Starry Night, Memperjuangkan Cinta (+GIVEAWAY)

Judul: Starry Night
Penulis: Larasaty Laras
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tebal: 312 halaman

Dru, vokasi band Sunda Kelapa, pemilik label musikΒ indie,Β dan kafe Kota Koti. Tampan, mapan, dan sejak kecil bebas mengejar mimpinya. Janina, seorang penyiar radio Sky High yang memiliki masa lalu gelap. Cantik, tapi sejak kecil selalu diatur-atur oleh Bapaknya. Keduanya bertemu lewat tidak sengaja di sebuah tempat makan.

Pertemuan mereka ternyata berlanjut karena keduanya bersinggungan dengan musik. Pertemuan demi pertemuan pun terjadi dan muncullah perasaan untuk satu sama lain di hati mereka. Sayangnya, ada banyak rintangan yang menghadang hubungan mereka. Mulai dari masa lalu Janina hingga orang tua Janina yang sangat keras.

“Saya nggak pernah berani bermimpi. Hidup saya sudah diatur Bapak. Mulai bagaimana saya tumbuh, hingga di mana saya harus bersekolah dan dengan siapa saya menikah.” (h. 69)

Akankan Dru bertahan begitu mengetahui masa lalu Janina? Continue reading

Imaji Terindah; Ketika Chris Hanafiah Jatuh Cinta

Judul: Imaji Terindah
Penulis: Sitta Karina
Penerbit: Literati
Tebal: 290 halaman

Novel ini terdiri dari tiga novela, cerita pertama tentang Kaminari Kei, cerita kedua tentang Chris Hanafiah, dan yang terakhir tentang Nara Hanafiah. Ketiga novela ini tidak memiliki keterkaitan cerita, meski karakter-karakter yang muncul di dalamnya saling berhubungan.

Cerita utamanya sendiri tentang Christoper Hanafiah, terangkum dalam judul yang sama dengan buku ini, Imaji Terindah. Berkisah tentang pertemuan Chris Hanafiah dengan seorang gadis bernama Kianti Srihadi, yang punya nama panggilan Aki. Pertemuan ini membuat hidup Chris berubah, persahabatan Chris dengan Arimbi dan Alde ikut terganggu, dan bahkan hidup Chris dalam keluarga besar Hanafiah ikut terusik. Continue reading

Then She Smiles: Cerita-Cerita di Balik Foto


Judul:
Then She Smiles
Penulis: Makna Sinatria
Penerbit: Penerbit Haru
Tebal:Β 244 halaman

“Hidup nggak mudah buat siapa pun. Dan lo nggak perlu selalu pura-pura terlihat bahagia dan baik-baik aja. Sometimes, it’s okay not to be okay.” (h. 89)

Then She Smiles bercerita tentang Hexa yang baru pindah rumah dan Alena, si tetangga. Keduannya menjadi dekat karena fotografi instan.

Lalu, kedekatan itu lama-lama membuat rahasia-rahasia dalam hidup mereka keluar. Masa lalu Hexa dan kegelapan dalam hidup Alena. Apa jadinya nasib keduanya setelah itu? Continue reading

Sky; Rumitnya Perasaan Remaja

Judul: Sky
Penulis: Aiu Ahra
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 280 halaman

Lyn dan Kay telah bersahabat sejak kecil. Keduanya sangat akrab dan tidak terpisahkan. Bahkan meski Kay telah menjadi sebatang kara dan keduanya sudah bukan lagi anak-anak, mereka masih bersama.

Sayangnya, sejak Kay kehilangan mamanya, Kay bukan lagi Kay yang diingat Lyn. Kay tumbuh menjadi cowok pesimis yang seolah tidak punya tujuan hidup. Sampai suatu hari ada seorang anak baru bernama Luna datang ke sekolah mereka. Sejak itu, Kay akhirnya mulai berubah. Lyn tentu saja senang melihat Kay mulai membuka diri, tetapi dia merasa sesak setiap melihat Kay bersama Luna. Sebenarnya ada apa dengan dirinya?

“Terkadang, kehadiran orang lain bisa nyadarin kita betapa berharganya orang yang udah lama di sisi kita.” (h. 123)

Di saat Lyn bingung dengan dirinya dan kesepian sejak Luna hadir dalam hidup Kay, Ethan hadir. Meski cowok itu awalnya terlihat sepertiΒ stalker, setelah mengenal Lyn merasa nyaman mengobrol dengannya. Apa yang akan terjadi di antara kedua sahabat kental ini? Continue reading

Love in City of Angels; Balada Hidup Gadis Penggila Kebebasan

Judul: Love in City of Angels
Penulis: Irene Dyah
Penyunting: Donna Widjajanto
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 216 halaman

Ajeng adalah gambaran wanita masa karir ideal. Cantik, independen, supel, dan tentu saja berprestasi. Akan tetapi, Ajeng juga gambaran wanita yang skeptis pada cinta sejati, belahan jiwa, takdir, apalagi komitmen. Ajeng percaya bahwa kebebasan adalah segalanya baginya.

Yang aku yakini adalah, bahwa setiap wanita di dunia ini berhak memilih kepada siapa dia akan menyerahkan diri seutuhnya, untuk pertama kali. (h. 88)

Sampai suatu hari dia terbangun dalam keadaan telanjang bersama seorang pria asing. Oh, Ajeng memang senang gonta-ganti pacar dan tebar pesona sana-sini, tapi dia memegang prinsip kuat untuk urusan keperawanan. Lantas, terbangun dalam keadaan seperti itu dengan pria asing seperti jelas seperti melemparnya dalam neraka.

