditendang* Buku bekas itu dilabelkan pada buku yang sudah tidak bersegel dan sudah dibaca (minimal sekali). Intinya sudah tidak cling-cling mengkilap lagi seperti yang dipajang di toko buku. Continue reading

[#BBIHUT6] Enam Tahun Sudah BBI Ada

Enam tahun sudah. Bisa dibilang tahun depan Bebi bakal mulai pakai seragam putih merah dan tiap pagi berangkat sekolah penuh semangat. Tapi Bebi bukan manusia, jadi tentu saja itu hanya angan.

Dari nomor member yang saya dapat, saya bergabung dalam keluarga BBI di Februari 2015. Nggak terasa ternyata sudah cukup lama berlalu. Sejujurnya, sampai detik ini saya nggak merasa jadi blogger buku yang makin kece sih dan saya tahu kenapa. Yah gimana mau makin kece kalau nggak diseriusin ya *menggelundung*

Namun, selama sekitar 2 tahun lebih ini … BBI jelas menjadi sesuatu yang sangatsangatsangat berarti dalam hidup saya. Continue reading

[#BBIHUT6] Agar Buku Bisa Ditimbun Ratusan Tahun

Siapa di sini yang suka menimbun buku? Iya, yang setiap beli buku nggak langsung dibaca tapi justru disimpan (entah dalam rak buku, di dalam kotak, di bawah tempat tidur, atau digeletakkin masih dalam bungkus plastiknya).

Yah, berkarir(?) sebagai blogger bukuΒ meski seringnya males dan ujung-ujungnya gitu doang dan bergabung dalam keluarga BBI membuat saya tertular banyak sekali virus-virus. Virus rekomendasi buku, virus membeli buku diskonan, virus mengadopsi buku-buku bekas, bahkan virus mengoleksi buku “1000 buku yang harus kamu baca sebelum mati”. Nah, saya rasa, menjadi penimbun buku adalah sebuah keniscayaan bagi pembaca buku Β yang berinteraksi dengan pembaca buku lainnya. Sepakat? πŸ˜€

Baiklah, sebagai penimbun (entah satu-dua buku saja atau mencapai ratusan), saya rasa kita semua akan menghadapi fakta buku-buku yang bisa rusak. Apalagi jika menyimpannya sembarangan. Oleh sebab itu, saya mencoba menuliskan beberapa kiat yang bisa kamu terapkan agar timbunanmu, yah katakan saja, bisa bertahanΒ lama ratusan tahun. Continue reading

January Party: Tebak Giver


Jadi, ceritanya sekitar akhir 2016 lalu, Nina woro-woro di grup Joglo buat Januarian. Nah, berhubung tahun 2016 nggak adaΒ eventΒ Secret Santa BBI, akhirnya saya menyelunduplah dalam agenda tukar kado Januarian ini, disebutnya sih January Party tapi nggak ada nama khusus pas nanya.

Nah, samaΒ giver yang baik hati, saya dikasih buku ke-3 Laini Taylor, Dreams of Gods and Monsters. Makasih,Β giver. Senangnya berhasil melengkapi seri ini. πŸ˜„

instafit_1484888802

Sekalian sama buku ini, saya dikasih mug juga. Sayang, gagang mugnya patah, hiks. Continue reading

[Spring2You] Dua Tahun Bersama Spring

review-days

Sampai juga di hari ke-3 Review Days of Spring di Melukis Bianglala. Yay!

Saya merasa sangat-sangat-sangat senang menjadi salah satu blogger yang dipilih untuk memeriahkan ulang tahun Spring yang ke-2 ini. Secara, sejak Spring mengeluarkan buku yang pertama, saya itu seperti menemukan belahan hati. *eaaa* Bagaimana tidak jika buku pertama yang diterbitkan Spring itu Fangirl karya Rainbow Rowell!

Oke, mari kita mulai pelan-pelan. Dua tahun lalu, di bulan November, Penerbit Spring lahir di jagad literasi Indonesia. Penerbit ini mendeklarasikan sebagai penerbit buku-buku terjemahan dari barat, melengkapi buku-buku terjemahan timur yang sudah dihasilkan kakanya, Haru.

Continue reading

HUT BBI Ke-5: Giveaway Hop

banner fix

Happy birthday, Bebi! :*

Bebi sekarang udah lima tahun! Udah gede! Udah masuk TK! *unyel-unyel Bebi*

Berhubung saya lupa kemarin soal posting-an tentang ultah Bebi, jatah hari ini sama kemarin saya rapel aja. Hmm, yah, tapi nggak banyak yang mau diomongin juga sih. Habisnya yang lain udah pada banyak ngomongin soal ini. Jadi, ya, saya banyakan aminin aja. Continue reading

HUT BBI Ke-5: Halo, Mbak Prisca

Halo, Mbak Prisca.

Salam kenal. Saya Wardah, satu dari sekian banyak penggemar tulisan Mbak Prisca.

Saya juga seorang anggota BBI. Hari ini dalam rangka HUT BBI ke-5, anggota BBI diminta menuliskan surat untuk penulis favoritnya. Iya, inilah mengapa saya me-mention surat ini ke akun twitter Mbak. Harapan saya sederhana, saya pengen surat ini dibaca Mbak Prisca sampai habis. Continue reading

[Laporan] 5th StilettoBook

foto dari twitter StilettoBook

Akhirnya selesai juga. Sudah lewat seminggu ternyata….

Jadi, tanggal 27 Januari lalu, saya dan Mbak AzmiΒ berkesempatan mengikuti kemeriahan ulang tahun ke-5 StilettoBook. Kami menjadi perwakilan dari BBI *berasa penting, padahal aslinya kami yang nggak ada kegiatan haha*.

Acaranya sendiri berlangsung dari pukul 10.00 hingga 16.00 di Jogja Digital Valley, Sagan. Pertama kali membaca undangannya, saya langsungΒ cengo. Ini serius acaranya 6 jam? Lama bangeeeet. Saya udah berkesimpulan bakal merasa bosan gitu. Dan sudah mikir mau ngabur di tengah acara *jangan dicontoh*. Eh, tapi begitu saya masuk ke ruangannya, saya justru mengikuti acaranya hingga akhir! Saya baru pulang ketika acara sudah dibubarkan.Β Haha. πŸ˜„ Continue reading