#Ya Tuhan, ponsel, .3gp, doa.


Judul: #Ya Tuhan, ponsel, .3gp, doa.
Penulis: Adityayoga & Zinnia?
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 76 halaman

Buku terakhir dari seri #Ya Tuhan ini bisa dibilang adalah buku yang paling saya nikmati. Pasalnya tema yang diangkat itu sangat-sangat kekinian. Belum lagi banyak puisi doa yang relateable dan terasa berbeda dari puisi-puisi doa di buku-buku sebelumnya.

Ada begitu banyak puisi doa yang saya simpan di buku ini, saking banyaknya puisi doa yang entah menyentil, terasa dekat, mengundang tawa, atau sekadar memang menyentuh. Puisi doa pertama yang saya suka itu adalah yang ke-4. Berhubung sulit untuk ditulis ulang, biar saya berikan sesuai dengan kenyataan saja ya. Haha. Continue reading

#Ya Tuhan, desain grafis, deadline, doa.


Judul: #Ya Tuhan, desain grafis, deadline, doa.
Penulis: Adityayoga & Zinnia?
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 76 halaman

Sudah bisa ditebak bahwa buku ini adalah kelanjutan dari #Ya Tuhan, kamu, aku, doa. yang sudah saya ulas sebelumnya. Lagi-lagi tergambar dalam judulnya, buku ini bercerita seputar pekerjaan desain dan tentu saja deadline.

Puisi doa pertama yang menarik perhatian saya adalah puisi ini.

Ya Tuhan.

Maafkan saya berhenti berdoa,
karena harus kembali buka
komputer, barusan ada revisi
mendadak dari klien saya.

Amin (7)

Meski sederhana (seperti doa-doa yang lain di buku seri #Ya Tuhan ini), puisi di atas itu menimbulkan banyak sensasi dalam diri saya. Doa tersebut semacam menyentil saya yang terkadang menunda-nunda “berdoa” karena pekerjaan. Rasanya mementingkan dunia itu memang terlalu sering saya kerjakan. *merenung*

Nah, mari lanjut membahas tema yang diangkat dalam puisi doa di buku ini. Meski tema pekerjaan yang diangkat adalah desain grafis, banyak juga doa yang diungkapkan sangat-sangat relateable dengan saya pribadi. Continue reading

#Ya Tuhan, kamu, aku, doa.


Judul: #Ya Tuhan, kamu, aku, doa.
Penulis: Adityayoga & Zinnia?
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 76 halaman

Buku ini adalah kelanjutan dari #Ya Tuhan, lapar, gosong, doa. yang telah saya ulas sebelumnya. Sesuai judul pada buku ini, tema yang diangkat pada buku puisi doa ini tentang hubungan “kamu dan aku” alias seputar cinta. Continue reading

Tru & Nelle; Persahabatan di Pelosok Alabama

Judul: Tru & Nelle
Penulis: G. Neri
Penerbit: Nourabooks
Tebal: 308 halaman

Tru & Nelle adalah novelisasi kisah persahabatan dua penulis terkenal, Truman Capote dan Harper Lee. Lewat pengakuan penulis, novel ini telah dibumbui banyak hal yang membuat buku ini penuh petualangan, aksi, dan keseruan selayaknya buku cerita anak-anak.

Di Monroeville, Tru dan Nelle bertemu. Keduanya sama-sama penggemar cerita detektif dan punya imajinasi luar biasa. Keduanya pun merasa terasing, Nelle yang kekurangan kasih ibu dan Tru yang ‘dibuang’ kedua orang tuanya. Di Monroeville, dua orang anak memulai petualangan.

Petualangan kedua anak ini dimulai dari rumah pohon, lalu menjelajahi ke gedung pengadilan, hingga menjelma dalam kertas-kertas berisi cerita karangan mereka sendiri.

“Sekarang kalian bisa menulis kisah kalian. Siapa tahu–mungkin itu akan membawa kalian ke tempat selain gedung pengadilan.” (h. 192)

Continue reading

Imaji Terindah; Ketika Chris Hanafiah Jatuh Cinta

Judul: Imaji Terindah
Penulis: Sitta Karina
Penerbit: Literati
Tebal: 290 halaman

Novel ini terdiri dari tiga novela, cerita pertama tentang Kaminari Kei, cerita kedua tentang Chris Hanafiah, dan yang terakhir tentang Nara Hanafiah. Ketiga novela ini tidak memiliki keterkaitan cerita, meski karakter-karakter yang muncul di dalamnya saling berhubungan.