Belum lagi, di sudut kota Solo yang jauh dari Bangkok, saat ini sedang rujuk dengan lelaki yang meninggalkannya dan Ajeng bertahun-tahun. Belum lagi, seorang pria tampan mempesona bernama Yazan sedang bergerilya mendekati Ajeng untuk sesuatu yang serius, sesuatu yang tidak Ajeng sama sekali.

Lengkap sudah kedamaian mengusik hidup Ajeng. Continue reading

Storm Cloud Marriage; Tentang Ujian dalam Pernikahan

Judul: Storm Cloud Marriage
Penulis: Elsa Puspita
Penerbit: Grasindo
Tebal: 252 halaman

Atha dan Gino telah menikah lebih dari lima tahun, tapi keduanya masih belum juga dikaruniai anak. Mereka telah melakukan berbagai macam hal, tapi hasilnya masih nihil.

“Kamu pernah mikir nggak kalau alasan kita belum juga dikasih anak sampai sekarang itu karena kita emang belum layak jadi orangtua?” (h. 28)

Lalu, di tahun keenam ini, di tengah kehidupan pernikahan mereka yang masih diberi cobaan tidak memiliki anak, muncul seorang lelaki yang terang-terangan menaruh minat pada Atha. Ditambah dengan fakta Atha mencium parfum wanita di pakaian Gino. Apakah keduanya masih akan bertahan? Continue reading

French Pink, Makna di Balik Warna-Warna

Judul: French Pink
Penulis: Prisca Primasari
Penerbit: Grasindo
Tebal: 80 halaman

“French Pink ceria, tapi tidak berlebihan seperti Shocking Pink. Ceria, solid, lembut. Itulah French Pink.” (h. 33)

Hitomi bukan hanya kehilangan warna dalam hidupnya, dia juga kehilangan kehidupannya sejak ditinggal kekasihnya. Di saat-saat hidup Hitomi terpuruk, seorang pria aneh menghampirinya. Pria itu memintanya mencari barang-barang yang tak kalah aneh, pita berwarna english lavender hinggal syal french pink.

Untuk apa? Hitomi tidak tahu. Yang jelas, pria aneh berpakaian suram itu selalu saja tahu Hitomi ada di mana. Persis penguntit. Continue reading

[Master Post] Indonesian Romance Reading Challenge 2017

Setelah sukses dengan IRRC 2016 (yah meski telat menyetorkan wrap-up hiks), saya ikutan lagi IRRC 2017. Yey! πŸ˜„

Level yang akan saya ambilΒ Engaged, yaitu membaca 41-50 buku. Saya cukup yakin bisa berhasil sih, IRRC 2016 saya baca 37 buku. Nambah 4 lagi buat sampai angka 41 kan? Syukur-syukur bisa naik level jadiΒ Married, ya. Asyik-asyik! Continue reading

Genduk – Sundari Mardjuki


Judul:
Genduk
Penulis: Sundari Mardjuki
Penyunting: Lana Puspitasari
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 232 halaman

Novel ini bercerita tentang seorang anak yang dipanggil Genduk. Dia tinggal berdua bersama Biyung (ibu) di lereng Gunung Sindoro. Sejak kecil Genduk tidak pernah mengenal ayahnya. Biyung-nya tidak pernah membicarakan lelaki itu walaupun Genduk merengek ingin tahu. Hal ini membuat kerinduan terhadap sosok ayah begitu besar dalam diri Genduk seiring waktu.

Di sisi lain, seperti penduduk desa di lereng Sindoro, kehidupan ibu-anak ini disanggah oleh tembakau. Namun, tidak seperti kebanyakan petani lainnya, tanah pertanian ibu-anak ini tidaklah seberapa. Meski dulu biyung Genduk adalah salah satu anak petani tembakau terbesar, sejak menikah dengan ayah Genduk, hidup wanita itu menjadi sulit. Tahun ini pun mereka harus berharap pada hasil tanah yang tidak seberapa. Ditambah dengan semakin sulitnya menjuah tembakau dan utang yang tak kunjung habis, ibu-anak ini harus bertahan di tengah gempuran kehidupan. Continue reading

Rule of Thirds – Suarcani


Judul:
Rule of Thirds
Penulis: Suarcani
Penyunting: Midya N. Santi
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 280 halaman

Ladys meninggalkan karir fotografer dan ayahnya di Seoul untuk mengejar cinta dan komitmen pacarnya, Esa. Sayang, kenyataan di Bali tidak seindah itu.

Dias gagal berhenti jadi asisten fotografer karena keponakan bosnya bergabung di studio. Pemuda itu terpaksa menjadi kacung lagi, kali ini untuk seorang gadis. Ditambah ayahnya semakin tidak peduli, adiknya butuh dilindungi, dan seorang dari masa lalu terus hadir.

Novel ini bercerita pertemuan mereka. kedua orang yang memiliki latar keluarga mirip, sama-sama ditinggalkan sosok ibu. keduanya juga mencintai fotografer, meski awalnya bersiteru. Keduanya pun mengenal namanya dikhianati. Continue reading