Cerita utamanya sendiri tentang Christoper Hanafiah, terangkum dalam judul yang sama dengan buku ini, Imaji Terindah. Berkisah tentang pertemuan Chris Hanafiah dengan seorang gadis bernama Kianti Srihadi, yang punya nama panggilan Aki. Pertemuan ini membuat hidup Chris berubah, persahabatan Chris dengan Arimbi dan Alde ikut terganggu, dan bahkan hidup Chris dalam keluarga besar Hanafiah ikut terusik. Continue reading

Sometoon: Kisah-Kisah di Sekitar Kita

Judul: Sometoon 1
Pengarang: Mojito Mohican
Penerbit: Haru
Tebal: 258 halaman

Sometoon 1 berisi 21 kisah tentang hubungan romantis. Kisah-kisah ini diambil dari kejadian-kejadian di sekitar pengarang, juga dari kiriaman cerita pembacanya.

Meski di paruh awal kisah di Sometoon itu manis-manis sampai bikin mesem-mesem, di paruh akhir ada kisah-kisah yang membuat sesak. Bittersweet. Tentang gejolak yang harus dilalui dalam sebuah hubungan. Mulai dari LDR, friendzone, hingga hubungan yang terancam kandas.

Lewat kisah-kisah pendek ini, saya yakin pembaca akan merasa keterikatan. Kisah-kisah Sometoon dekat dan ada di sekitar kita. Continue reading

Golden; Perihal Menemukan Keberanian

Judul: Golden
Penulis: Jessi Kirby
Penerbit: Spring
Tebal: 308 halaman

Setiap kota memiliki kisahnya sendiri. (h. 20)

Golden dimulai dengan kisah tentang kisah pasangan sempurna di SMA summit Lakes, Julianna Farnetti dan Shane Cruz, yang menghilang di malam badai. Lalu, ketika sedang mengerjakan tugas sebagai asisten, tokoh utama novel ini, Parker Frost menemukan jurnal Julianna Farnetti.

Di tangan Parker Frost ada jurnal Farnetti yang ditulis sebelum kejadian itu dan… mungkinkah berisi rahasia di balik kisah pasangan itu? Continue reading

Then She Smiles: Cerita-Cerita di Balik Foto


Judul:
Then She Smiles
Penulis: Makna Sinatria
Penerbit: Penerbit Haru
Tebal: 244 halaman

“Hidup nggak mudah buat siapa pun. Dan lo nggak perlu selalu pura-pura terlihat bahagia dan baik-baik aja. Sometimes, it’s okay not to be okay.” (h. 89)

Then She Smiles bercerita tentang Hexa yang baru pindah rumah dan Alena, si tetangga. Keduannya menjadi dekat karena fotografi instan.

Lalu, kedekatan itu lama-lama membuat rahasia-rahasia dalam hidup mereka keluar. Masa lalu Hexa dan kegelapan dalam hidup Alena. Apa jadinya nasib keduanya setelah itu? Continue reading

Fortunately, The Milk; Petualangan Sekotak Susu

Judul: Fortunately, The Milk
Penulis: Neil Gaiman
Penerbit: Bloomsbury
Tebal: 160 halaman

Fortunately, The Milk adalah satu buku Neil Gaiman yang suka saya baca berulang-ulang. Alasannya simpel, bacanya cukup butuh tiga puluh menit, ilustrasinya juara, tipografi dalam bukunya keren habis, dan ceritanya absurd tapi sangat menghibur!

Ceritanya tentang seorang ayah yang pergi membeli susu untuk sarapan anaknya. Nah si ayah ini lama banget baliknya. Ternyata saat sedang membeli susu, si ayah ini dihisap UFO, terus melakukan perjalanan ke masa lalu, menyelamatkan diri dari bajak laut dan suku pedalaman, serta terlibat petualangan menyelamatkan dunia. Namun, untunglah di setiap kejadian si ayah berhasil memastikan susu yang dibelinya tetap utuh.

Fortunately, I was still keeping tight hold of the milk in my right hand. (h. 41)

Iya ceritanya gitu doang. 😂 Intinya tentang susu yang dibeli berhasil tetap utuh dalam semua petualangan si ayah gitu. Yah, daripada petualangan si ayah, lebih tepatnya petulangan si kotak susu. Di setiap kejadian yang dialami si ayah, Neil Gaiman ini selalu menuliskan tentang keadaan si kotak susu. Bahkan di penghujung akhir pun, kotak susu ini yang berperan sangat penting dalam masa depan dunia haha. Continue reading

#Ya Tuhan, lapar, gosong, doa.

Judul: #Ya Tuhan, lapar, gosong, doa.
Penulis: Adityayoga & Zinnia?
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 76 halaman

Buku ini adalah kelanjutan dari seri #Ya Tuhan, monas, macet, doa. yang telah saya ulas sebelumnya. Nah, pada buku kedua ini, isu yang diangkat adalah seputar perut. Terlihat jelas dari kata ‘lapar’ yang tercantum dalam judul.

Nah, doa-doa yang terdapat di buku ini, banyak yang membuat saya geli. Pasalnya, doa tersebut memang membuat pembacanya tertawa. Saya cukup yakin banyak pembaca yang bisa mengkorelasikan dirinya dengan doa ini.

Ya Tuhan,

Apa bedanya infused water dan
air kobokan di warung pecel ayam…. (15)

Continue reading